Buku Karyaku

Ketika mahasiswa, saya ingin sekali menulis sebuah buku. Paling tidak menulis sebuah artikel di koran. Saya sudah banyak membaca buku. Termasuk membaca buku tentang cara menulis buku. Tiba waktunya untuk menulis sebuah buku, pikirku. Saya sudah mulai mengetik ide-ideku. Satu hari menghasilkan 2 halaman. Hari kedua bertambah menjadi 3 halaman. Hari keempat tidak bertambah, tetap tiga halaman. Hari kelima juga tetap tiga halaman. Satu minggu kemudian tidak berubah. Satu bulan berlalu tidak berubah. Satu tahun berlalu saya mulai kendur dengan keinginanku menulis sebuah buku.

Tahun 2001 adalah tahun terindahku. Saya berhasil menulis sebuah buku. Buku sederhana setebal sekitar 218 halaman. Buku ini saya beri judul Quantum Quotient: Cara Praktis Melejitkan IQ, EQ, dan SQ yang Harmonis. Terima kasih kepada rakyat Indonesia. Buku Quantum Quotient mendapat sambutan hangat. Quantum Quotient menduduki tempat best seller di Gramedia waktu itu. Quantum Quotient sudah naik cetak berkali-kali (kalau tidak salah sih 5 kali cetak). Dicetak sekitar 20.000 eksemplar versi orisinal – versi bajakan saya tidak tahu. Quantum Quotient memberi banyak pelajaran bagiku terutama untuk tetap komitmen dan sabar sampai meraih tujuan.

Sebelum itu saya sudah berhasil menulis sebuah buku. Tetapi buku ini tidak sempat masuk ke toko buku resmi semisal Gramedia. Bahkan kita juga mungkin tidak dapat menemukannya melalui Google di Internet. Buku ini saya beri judul Pembahasan Praktis Soal-soal UMPTN. Buku ini kami terbitkan sendiri bersama teman-teman Exphytri pada tahun 1995-an. Distribusi dilakukan langsung oleh teman-teman Exphytri. Buku ini gagal tetapi sukses. Exphytri adalah himpunan teman-teman eks fisika 3 dari SMA 2 Tulungagung. Saya belajar banyak tetang kekompakan dan arti sebuah persahabatan dalam proses menulis dan menerbitkan buku ini. Ketika saya menjadi seorang guru idola di sebuah bimbingan belajar di Bandung, saya menunjukkan buku ini ke siswa. Para siswa ternyata tertarik. Buku-buku yang semula saya simpan di gudang habis ludes dibeli oleh para siswa. Terimakasih teman-teman Exphytri SMA 2 Tulungagung dan para siswa.

Tahun 2003 saya berkolaborasi dengan teman-teman Sharing Vision, teman-teman para dosen ITB. Mereka adalah orang-orang hebat luar biasa. DR Dimitri Mahayana dari Teknik Elektro dan Ir Khairul Ummah M.T dari Teknik Penerbangan. Kolaborasi ini menghasilkan sebuah buku yang sangat indah. Kami beri judul buku itu SEPIA: Lima Kecerdasan Utama untuk Meraih Bahagia dan Sukses. SEPIA adalah singkatan dari Spiritual, Emotional, Power, Intelectual, Aspirasi. Buku SEPIA juga berhasil menduduki tempat best seller di Gramedia. Buku ini memberikan pelajaran berharga bagi saya bahwa tiga orang berbeda – Khairul, Dimitri, Angger – mampu menghasilkan sebuah buku yang padu dan harmonis.

0818 22 0898  quantumyes@yahoo.com

0818 22 0898 quantumyes@yahoo.com

Buku APIQ adalah buku yang paling lama saya rampungkan. Saya sudah selesai menulis APIQ sejak tahun 2004. Dan saya sudah menerapkannya sejak tahun 2000-an. Tetapi anehnya, sampai saya menulis tulisan ini, buku APIQ juga belum terbit. Mungkin ini ujian kesabaran buat saya. Memang saat ini buku APIQ sedang dalam proses penerbitan. Mohon doa restu dari teman-teman semua.

