215 responses to “Tanya Jawab

  1. Salam kenal, pak!
    saya ingin bertanya mengenai soal matematika kelas XI :
    tentukan nilai p,q dan r agar pasangan fungsi berikut dikatakan sama: f(x)=(px-5)(x-q) dan g(x)=2x^2-13x+20
    mohon bantuannya ya, pak..😀
    terima kasih..

    • salam kenal,pak
      saya ingin bertanya mengenai soal matematika kelas 5;
      ibu membeli 2 kg rambuatan.semuanya sebanyak 60 buah.ternyata yg busuk 15%.berapaaakah buah yg busuk?
      mohon bantuannya ya,pak…
      terima kasih

      • Paman APIQ, saya mengikuti video tentang KPK dan FPB – metode pengurangan modulus. Saya coba dengan bilangan 85 & 75 dan bilangan lain 72 &12 .. kenapa tidak berhasil ya? langkah pengerjaan bil. 85 & 75 FPB=sisa =10 .. kalau dikerjakan secara biasa FPB=5.. demikian jg dgn bil 72 & 12. Sisa=60 krn 60 bisa dibagi dgn bil kecil 12 jadi Sisa=0. kalau dikerjakan secara biasa FPB=12.. Minta pencerahan dari paman APIQ. terima kasih. Claudia

      • Salam,
        Yang Anda lakukan benar, Caludia.

        Paman juga menyediakan video untuk metode pengurangan modulus tingkat lanjut. Kira-kira intinya adalah proses harus diulangi sampai 0.

        85 :- 75 = 10
        75 :- 10 = 5
        10 :- 5 = 0 (Selesai; FPB = 5)

        72 :- 12 = 0 (Selesai; FPB = 12).

        Terima kasih…

    • pak saya mau bertanya jika soal sperti ini
      nilai maksimum a sehingga sistem persamaan
      x + y = 4a
      2x pangkat 2 + y pangkat 2 = 12a
      mempunyai penyelesaian…………………..
      gmna ya pak caranya ? trimaksh pak sblumnya hehehe

    • salam kenal pak !
      saya mau nanya soal kelas IX
      dini membeli sebuah laptop seharga Rp 6.400.000,00. Harga jual latop dipekirakan menurun sebesar 25% setiap tahunnya. jika setelah pemakaian 3 tahun, laptop tersebut dijual. Harga jualnya sebesar ?

  2. Salam kenal, pak!
    saya ingin bertanya mengenai soal matematika kelas XI :
    tentukan nilai p,q dan r agar pasangan fungsi berikut dikatakan sama: f(x)=(px-5)(x-q) dan g(x)=2x^2-13x+20
    mohon bantuannya ya, pak..😀
    terima kasih..

  3. assallamu’alaikum wr wb, mau nanya tolong di jawab ya pak soalnya!
    1. tentukan nilai kebenaran dari pernyataan-pernyataan berikut,berikan penjelasannya!
    a. jika ukuran sisi kubus B sama dengan 3x sisi kubus A,maka volume kubus A:volume kubus B=1:3
    b. perkalian 2 bilangan bulat menghasilkan bilangan bulat
    c. ¬(AvX)maka(BdanY)
    (jika Adan B merupakan pernyataan-pernyataan benar,sementara X dan Y dua-duanya salah)
    2.tentukan negasi (penyangkalan) dari pernyataan berikut
    a.Dicky tidak pernah meninggalkan shalat lima waktu,sekalipun ia cape sesudah seharian mengikuti kuliah.
    b.5 kuadrat bilangan ganjil,karena 5 tergolong bilangan prima.
    c.Ada bilangan genap ang termasuk bilangan prima.
    3. rumuskan invers,konvers,dan kontra positif dari pernyataan berikut,
    jika diskriminasi suatu persamaan kuadrat lebih besar dari nol ,maka persamaan tersebut mempunyai dua akar real yang berbeda.
    4.dengan menggunakan aturan penarikan kesimpulan dan penukaan ,buktikan validasi argumen berikut,
    E maka(Fdan¬G)
    (FvG) maka H
    E /jadi H
    tolong di jawab sekarang ya pak makasih

      • Paman Apiq , saya hendak menanyakan penyelesaian soal berikut ini kedalam bentuk kalimat matematika:

        1. 3x ditambah 4, 5 lebih besar dari x-1
        2. bilangan x, 5 kurangnya dari 1/2x
        3. 2 kali a, sama dengan 5 lebihnya dari b

        3. hasil bagi 5 oleh n adalah 10
        4. jumlah kuadrat a dan 5 adalah 250

        tolong bantu di jawab yah paman APIQ
        terima kasih.

