Keistimewaan APIQ

Tulisan ini adalah lanjutan dari tulisan sebelumnya tentang metode kursus matematika kreatif APIQ.

Saya akan sedikit menekankan keistimewaan dari APIQ. Berikut ini di antaranya.

Di APIQ, anak belajar dengan cara yang kreatif. Seorang anak mengawali belajar dengan game kreatif matematika. Kemudian anak berdisiplin mengerjakan lembar kerja APIQ. Selanjutnya anak belajar dengan variasi matematika kreatif dan matematika disiplin. Semua berlangsung dengan suasana fun, menyenangkan, dan bersemangat.

Lembar kerja APIQ membimbing anak belajar secara mandiri tahap demi tahap. Game kreatif APIQ mengajak anak untuk kolaborasi kreatif dengan teman-teman.

Belajar dengan Cara Kreatif
Di APIQ, anak akan berpetualang bersama matematika kreatif. Anak-anak akan mendapatkan tantangan kreatif sesuai tingkat kemampuan masing-masing. Tantangan kreatif ini akan memicu berkembangnya kreativitas anak-anak di bidang matematika mau pun di bidang yang lain.

Belajar dengan Cara Disiplin
Di APIQ, anak akan mendapat bantuan lembar kerja standar yang mengajak anak-anak disiplin belajar matematika. Lembar kerja ini telah disusun secara sistematis sehingga anak-anak berhasil meningkatkan kemampuan matematika kreatif secara tahap demi tahap tanpa merasa terbebani atau stress. Apalagi dengan kombinasi game kreatif akan mengajak anak-anak merasa berpetualang dengan matematika kreatif yang mengasyikkan.

Pendekatan Personal
Di APIQ, setiap anak akan mendapatkan bahan ajar sesuai dengan kemampuan masing-masing siswa. Guru telah mengenali dan mencatat kemampuan setiap siswa sehingga guru dapat membantu belajar siswa secara personal – individu per individu. Dapat saja dua orang siswa memiliki tingkat kelas yang sama di sekolah tetapi mimiliki level belajar yang berbeda di APIQ. APIQ akan memberikan bahan ajar sesuai tingkat kemampuan masing-masing siswa.

Dukungan Pembimbing
Pebimbing atau guru di APIQ selalu siap membantu siswa sesuai jadwal untuk mendukung siswa menjadi mandiri, berkolaborasi, dan kreatif. Guru di APIQ memiliki catatan detil perkembangan siswa orang per orang, waktu demi waktu. Orang tua dapat berkonsultasi kepada guru bila diperlukan.

Tool Edukatif Digital dan Non-Digital
Siswa APIQ dapat memanfaatkan tool edukatif APIQ baik yang digital atau non-digital. Tool edukatif digital berupa program power point animasi matematika kreatif APIQ, multimedia APIQ, dan lain-lain. Sedangkan tool edukatif non-digital berupa onde milenium, kartu milenium, kartu ular angka, dadu milenium, super marble, bintang aritmetika, dan lain-lain.

CARA BELAJAR DAN ALUR BELAJAR DI KELAS

Di sini, akan diperkenalkan bagaimana anak belajar di kelas APIQ.
Mula-mula, anak akan disambut ramah oleh pembimbing. Anak kemudian mengambil tempat duduk yang paling nyaman sembari menerima tantangan game matematika kreatif. Karena game kreatif ini sudah disesuaikan dengan kemampuan siswa maka biasanya siswa akan dengan senang hati memecahkan tantangan game kreatif itu. Setelah pikiran anak bertambah kreatif maka ia akan menerima tantangan berikutnya: matematika disiplin.

Matematika disiplin ini berupa lembar kerja standar APIQ yang telah secara khusus disiapkan sesuai kemampuan siswa tersebut. Kemampuan dan kecerdasan matematika siswa akan meningkat tahap demi tahap.

Selanjutnya, siswa akan belajar matematika dengan variasi matematika kreatif dan matematika disiplin. Siswa juga belajar dengan variasi belajar mandiri dan belajar kolaboratif dengan teman-teman.
Setelah selesai mengerjakan, lembar kerja diserahkan kepada pembimbing untuk diperiksa dan diberi nilai. Sementara lembar kerjanya dinilai, anak berlatih dengan alat bantu belajar kreatif APIQ.

Setelah lembar kerja selesai diperiksa dan diberi nilai, pembimbing mencatat hasil belajar hari itu pada “Kartu Perkembangan Siswa”. Hasil ini nantinya akan dianalisa untuk penyusunan program belajar berikutnya.