Saat ini saya juga sedang menulis buku Presentasi Inspiratif dan Akselerasi Angger. Presentasi Inspiratif merupakan buku lengkap mengenai teknik presentasi yang saya dasarkan dari berbagai buku referensi serta pengalaman saya melakukan presentasi terutama pengalaman mengikuti presentasi Sharing Vision sekitar 200 angkatan. Sedangkan Akselerasi Angger saya rancang sebagai lanjutan dari Quantum Quotient. Naskah buku ini telah siap dalam komputer saya. Tetapi saya belum tahu kapan akan terbit. Semoga sukses untuk kita semua.

Khusus untuk buku APIQ, saya berniat menulis secara serial. Matematika adalah samudera ilmu tanpa batas. Mungkin saya akan menulis buku APIQ dua jilid. Mungkin juga 10 jilid. Ditambah lagi, saya juga ingin menuliskan pengalaman para siswa APIQ dalam mempelajari matematika.

Masih ada beberapa judul buku yang sudah saya siapkan di komputer saya. Lain waktu saya ingin menceritakannya.

Yang menarik dari menulis buku adalah kita tidak akan tahu pasti manfaat dari buku yang kita tulis. Suatu ketika saya menghadiri seminar ke suatu daerah. Tiba-tiba ada seorang peserta yang menyampaikan terima kasih kepada saya. Saya heran. Saya tidak mengerti. Orang itu menjelaskan bahwa ia telah menerapkan buku yang saya tulis dan memperoleh banyak manfaat darinya. Alhamdulilah.

Semoga kita bisa saling membantu dengan cara yang paling tepat bagi kita. Semoga kita bisa terus maju bersama.

Salam hangat…

Info pemesanan: quantumyes@yahoo.com

Pembayaran melalui transfer,

BNI | 01 39 220 032 | Cicik C
Mandiri | 13 2000 67 220 53 | Cicik C
BCA | 233 246 1258 | Agus N

*Sedikit update: Berkat dukungan dari teman-teman sekalian, Buku APIQ telah terbit dan tersedia di pasaran pada Desember 2008.

18. Buku APIQ Bersaing di Toko Buku: Kecil-Kecil Jago Matematika
17. Kata Pengantar: Buku Rumus Cepat Kreatif & Sukses Matematika Dasar
16. Telah Terbit Buku APIQ 5: Rumus Cepat Kreatif
15. Ide-ide Penting dalam Math Kreatif EINSTEIN
14. Buku Baru APIQ 4: Math Kreatif EINSTEIN
13. Hari ini Terbit Buku REKA: Rumus Ekspres Kreatif APIQ
12. Sudah (hampir) Terbit Buku APIQ Sederhana: REKA Sukses Matematika
11. Buku APIQ 3: Quick Count Quadrat, Kutipan Sampul Belakang
10. Telah Terbit Bukuku APIQ 3: Quick Count Quadrat
9. Daftar Harga Buku APIQ (Per April 2010)
8. Bukuku APIQ 2 Telah Terbit: APIQ Creative Math Game
7. Buku Matematika Kreatif APIQ Berikutnya
6. Buku APIQ 2: Permainan Matematika Kreatif.
1. Buku APIQ Menjadi Best Seller.
2. Buku APIQ Menurut Budi Rahardjo Ph. D.
3. Buku Quantum Quotient Cetakan ke-7.
4. Tips Menulis dengan Otak Kanan.
5. Tips Cara Menulis Buku.
0. FAQ: Tanya-Jawab APIQ.