  4. Jarak kota A-B 125 km. Budi berangkat dari kota A pada pukul 07.00 dengan kecepatan 20 km/jam. Agus berangkat dari kota B pada waktu yang sama dengan kecepatan 30 km/jam. Budi dan agus akan berpapasan pada pukul ….

      • Salam pak APIQ saya mau tanya tentang soal matematika
        jarak kota surabaya ke mojokerto 45km ditempuh dengan kecepatan 15km perjam jika berangkat pukul 5.45 dari surabaya.pukul berapakah tiba di kota mojokerto?

      • Pak APIQ saya mau tanya ,berapa jawaban nya ya pak APIQ ??
        Jarak kota surabaya ke mojokerto 45km ditempuh dgn kecepatan 15km perjam.jika berangkat pukul5.45 dari surabaya,pikul berapa tiba di kota mojokerto???
        Tolong di kasih tau jawaban nya ya Pak APIQ
        salam….Pak APIQ

      • Salamm……buat pak APIQ,pak APIQ saya mau tanya
        jarak kota surabaya dan kediri adalah 150 km.ando berangkat dari kota surabaya pukul 8.45 tiba pukul 12.05.berapa kecepatan rata rata setiap jam ???
        Tolong di jawab ya pak APIQ

      • Pak, jika di ketahui panjang dan lebar sebuah persegi panjang itu, p = (x+4) dan l = (x-1) dan luasnya = 14cmpersegi, lalu keliling nya brpa?
        Dan bgmn cara mencari nilai x nya?

  5. Mas Saya Mau Menayakan Soal tentang matematika, dan saya sangat kesulitan sekali bila perkalian disusun kebawah kayak 21 x 32 itu khan hasilnya 672 bagaimana kalau pecahan bilangan nominalnya lain misal 89 x 88 misalnya apa bisa diterapkan metode kayak mas, dan juga saya punya soal misal 3/4 x2 + (9x-2y) = 100 gimana cara menghitungnya mas

  6. Mas Saya Mau Menayakan Soal tentang matematika, dan saya sangat kesulitan sekali tentukan diameter lingkaran yang kelilingnya 1400 cm

  7. panjang jarum melintang sebuah jam dinding 14 cm. berapa lama jarum menitan beputar jika panjang lintasan yang dilalui ujung jarum menitan 220cm.

  8. dik:roda sebuah sepeda memiliki panjang jari jari 17,5cm a.tentukan keliling roda sepeda tersebut. b.jika sepeda itu harus melintasi jalan sejauh 176 cm. berapa kali sepeda roda harus berputar?

  9. Salam pak
    cara menyelesainkan jika luas tanah 160m2. 1/4 jadi jagung, 3/4 jadi rumput sisanya buat gudang. Luas gudang?

  10. Salam pak…
    Besar uang tabungan Amel dan Erika adalah 5 : 8. Jika uang Amel ditambah Rp 231.000. Maka jumlah tabungannya menjadi 2 kali lipat tabungan Erika. Berpakah besar tabungan masing-masing?
    Mohon dibantu pak. Terima banyak….

