FAQ: Tanya-Jawab APIQ

1. Apakah APIQ itu?
Jawab:
APIQ adalah Inovasi Pembelajaran Matematika Kreatif. APIQ mengajarkan disiplin matematika secara utuh dengan cara kreatif, fun, dan meyenangkan. APIQ membantu siswa untuk melejitkan potensinya dengan pendekatan Quantum Quotient dan Quantum Learning.

2. Apakah keunggulan APIQ dibanding dengan kursus lain?
Jawab:
Keunggulan APIQ adalah mengajarkan matematika secara kreatif. Cara-cara kreatif ini menciptakan suasana yang fun, menyenangkan, dan penuh semangat dalam belajar matematika APIQ. Berbeda dengan kursus lain yang menimbulkan jenuh, bosan, bahkan stress kepada siswa.

Belajar matematika kreatif APIQ menggunakan pendekatan personal sesuai dengan kemampuan masing-masing siswa, berbeda dengan sistem kelas pada umumnya.

Kurikulum APIQ disusun secara sistematis sehingga membantu siswa menguasai matematika secara utuh tahap demi tahap meliputi aritmetika, geometri, aljabar, statistik, kalkulus, dan lain-lain. Berbeda dengan kursus lain yang hanya mempelajari artimetika saja – bahkan sering hanya alat (mesin) aritmetika saja.

Kurikulum APIQ memasukkan soal cerita. Bahkan memandang sangat penting soal cerita. Siswa APIQ sangat menyukai dan terbantu dengan soal cerita khas APIQ. Berbeda dengan kursus lain yang menghindari soal cerita.

3. Bagaimana cara APIQ mengajarkan matematika secara kreatif?
Jawab:
APIQ mengajarkan matematika kreatif dengan memanfaatkan beragam permainan dan peraga matematika kreatif. Misal Onde Milenium untuk aritmetika dasar, kartu milenium untuk strategi dan kecepatan berpikir, dadu milenium untuk geometri luas, keliling dan volume, bintang aritmetika untuk berhitung cepat tingkat tinggi dan lain-lain.

4. Bagaimana cara APIQ mengajarkan disiplin matematika?
Jawab:
Setiap siswa APIQ memperoleh lembar kerja standar APIQ di kelas. Lembar kerja APIQ ini telah dipersiapkan secara sistematis sehingga mengembangkan disiplin matematika setiap siswa.

5. Siapa saja yang dapat belajar APIQ?
Jawab:
APIQ membuka kelas untuk anak usia TK (prasekolah), SD, SMP, SMA (plus pre-university)

6. Apakah APIQ bermanfaat bagi pelajaran di sekolah?
Jawab:
APIQ sangat bermanfaat bagi pelajaran di sekolah. Cara berpikir kreatif sangat membantu siswa di sekolah baik untuk pelajaran matematika atau lainnya. Penguasaan konsep matematika APIQ sangat berguna bagi pelajaran matematika di sekolah.
Bahkan APIQ juga memiliki materi khusus persiapan ujian nasional.

7. Apakah kurikulum APIQ sesuai dengan kurikulum sekolah?
Jawab:
Kurikulun APIQ harmonis dengan kurikulum sekolah. Tetapi kurikulum APIQ tidak persis sama dengan kurikulum sekolah. Untuk itu APIQ menyediakan materi suplemen yang menjembatani dua kurikulum tersebut.

8. Apakah tidak terlalu dini anak usia prasekolah belajar matematika?
Jawab:
Betul. Bila cara belajarnya salah dapat berakibat fatal. Tetapi bila menggunakan cara belajar matematika kreatif APIQ maka semakin dini siswa mulai belajar akan semakin baik hasilnya.

9. Apakah tidak terlambat bila anak SMP-SMA baru mulai belajar APIQ?
Jawab:
Tidak. Tidak ada kata terlambat untuk mulai belajar dengan pendekatan yang tepat. Tentu saja pendekatan siswa SMP-SMA akan berbeda dengan pendekatan belajar untuk anak usia dini. Kurikulum APIQ telah dirancang khusus agar sesuai dengan kemampuan masing-masing siswa.

10. Dalam seminggu belajar berapa kali siswa APIQ?
Jawab:
Dalam seminggu belajar 2 kali @ 60 sampai dengan 90 menit.

11. Hari apa dan jam berapa siswa belajar APIQ?
Jawab:
Hari belajar dapat dipilih oleh siswa sesuai waktu yang disediakan oleh APIQ. Jam belajar juga siswa yang memilihnya.