(agus Nggermanto; pendiri APIQ)

APIQ: Inovasi Pembelajaran Matematika. APIQ membuka program kursus matematika kreatif yang mengembangkan kecerdasan anak dengan cara fun, gembira, dan mengasyikkan serta lebih cepat. APIQ menumbuhkan motivasi belajar anak dengan pendekatan Quantum Learning, Quantum Quotient, dan Experiential Learning. Berbeda dengan pendekatan metode pendidikan atau pembelajaran matematika yang pada umumnya menempatkan aljabar sebagai fundamental, APIQ justru menempatkan aritmetika sebagai fundamental utama matematika. Pendekatan aritmetika menjadikan matematika lebih konkret tidak abstrak seperti aljabar. APIQ mempelajari matematika secara utuh dari aritmetika, aljabar, geometri, statistik, kalkulus, dan lain-lain. APIQ menyiapkan program untuk anak usia 4 tahun (TK), SD, SMP, SMA, sampai lulus SMA (preuniversity). APIQ membuka peluang bagi Anda yang berminat membuka cabang franchise. Anda dapat menghubungi APIQ di apiq.wordpress.com atau (022) 2008621 atau 0818 22 0898 atau quantumyes@yahoo.com . APIQ berasal dari kata Aritmetika Plus Inteligensi Quantum.

74 responses to “Buku Karyaku

  1. Anda mengingatkan obsesiku. Kapan saya bisa menulis di koran. Baru-baru ini saya ketemu dengan orang yang kerjanya menulis buku. Dan mereka memotivasiku menulis. Tetapi setelah beberapa halaman aku mandeg. Saya pikir apa orang suka bacanya. Kata mereka itu pendapat kita sendiri. Orang lain berpendapat beda. Lain kepala lain rambut dan idenya.
    Ternyata tulis menulis perlu latihan. Saya sedang tidak tahu melalui celah mana aku bisa menembus kesana. Karena makin hari, makin sebuk dan jauh dari membaca dan menulis.
    Kata orang banyak berjalan banyak melihat dan pengalaman. Sekarang aku sedang jalan-jalan mengunjungi blok-blok orang cerdas. Pasti ada yang dilihat dan bisa mendapat pengalaman penuh makna. Proficiat U R QUANTUM

  2. salam kenal buat pak agus….
    aku baru inget kalo aku punya buku QQ di barisan koleksi buku ku.

    buku yang bagus jadi ingin baca lagi🙂

  3. Pak Agus,aku wong deso aq pingin pinter,setidaknya aku dapat mengajari matematika anaku dengan senang dan bermanfaat.Dimana aku bisa mendapatkan buku APIQ? tak tunggu balasanya.

  4. Kemarin saya lagi bongkar-bongkar buku. Dan ketemu buku Quantum Quotient: Cara Praktis Melejitkan IQ, EQ, dan SQ yang Harmonis, saya baru ngeh, kalau buku itu, tulisannya sampeyan. Nanti dech saya baca … Biasa, sy hobi beli buku tetapi tidak hobi membaca he he he…

  5. Assalam’lkm,,,,,,
    salam motivasi pak Angger,,
    Saya merasakan perubahan super hebat dengan aritmatika anda dalam diri saya…
    Motivasi TAO banyak manfaatnya..

    kemungkinan besar saya ambil skripsi Hukum Internasional.

    Doa kan saya pak,
    SEMANGAT !!

    Salam DANAR

  6. saya sederhana aja pak tapi kok bingunggimana cara memulainya menulis buku. hanya saja saya lagi belajar nulis buku mata pelajaran. saya mahasiswa jurusan sosiologi antropologi universitas negeri semarang. tulisan bapak adalah semanagat dan inspirasi buat saya. trims, semoga bapak mau berkenalan dengan saya, di dunia walau didunia maya…..

  7. duh, jadi ingin ikutan mulai menulis… mulai dari koran dulu, dan kalau bisa satu hari seperti bapak menulis buku.. bisa ada saran pak? bagaimana cara untuk memulai menulis untuk koran?