  11. 15. The root of the equation f(x) is found by using the Newton-Raphson method. The initial estimate of the root is x0=3,f(3)=5 , . The angle the line tangent to the function f(x) makes at x=3 is 57 derajat with respect to the x-axis. The next estimate of the root, x1 most nearly is
    a) –3.2470 b) −0.2470 c) 3.2470 d) 6.2470

  12. Bismillah
    Boleh tanya pak, penyelesaian sola berikut
    Diketahui bilangann a,b dan c sehingga a:b:c= 4:5:6 . Nilai (a+b):(b+C):(C+a) adalah ……
    terima kasih

  13. Keti menyelesaikan pekerjaan dalam 8 hari. Badi menyelesaikan pekerjaan dalam 12 hari:
    a. Jika Keti dan Badi bekerja bersama-sama, berapa bagian yang dapat dikerjakan dalam 1 hari?
    b. Berapa bagian yang dapat mereka kerjakan bersama dalam 3 hari?
    c. Berapa lama pekerjaan itu dapat mereka selesaikan bersama?
    d. Jika Badi bekerja sendiri 3 hari, berapa hari yang diperlukan Keti untuk menyelesaikan sisa pekerjaan seorang diri?

      • paman APIQ, kalau pake jurus bintang sperti video.. beda pertanyaan nya.. karena di video, diceritakan tentang 1 bangunan dikerjakan oleh 24 tukang dalam waktu 72 hari, setelah 30 hari , tukang berhenti kerja selama 6 hari.. nach bagaimana kalau paman APIQ kasih pencerahan buat syifa dan saya juga lwt situs tanya jawab..

        terima kasih Paman APIQ yang selalu membantu kita yang kurang paham tentang matematika

        salam,
        claudia

    • kalo video dari paman APIQ saya sdh paham bener.. tapi soal yang syifa tanyakan saya lagi menunggu pencerahan dari paman APIQ, master of math kita ..

      jadi di tunggu saja pencerahan dari paman APIQ ya

      salam,
      claudia

  14. pak mau bertanya bgmn cara menyelesaikan soal sperti ini: Selvi menabung di bank dengan bunga 25 % per tahun. Jika setelah 3 tahun tabungannya menjadi Rp. 7.500.000,00. Maka tabungan Selvi mula-mula sebesar?

  15. pak toto melintasi jalan sepanjang 1,57 km dengan bersepeda. jika panjang jari-jari sepeda 25 cm, hitunglah jumlah perputaran roda selama melintasi jalan itu!

  16. saya ingin mencari buku yang membahas tentang pembuktian rumus2 cepat yang ada di bimbel2.
    bisa bapak memberi tahu judul dan karangan siapa buku yang harus saya cari?

  17. Pak sya mau tanya soal Geometri.
    Soalnya Diketahui ABCD Trapesium
    AD // BC, PQ // BC
    mCQ / mQD = 2 / 3
    Buktikan : mPQ = (2.mAD + 3.mBC) / 5 ???
    tolong penjelasannya, sudah berapa hari di kerja belum dapat jawabannya.

  18. Pak saya ingin nanya..
    Jumlah umur ibu dan anaknya setahun yang lalu adalah 48 tahun. Tiga tahun kemudian umur ibu adalah 5 tahun lebihnya dari dua kali umur anaknya. Hitunglah umur ibu dan anak sekarang.
    tolong penjelasannya, saya merasa kesulitan ….
    trims

  19. Paman ingin nanya nich..
    tabung berisi air ketinggian 20cm. Tiga bola logam yg sama,masing -masing brjari – jari 8 cm dimasukkan ke dlm tabung sehingga permukaan air naik.Jika jari-jari tabung 32 cm, maka tinggi air pd tabung sekarang/?

  20. permisi, mau tanya

    alas sebuah prisma berbentuk persegi panjang dengan panjang : lebar = 5 : 4 dan volumenya 1800 cm kubik. tentukan tinggi prisma tersebut?

  21. asalamualaikum pak…
    saya mau nanya soal 3 dimensi. .
    sebuah prisma segienam tegak beraturan panjang rusuk-rusuknya 12 cm. sebuah prisma lain adalah prisma segitiga baraturan yang panjang rusuk nya 12 cm. perbandingan antara kedua prisma tersebut adalah…

  22. Mau nanya Pak.
    0,25252525…. jika dijadikan pecahan biasa yg paling sederhana berbentuk a/b. jumlah pembilang dan penyebut pada pecahan tersebut adalah ….
    trimakasih.