12. Berapa biaya kursus APIQ?
Jawab:
Biaya pendaftaran Rp 200.000,-
Biaya SPP Rp 175.000,- tiap bulan (TK dan SD)
Biaya SPP Rp 225.000,- tiap bulan (SMP dan SMA)

13. Siswa memperoleh apa saja dengan biaya di atas?
Jawab:
Biaya pendaftaran digunakan untuk fasilitas siswa:
A. Buku APIQ
B. Kaos APIQ
C. Pensil
D. Kartu Milenium Permainan Kreatif APIQ
E. Stiker APIQ
F. Flash Disk / USB
G. Program Pembelajaran Animasi power point APIQ. Terdiri dari 10 file. Satu file seharga Rp 40.000,- x 10 file senilai Rp 400.000,- . Dan artikel panduan memilih kursus matematika yang tepat untuk anak Anda.

Biaya SPP digunakan untuk operasional pembelajaran APIQ dikelas:
A. Siswa memperoleh lembar kerja standar APIQ setiap belajar.
B. Siswa memperoleh hadiah setiap mencapai pembelajaran tertentu.
C. Onde Milenium hanya untuk di kelas.
D. Kartu Milenium hanya untuk di kelas.
E. Dadu Milenium hanya untuk di kelas.
F. Bintang Aritmetika hanya untuk di kelas.
G. Pensil dan penghapus hanya untuk di kelas.
H. Dan lain-lain hanya untuk di kelas.

14. Berapa lama siswa harus kursus di APIQ? Atau ada berapa level di APIQ?
Jawab:
APIQ terdiri dari 3 level utama: Level Dasar, Menengah, dan Lanjut.
Masing-masing level utama di atas dibagi lagi menjadi beberapa level.
(Silakan melihat Level Pembelajaran APIQ untuk informasi lebih lengkap.)
Satu level umumnya diselesaikan dalam waktu 2 sampai 3 bulan tergantung kepada penguasaan siswa.

Untuk melihat hasil belajar yang bagus, setidaknya siswa harus sudah belajar di APIQ selama 6 bulan.

15. Apa saja yang diperlukan agar siswa sukses belajar di APIQ?
Jawab:
Siswa perlu belajar secara disiplin sesuai jadwal belajar APIQ. Bila karena satu dan lain hal siswa tidak dapat hadir maka segera mengganti jam belajar tersebut sesuai jadwal yang disediakan APIQ.
Dukungan orang tua dan motivasi kepada anak agar rajin belajar ke APIQ juga memegang peranan penting untuk suksesnya siswa di APIQ.

16. Bagaimana cara mendaftar ke APIQ?
Jawab:
Silakan mengunjungi kelas APIQ terdekat. Petugas APIQ siap membantu Anda.

Salam hangat…

(angger; agus Nggermanto: Pendiri APIQ)

Iklan

129 responses to “FAQ: Tanya-Jawab APIQ

  1. halo kak…
    saya mei mau bertanya…
    Cara penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian aljabar memakai /(per) itu caranya gmn y ???

  2. klo di purwakarta sudah ada blm ya, wah boleh jg tuh buat adik saya, saya jg tertarik mba/ mas.. di tunggu info nya ya…

  3. anak sy kelas 4 sd dan sudah mengikuti kumon dari th 2006 (TK B) sampai saat ini masih mengikuti kumon dan sekarang sedang mempelajari level H yi persamaan linear ttp sy perhatikan spt ada kejenuhan, sy tertarik utk mencoba metode apiq ini, kira-kira apakah ank sy hrs mulai dari dasar utk mempelajari metode ini?

  4. Salam,

    Anak Anda tidak harus mulai dari dasar.
    Program APIQ menyesuaikan dengan tingkat kemampuan masing-masing anak. Silakan mencoba program APIQ di kelas terdekat.

    Terima kasih…

  5. Apakah biaya kursus (pendaftaran & SPP) dapat disesuaikan dengan lingkungan tempat cabang APIQ?
    Apabila terpaksa dengan mengurangi item yg tidak menunjang secara langsung dalam kegiatan belajar, misalnya kaos, dan stiker.
    Flash Disk digunakan untuk apa?
    trims

  6. Salam, mohon bantuannya ya
    sebuah bilangan terdiri dari dua angka, nilainya sama dengan k kali jumlah angka-angkanya. Jika kedua angka dipertukarkan letaknya, maka diperoleh bilangan yang nilainya sama dengan hasil kali dari jumlah kedua angkanya dengan …
    a. 9-k
    b. 10-k
    c. 11-k
    d. k-1
    e. k+1
    Thx b4

  7. @Ibu Vee, buaran yang terdekat di Cipinang Muara, kalau naik umum, naik Metro Mini 52 turun di SPBU Cipinang Muara, tinggal menyeberang SPBU sampai di APIQ Cipinang Muara, kontak 021-860 2581, terima kasih

  8. mau nnya donk ?? kl rumus ALJABAR yg ini bgmna sih??
    5 ab^2 – 3 c^3 = …
    plisS ksih tau donk cra’n y,, dah buntu bgt neh otak
    haha…,trims

  9. Pak De mau minta tolong lagi nih. 33 pangkat 222 di tambah 444 pangkat 333 dikurang 555 pangkat 444 = ………………….( maaf nulis lambang pangkatnya ga ketemu). ditanyakan berapakah nilai digit satuan dari operasi hitung di atas?
    mohon bantuan jawaban sekaligus penjelasannya yang paling sederhana sehingga mudah menjelaskannya kepada anak2. thanks Pa De sebelumnya.