  8. masih ingat dengan asih putera, Mas??? oh ya..APIQ keistimewaannya apa ya? bedanya dengan mental aritmatika, mathemagics, mathmagics, dan kumon apa? dan keunggulan APIQ dari sisi mana??? mudah-mudahan saya bisa join untuk buka di Bogor…

  9. Thx untuk sapa dan semangatnya…………..
    Punten belum bisa dolan lagi ke rumah. Obrolan kita seringkali menginspirasi banyak hal. Sayang belum sempat tertuang dalam tulisan.
    Ya, tetap semangat!

  10. Mas Angger,
    salam kenal…,
    saya punya lho buku Quantum Quotient yang dahsyat itu😉, lengkap dengan tandatangan penulisnya (saya inget banget waktu dulu ikut sesi Mas Angger waktu masih di Bandung). Jadi penasaran sama lanjutannya nih…
    Btw, kapan nih buku-bukunyaboleh saya pajang di toko virtual saya (http:// jendelabuku.multiply.com)?
    Ditunggu kabarnya ya Mas…
    Makasih banyak.

  11. Ow…jadi bapak ini penulis buku best seller itukah…
    Sungguh suatu kebetulan yang menyenangkan…padahal awalnya saya hanya bloqwalking2 tak tentu arah…
    Salam kenal, pak

    Semoga terus bersemangat menelurkan karya-karya inovatif…

  12. @endah
    Terimakasih, silakan u memajang buku-buku saya di toko virtualnya.
    @andik
    juniore 4 arep 5. piro juniormu?
    @syelviapoe3
    Terimakasih, dukungannya. Mari terus berkarya!
    @heri
    Silakan sering-sering mampir.

  13. Ass mas agus,sy senang sekali baca blognya mas Agus,krn dr dulu sy senang sekali dengan MATEMATIKA,tapi semenjak sy berwirausaha di bidang pendidikan,sy sdh jarang memperdalam MATEMATIKA,malah sy banyak baca buku manajemen,krn sy senang sekali menciptakan ide-ide bisnis apa sj,yg kelak bisnis sy bisa menjadi bermanfaat bgi orang banyak,sy juga tertarik sekali ingin bisa bekerja-sama dgn Mas Agus.WWW.SKM-UI.COM

  14. Pak/Bu,
    Quotient kan artinya hasil bagi??
    Jadi Quantum Quotient = “Hasil bagi quantum”???
    Hmm… anda ini ngerti matematika gak ya….

  15. Dalam penggunaan bahasa,
    kita perlu mempertimbangkan perluasan dan penyempitan makna.

    Mari belajar menggunakan bahasa yang baik!

    Untuk Mikhail silakan mempelajari perkembangan istilah quantum dan quotient.

    Terima kasih.

  16. FYI, yg sebenarnya dimaksud dari Intelligence Quotient adalah probabilitas munculnya perilaku yg diasumsikan mengindikasikan kecerdasan dalam sembarang peristiwa. Nah, probabilitas ini kan hasil bagi. Jadi dalam suatu peristiwa, berapa persen kemungkinan seseorang akan menunjukkan perilaku “cerdas”.
    Apakah ini juga yang Bapak maksud dengan QQ? Berapa persen kemungkinan munculnya “perilaku kuantum” dalam sembarang peristiwa?

    NB. Saya tidak menemukan kamus yang menunjukkan tentang perubahan makna (bukan penyempitan/perluasan) quotient dari “hasil bagi” menjadi “kecerdasan”, selain wikipedia.