  23. diketahui kubus ABCD.EFGH dengan panjang rusuk 6 cm.besar sudut antara garis diagonal sisi BD dan BG adalah……
    pak mau nanya ya

  24. suatu gas dalam ruang tertutup memiliki volum 0,4 m³, gas perlahan-lahan dipanaskan pada tekanan tetap sehingga volumenya menjadi 2 m³. jika usaha luar gas tersebut 3×10⁵ joule maka tekanan gas adalah…N/m²

  25. 1. jika sin X= p maka cos kuadrat X =……….
    2. diketahui limas segi4 beraturan TABCD bidang yang tegak lurus dgn bidang TBD adl
    a. TAB
    b TBC
    c TCD
    d TAD
    e TAc
    3. pada perisma segi 4 tegak A-H garis BD bersilangan dgn… kecuali
    a. AE
    b CH
    c AF
    d AC
    e GH
    .4. diketahui kubus A-H tentukan besar sudut antara garis HF dan BG
    5. diketahui kubus A-H memiliki pjg rusuk 6 cm sudut alpa antara garis CD dengan bidang BDG . nilai cos alpa
    terimakasih

  26. paman APIQ, boleh bertanya tentang cara mudah untuk menghitung
    pecahan ber susun

    1 dibagi (1+ 1 dibagi ( 1 + 1 dibagi ( 1 + 1/3)))… setelah dihitung , hasil nya 7/11

    apakah ada cara mudah untuk melakukan nya agar terhindari dari kesalahan menghitung???

    Terima kasih p.APIQ

    salam,
    claudia

  27. pak ingin bertanya, ada soal sprt ini:
    Dua buah lilin memiliki panjang yang berbeda. Salah satunya memerlukan waktu 4 jam untuk terbakar habis sementara satunya lagi memerlukan waktu 3 jam untuk padam. Pada jam berapa lilin harus dinyalakan sehingga perbandingan panjang kedua lilin 2 : 1 pada pukul 2 siang?

  28. halo pak, salam kenal, saya memiliki anak yang baru duduk di kelas 1 SD, buku apa yang bapak sarankan agar anak sy dapat mempelajari matematika dengan mudah dan dengan cara yang lebih mudah di mengerti, terima kasih atas sarannya

    • Salam…

      Untuk dadu 20 ribu.
      Catur Kuta Bali 150 ribu.
      Game Kombi 100 ribu.
      Game Galaxy tri 100 ribu.

      Onde tidak dijual untuk umum.

      Animasi dan Video Multimedia harga promo 5 ribuan per judul.

      Terima kasih…

  29. Paman Apiq saya mau bertanya,..
    1. Buktikan!
    np((n-1)(a-1)/(a+b-1))+np-〖np〗^2 = npq(a+b-n/a+b-1)
    Jika q = 1-p dan p = a/(a+b)
    2. tentukan nilai x yang memenuhi

    √(∛(60+√(20-x)) ) = 2

  30. assalamualaikum
    pak saya mau bertanya
    gmana cara mengerjakan soal ni pak
    √1/9 × 3√3 ×1/3 ⁴√9 × 9 ⁶√81
    saya masih blum faham

  31. pak tolong penyelesaian soal : sebuah kolam renang berbentuk balok mempunyai ukuran panjang 5m, lebar 3m, dan kedalaman 1,6m. jika kolam renang terrsebut di isi dengan air pada pukul 07.25 dengan menggunakan mesin yang debiynta 120 liter/menit,pukul berapa kolam renang tersebut terisi penuh ?

  32. assalamuailkum pa apik
    saya ingin bertanya
    bagaimana menututkan min(-) plus(+) dalam liner sampe sekarang saya belum terlalu mengerti pak.
    dan saya ingin bertanya bagaimana menyelesaikan pertidaksamaan himunan. terimakasih pakk

  33. Halo pak Apik
    saya ingin bertanya
    bagaimana pembuktian volume kerucut dan volume setengah bola sama ?
    terimakasih pak

  34. Assalamualaikum . om mau nanya donk .f(x)=2x-6,tentukan rumus fungsi untuk f(x-a)untuk suatu bilangan asli a dan tentukan perubahan fungsi f(x+a)-f(x).