Bila ada bagian yang masih salah, anak diminta untuk membetulkan bagian tersebut hingga semua lembar kerjanya memperoleh nilai 100. Tujuannya, agar anak menguasai pelajaran dan tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Setelah selesai, anak mengikuti latihan secara lisan. Sebelum pulang, pembimbing memberikan evaluasi terhadap pekerjaan anak hari itu dan memberitahu materi yang akan dikerjakan anak pada hari berikutnya.

CARA MENDAFTAR PROGRAM APIQ
APIQ dapat diikuti oleh anak prasekolah, siswa SD, siswa SMP dan siswa SMA (plus pre-university). Pendaftaran terbuka setiap saat.

Caranya, ikuti 3 tahapan berikut ini.

1. Silakan datang ke kelas APIQ terdekat bersama putra-putri Anda untuk mendapatkan penjelasan dari pembimbing. Buatlah janji terlebih dahulu dengan menghubungi kelas tersebut, agar penjelasan dapat diberikan dengan baik tanpa mengganggu kegiatan belajar di kelas.

2. Putra-putri Anda akan mengikuti free trial, untuk mengetahui kemampuannya saat ini dan untuk menentukan level awal yang tepat. Kemudian Pembimbing akan menyusun program belajar yang “tepat” sesuai kemampuan putra-putri Anda. Free trial sekaligus sebagai Tes Penempatan diberikan secara cuma-cuma.

3. Setelah memahami sistem belajar APIQ dengan baik dan bersedia memberikan dukungan bagi pelajaran putra-putri Anda di APIQ, silakan mendaftarkan putra-putri Anda ke kursus APIQ. Orang tua akan diminta mengisi formulir pendaftaran, menyetujui peraturan yang ditetapkan APIQ serta membayar biaya kursus.

Setelah itu, putra/putri Anda akan belajar di kelas APIQ 2 kali seminggu. Mereka dapat datang jam berapa saja di antara jam buka kursus yang telah ditentukan. Di luar hari kursus, mereka akan mendapatkan lembar kerja untuk dikerjakan di rumah bila dipandang perlu oleh pembimbing atau bila anak meminta.

BIAYA KURSUS
Uang kursus bulanan Jabodetabek dan Bandung
Siswa Prasekolah – SD : Rp. 175.000,-
Siswa SMP-SMA : Rp. 225.000,-
Uang pendaftaran : Rp. 200.000,-

Catatan :
Uang kursus bulanan sudah termasuk biaya lembar kerja yang diterima siswa.
Uang kursus bulanan dibayar di muka, setiap awal bulan sebelum tanggal 10.
Uang pendaftaran dibayarkan 1(satu) kali saja pada saat pertama kali mendaftar masuk.

Tanya-jawab tentang APIQ sudah saya tulis pada tulisan saya terdahulu. Silakan mengunjunginya…

Salam hangat…
(angger; agus Nggermanto: Pendiri APIQ)

Iklan

19 responses to “Keistimewaan APIQ

  1. Salam, saya ingin bertanya. Metode APIQ ini didasari dari teori siapa? dan menggunakan pendekatan apa? sebelum dibuatnya metode apiq ini? terima kasih

  2. Paman APIQ dan tim APIQ mengembangkan APIQ dengan beragam teori.
    Silakan membaca lebih lengkap di buku Quantum Quotient, SEPIA, dan APIQ Creative Math Game.

    Terima kasih…

  3. terima kasih atas jawabannya. mohon maaf saya ingin bertanya lagi, saya sudah beberapa kaki mengkontak email tapi belum ada respon berkaitan dengan pembelian buku. kemudian saya mencoba sms nomor kontak yang tersedia tapi out of order, bagaimana ya saya bisa membeli buku tersebut?

  4. salam, saya sudah transfer melalui BNI berkaitan dengan buku yang saya ingin pesan, untuk tanda bukti pembayaran sudah saya upload di email. mohon konfirmasi apabila sudah dikirim. terima kasih.

  5. terima kasih bukunya sudah saya terima kemarin. jika ada info ttg buku apiq yg pertama *kecil2 jago mtk dicetak ulang saya minta informasinya. saya berminat.

  6. Kalo bisa buka cabang apiq daerah rawa belong atau kemanggisan jakarta barat daerah kampus binus..supaya saya bisa lebih dekat kursusnya….ada sempoa sihhh…tapi klo sya lihat di apiq mudah terjangkau biaya kursusnya…n mudah2an bnyak peminatnya…terima kasih…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s