    Salam

  17. Ping-balik: Cerdas Otak dan Cerdas Perilaku « APIQ: Matematika Kreatif·

  18. Aslmkm. Apa kabar sahabat lama. selamat atas suksesmu membagi ilmu.
    masih ingat dengan mahfud nggak? teman sekelas dulu di SMADA TA. Wah saya sangat bangga bila bisa menyelenggarakan APIQ di Lembaga Pendidikan kami di Gresik. Mohon arahan bagaimana caranya. Gedung sudah tersedia, kalo pagi buat Madrasah Tsanawiyah Aliyah… siang gedungnya nganggur sampai malam.
    Thanks atas attensinya.
    FB : hikmahrizquna@yahoo.com
    Disitu ada dokumentasi agenda kegiatan tahunan.
    Pondok Pesantren kami mengadakan santunan yatim pada setiap 10 Muharram.
    Panjenengan tahu nggak Foundation yang suka membantu dlm kegiatan sosial anak yatim dan fakir miskin…
    Ngapunten baru jumpa koq sudah macem2 isinya… maklum saya baru bisa internet nih.
    Semoga Sampean sekeluarga selalu dalam lindungan Yang Maha Kuasa dan snantiasa dalam Ridlo-Nya hingga di surga nanti.. Amiin
    wassalam

  19. Salam,
    Mas Mahfudz,

    Saya ingat dengan Mas Mahfudz, pokoknya orangnya yang baik dan sholeh.

    Terima kasih Mas Mahfudz telah mampir ke blog saya. Saya dan APIQ senang kelak kita dapat bekerja sama memajukan terus pendidikan di negeri tercinta ini.

    Mari kita terus berkomunikasi nggih…

    Salam

  20. Ping-balik: Inovasi Berkelanjutan APIQ: Open Innovation « APIQ: Matematika Kreatif Aritmetika Quantum·

  21. Ping-balik: Adversity Quotient « Belajar dari anak-anak·

  22. Saya jg ga pinter bhitung waktu sekolah dulu. skrg saya punya anak dan pengen anak2 saya pinter2…. saya tggal di daerah , moga kalo lg jalan2 ke Sby bs mampir ke Gramedia dan cari buku2 bapak…trima kasih

  23. menarik menarik menarik.
    saya simpan blog Anda sebagai bahan belajar kami. kebetulan, kami sedang memulai pergerakan (dengan website buatan sendiri) semacam Pendidikan Non dan Semi Formal
    kihadjartheywanttorock😉

    salam kenal dari saya : Putri Sarinande alias Cemputh ^^

  24. salam Kenal Apiq.
    oia saya adalah pendatang baru
    Gmn caranya saya mendapatkan/ membeli buku2 dari APIQ,

    terimaksih

  25. Salam hangat, sudah saya terima kiriman 5 buku dan sdh mulai saya telaah; buku QQ dan SEPIA sangat menarik dan menggugah terutama perlu untuk anak2 muda, cucu saya mulai coba membaca, tetapi untuk APIQ 1, 2 dan 3 kalau bisa saya usul untuk pelajaran SMP dan SMA hendaknya disusun tersendiri dan ini juga khusus untuk peminat buku yang mempersiapkan ke UN, sebab kalau melihat Aritmetika saja anak2 SMA akan lebih tertarik pada buku2 dari BIMBEL. Padahal APIQ bisa lebih berperan pada segmen ini; Wassalam

  26. asalamualaikum,,,kang
    untuk tahun 2010 masih di rilis ga ya buku-buku nya di gramedia??
    karena minat belajar matematika yang sudah saya cap sukar dari dulu menjadi hilang setelah membaca artikel-artikel apiq…
    tq to apiq…..

  27. Ping-balik: Buku Matematika dan Berhitung Cepat, Mudah, dan Berkualitas | APIQ: Matematika Kreatif Aritmetika Quantum·

  28. slmt pagi pak Agus,
    sy mau pesan buku sukses matematika 1,kecil kecil jago matematika 1,math kreatif einstein 1,quick count quadrat 1,Mohon dikirim k Jl SIMPANG BUNGA KOPI 7(Perumahan KOPI RESIDEN) daerah Sukarno Hatta kota Malang Jawa Timur atas nama bpk HARI PRAJOGA.Norek mandiri betul yg tertera d kontak kan pak?kl sy transfer tgl 28 ini kpn buku bs lsg dikirim?

    • Salam Sany,

      Jika hari ini sudah dapat kabar transfer maka besok buku akan kami kirim ke alamat. Ongkos kirim 35 ribu. Sampai Malang sekitar 2 atau 3 hari.

      Terima kasih atas kerja samanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s