  35. Salam pak saya mau tanya.sebuah limas volumenya 120 cm kubik.perbandingan panjang:lebar:tinggi=5:3:2.hitung tingginya

  36. seseorang mengendaai kendaraan dari jakata menuju bandung dalam keadaan normal dapat ditempuh bdalam waktu 2 jam dengan kecepatan rata-rata 91km/jam.
    jikamenginginkan waktu tempuhnya hanya 1 jam 45 menit harus memacu dengan kecepatan rata-rata…..km/jam?

  37. seorang pengusaha mengurutkan banyaknya unit barang yang dihasilkan nya.ternyata banyak barang yang diproduksi pada tiap bulan sebanyak (25n+50) unit dengan menyatakan n menyatakan bulan yaitu n=1,2,3
    berapakahjumlah barang yang diproduksi selama 10 bulan?

  38. Pak Apik, sya belum tau cra mau tanya jawab kpada bapak, saya ada soal 5, sdh 2 minggu lebih, blum dikumpulkan gara2 nya gak ada di internet jawabannya ini soalnya pak, dijawab semuanya ya pak :
    1. Gambarlah grafik persamaan garis berikut pada bidang koordinat.
    a. y= 5x
    b. y= 4x − 1
    c. x = 2y − 2
    d. y= 2x + 3
    e. x− 3y+ 1 = 0
    contoh kta p. guru sya pak disuruh buat tabel, dimasukkan ke tabel dulu, baru dikerjakan, terus dibuat grafiknya seperti ini pak apik
    X | Y
    … | 5x
    dibawahnya
    X | Y
    1 | 5
    caranya:
    y=5x
    y=5 (1)
    y=5
    (1,5) lalu ini hasilnya dan dibuat grafik
    gitu pak, tolong d bantu pak, krna ini dikumpulkan besok, 21 november 2014
    trimks banyak, pak apik dan salam kenal

    • Wah…caranya sudah betul tuh…
      Buat tabel, lalu gambar titik titik di diagram Cartesius, hubungkan titik-titik tersebut maka akan terbentuk garis yang dibutuhkan.

      Sukses selalu…

  39. sya ingin brtanya bapak
    untuk soal penggunaan turunan
    .. kawat sepanjang 1 inci di potong menjadi 2 bagian, satu potong untuk dibuat persegi dan lainnya akan ditekuk untuk lingkaran dimna kawat harus di potong agar jumlah luas persegi dan luas lingkaran menunjukkkan nilai maksimum dan minimum….

  40. saya mau tanya .
    suku kedua suatu barisan geometri adalah 72 dan suku ke empat adalah 8.rasio barisan tersebut positif.suku ke tujuh dari barisan tersebut adalah

  41. jarak pada peta sebidang tanah yang berbentuk persegi panjang berskala 1:800 panjang 12cm dan lebarnya 3,5 cm.
    berapa panjang dan lebar sebenarnya sebidang tanah

  42. selamat malam pak, saya ingin bertanya.
    buatah data” perkembangan ekonomi yg ada di Indonesia, misal data pergerakan nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing. buat dalam bentuk statistik deskriptif

  43. Salam kenal Pak
    saya ingin bertanya tentang soal kelas VI SD
    Ayah mempunyai tanah seluas 0,25 ha kemudian membeli lagi seluas 15 dam². Tanah tersebut diwakafkan seluas 575 ca untuk pembangunan masjid. Luas tanah ayah sekarang……
    Mohon bantuannya pak, Trimakasih

  44. pak….ada gak cara cepat
    1.mengubah pecahan biasa ke desimal dan persen
    2.cara penjumlahan pecahan campuran
    3.cara penjumlan dan pengurangan persen dan pecahan biasa,campuran
    5.cara pejumlahan dan pengurangan desimal dan pecaha biasa ,campuran
    tolong ya..
    kalau ada videonya kasih tahu…

  45. sebuah persegi bersinggungan dengan lingkaran.,
    apabila lingkaran tersebut berjari-jari 4 cm.
    maka :
    a. luas persegi
    b. panjang diagonal persegi
    mohon bantuannya terimakasih🙂

  46. Panjang pita A 7/4 kali pita B. Pita B 2/3 pita C. Panjang pita ketiga anak tersebut 68 m. berapa panjang pita B?

  47. Salam Bpk…
    Mohon bantuannya untuk memberikan petunjuk pada saya bagaimana cara mengajarkan anak yang dominan otak kanan untuk mampu menghafal perkalian. Si anak kesulitan menghafal perkalian.
    Mohon bantuannya Bapak. Dan jika ada buku yang dapat saya pelajari, mohon di share. Terima Kasih sebelumnya.

  48. Tanya. Ada 4 roda bergigi, yaitu A;B;C;D.Roda A dihubungkan dengan roda C, sedangkan roda C memutar roda B, dan roda B dihubungkan dengan roda D.Roda A mempunyai 48 gigi, Roda B mempunyai 30 gigi, sedangkan roda C dan D hanya 6 gigi. Bila roda A berputar searah jarum jam sebanyak 50 rotasi per menit (rpm) dalam berapa rpm roda B berputar?

  49. saya mau tanya pak: diketahui satu akar persamaan x^2 – ax + (a + 1)=0 mempunyai akar-akar x1 dan x2 = 1, maka nilai a1+a2 =…..

  50. paman apiq tolong ya jawab: seorang pengendara mengendarai motor dalam 2 jam lebih 16 menit .iya berangkat dari kota a jam 11.45 iya istirahat 45 menit selama 4 kali sampai ke kota b jam berapa ?

  51. Diketahui suatu segitiga ABC dengan siku – siku di B, jika panjang AB=9, BC=7 dan AC=12,. nilai cos A adalah …..

    #tolong dijawab dong penting ni, pake caranya yah

  52. salam pak,
    saya mau tanya 1 kubik itu brp kg pada tepung maizena ya?
    saya kurang paham pada hitungan seperti ini, jika saya mebutuhkan 14 kubik brarti brp kilo yah pak? terima kasih salam..

  53. mau tanya…untuk soal ini…

    beberapa karung beras sama beratnya.empat karung beras dinaikan di atas timbangan besar,ternyata beratnya 194 kg.kemudian 2 karung beras di turunkan dan tiga karung beras dinaikan.berpa kg kah berat beras yg dtunjukan?

  54. selamat sore, apakah les mathematic in secara online, apakah tidak ada pertemuan tatap muka?, kalo ada, kalo dibandung dimana?

  55. salam kenal..
    pak saya minta bantuannya ..
    tentukan nilai maksimum dari 3x + 5y yg memenuhi sistem pertidaksamaan x+y sma dengan lebih dri( <= ) 50; 2y lebih dari sama dengan (=) 0 dan y kurang dari sama dengan(>=) 0

  56. salam pa
    minta bantuannya untuk soal berikut
    1. stella & angga bermain catur sebyk 5 kali. peraturan permainan untuk yang menang adalah 10, skor utk yg kalah adalah -3 & skor utk yg seri adalah 0; jika stella menang 1 kali dan seri 1 kali, brp jumlah skor stella & angga?
    2 luas bujur sangkar 141, brp sisi bujur sangkar tsb (jawaban dalam bentuk pecahan)
    terima kasih sebelumnya

    • 2.
      Akar 141 = 11,78
      Akar 141 adalah antara 11 dan 12 tapi lebih dekat ke 12. Akar 141 adalah irasional, jadi tidak ada nilai pecaha yang tepat. Yang ada hanya pendekatan yaitu akar 141 = 11,78.
      Terima kasih…

  57. test…
    saya Sari. mamanya Ryunda Harsetyo Pasha kelas 7, mohon maaf, tapi saya benar-benar bingung. bagaimana caranya agar anak saya bisa berkomunikasi langsung dengan paman apiq. karena dari website ini hanya diberikan link utk mengisi password / kata sandi. tapi tidak ada box untuk mengisi username. apakah memang tidak ada username? lalu bagaimana caranya utk berbicara atau bertanya dengan paman apiq?

  58. Buktikan pernyataan berikut termasuk tautologia, kontrakdiksi, equivalen?
    1. (p^q)–>q
    2. p^(~q^q)
    3. (p^~q)–>q
    4. ((p–>q)^(r–>q))–>((pvr)–>q)

  59. candra membuat layang2 dengan menggunakan seutas benang,selembar kertas dan dua batang bambu yang panjangnya 0,9m dan 1 m. berapa meter persegikah paling sedikit kertas yang di butuhkan untuk membuat layang laayang?
    mohon bantuannya

  60. salam kenal pak,,, pak saya mau tanya kenapa dalam mencari akar kuadrat suatu bilangan harus dipisah-pisah dua angka dari belakang pak ?

  61. Pak Saya Punya Pertanyaan Panjang Jarum Menitan Pada Jam Berukuran 20 cm jika jarum tu bergerak selama 25 menit dan π:3,14 maka panjang lintasan yg dilalui ujung jarum berapa? Tolong Segera y pak

  62. pak saya mau minta tolong. tolong jawablah pertanyaan yang satu ini. pertanyaan :
    jumlah kuadrat dua bilangan positif adalah 157, dan selisih kedua bilangan tersebut adalah 5. hasil kali kedua bilangan adalah..

    maaf kalau bahasa saya kurang sopan.

  63. mohon bantuannya pak soal matematika kelas 11
    Di bawah ini ada beberapa persamaan seperti berikut;
    a. 2x + 3y = 2
    b. xy + 5z = 4
    c. -4x + 6y = -26
    d. x = -3
    e. 1/x + 1/y = 4

    Dari persamaan-persamaan tersebut manakah pasangan persamaan yang dapat membentuk sistem persamaan linear dua variabel ? Berikan alasan jawabanmu !

  64. Assalamu’allaikum paman Apik salam kenal
    aku mau tanya soal matematika
    Tujuh tahun yang lalu umur parman sama dengan 6 kali umur yuli. Empat tahun yang akan datang 2 kali umur parman tujuh lebihnya dari lima kali umur yuli. Umur yuli sekarang adalah….
    kan P – 7 = 6 (Y – 7)
    -> P – 7 = 6Y – 42
    -> P – 6Y = -35 …….(1)

    2 (P+4) = 5 (Y+4) +7
    2P+8 = 5Y + 20 +7
    2P – 5Y = 19……..(2)
    terus udah tek eliminasi tapi ko ndak ketemu
    mohon bantuannya paman

  65. Assalamualaikum , paman apik mau nanya
    Soalnya kayak gini :
    1.suatu daerah dibatasi oleh kurva-kurva 2y=X^2 dan X^3y-16, sumbu x dan ordinat di x=4 . Hitunglah luas daerah tersebut

  66. Dari gambar segitiga ABC , sudut BAC =65 derajat dan sudut ABC=70 derajat. (sudut D diantara A & C; sudut E diantara B&C) Jika sudut CDE =a dan sudut CED=B, maka nilai a+B adalah?

  67. assalamu’alaikum pak.
    saya ingin bertanya, bagaimana asal usul permainan puncak jaya dan kenapa pengkuadratan dapat dikerjakan dengan cara permainan puncak jaya? saya membaca dalam buku bapak, tetapi disitu tidak dijelaskan secara detail. terima kasih pak, mohon balasannya

  68. Pak, jika di ketahui panjang dan lebar sebuah persegi panjang itu, p = (x+4) dan l = (x-1) dan luasnya 14 cm persegi. Berapa keliling dr persegi panjang trsbut?
    Dan bagaimana cara mencari nilai x nya?
    Trims

  69. Salam kenal pak,,,
    Saya ingin bertanya,, mengapa rumus phytagoras menggunakan pangkat 2

    Terima kasih sebelumnya pak

  70. Salam kenal pak,Nama saya Ayustina Juniarti..
    Saat ini sedang persiapan untuk mengikuti ISCO NSG sebagai peserta semi final,,
    Saya mau bertanya materi tentang ranah soal pada babak semifinal lomba ini, diantaranya:
    1.Bilangan kompleks
    2.ketaksamaan
    3.prinsip inklusi eksklusi
    4.faktor pembilang
    5.pigeonhole principle
    6.rekurensi.

  71. pagi pak. mau tanya, antara pi dengan phi itu sama ndak ya pak? soalnya notasinya beda. sama satu lagi, apa perbedaan sudut alpha dan beta pada matematika. dua duanya kan sama sama notasi untuk sudut. Ditunggu jawabannya pak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s