  10. Silakan perhatikan pola satuannya saja.

    3 pangkatkan beberapa kali akan membentuk pola berulang.
    4 pangkat beberpa kali juga berulang.
    5 apalagi, dipangkatkan selalu berulang.

    Pasti bisa kan?

    Terima kasih…

  11. sy coba pak De, apakah betul jawabannya 8?
    apakah sisa pembagian 27 pangkat 2005 oleh sepuluh adalah 7
    dan apakah sisa pembagian 13 pangkat 2004 kali 13 pangkat 2004 oleh 10 adalah 1 ? mohon penegasan. tapi jujur saya hitung pake kalkulator, saya curiga jangan2 yang bikin soal pasiad juga Pak De orangnya.

  12. ada lg Pak De, yang sy tanya berarti benar2 sy gak bisa ngutak ngatik lg. apabila kita menambahkan 17 ke sebuah bilangan 2 digit terkecil dan membagi hasil penjumlahan tersebut dengan bil satu digit terbesar, maka kita akan memperoleh ……………………
    gitu Pak De, bahasanya sy gak paham, apalgi solusinya. Pak masih bersedia membantu sy toh?

  13. kok ngono wae toh………………knpa gak kepikir ya, matur suwun. ada lagi Pak De,Jika Agus membeli 7 bolpoin maka akan mendapat gratis 3 bolpoin. jika ia memperoleh 74 bolpoin dan setiap bolpoin hharganya Rp.10.000,- Agus harus membayar ……………… Kok jawaban sy ga ada yg cocok, 74 itu sudah dengan gratisannya kan?
    maaf Pak De nanya terus padahal ini soal Pasiad SD tp gurunya aja mash ora mudeng.

  14. kalo cara ngitung sy gini Pak De:
    setiap beli 7 gratis 3, jd kalo beli 49 gratisnya 21, ………………boleh gak? berarti yg 4 itu ga dapet bonus samasekali Pak De, yg jualnya pelit tuh.
    seekor kelinci dengan bergerak 19 langkah ke depan dan 21 langkah ke belakang telah melakukan 380 langkah. posisi kelinci tersebut dari posisi awal adalah ……………apakah jawabannya 2 langkah di blkang?
    sy hitung dg 380 : (19 + 21) + 1…………..sebenarnya angka 1 u/ dengan pilihan yg ada saja. mohon pencerahan

  15. berarti sebenarnya cara sy ga salah2 amat kan Pak De, karena masih ada 20 yg belum sy hitung ……………. he.he … ngeyel ……………
    sy telan dulu deh. ada lg Pak De, ada 6 buah kartu yg di atasnya masing2 dituliskan angka 1,2,3,4,5 dan 6. dari 6 buah kartu tsb akan disusun dua buah bilangan 3 angka. dua bilangan tersebut jika dikurangkan akan menghasilkan selisih angka yang paling kecil. selisih angka terkecil yang mungkin adalah ……………….. jawaban sy 69. apakah ada cara yang lebih meyakinkan selain try and error yg sy coba ?

  16. Salam, Pak Angger… Saya sudah mencari artikel mengenai satuan ukuran kecepatan air/debit tapi sangat sedikit baik penjelasan maupun contoh soalnya ( variasi soal cerita) mohon bantuan bapak menjelaskan bagaimana menyelesaian persoalanl debit air dalam satuan pengukuran untuk pelajaran sd kelas vi. Terima kasih banyak atas bantuan bapak

  17. pa de mo tanya lg……..
    luas persegi panjang ABCD = 9876 cm2. titik E dan F adalah titik tengah dari AB dan CD, sedangkan G dan H adalah titik pada BC dan AD sedemikian sehingga CG = 2GB dan AH = 2 HD. berapa luas EFDH?
    apa 9876 bil istimewa? mohon pencerahan pa De, mksh sblmnya

  18. pa De ada lg. berapa nilai terkecil x + y yang memenuhi persamaan x2 – y2 = 1995 jawabannya ga ketemu juga Pa De. makasih msh terus menjawab pertanyaan sy.

  19. pa De, sy nyerah…… sdh sy coba beberapa angka tp blm ketemu pengurangan 2 bil kuadrat yg menghasilkan 1995. boleh tahu caranya ga? mksh

  20. x^2 – y^2 = (x + y)(x – y) = 1995

    x + y = 1995/(x – y)

    Dengan asumsi (x + y) adalah bulat positif maka nilai terkecilnya adalah,

    x + y = 1
    dengan x – y = 1995

    Berapakah nilai x? Berapa nilai y? (Tampaknya tidak ditanyakan dalam soal).

    x + y = 1
    x – y = 1995

    2x = 1996 ==> x = 998

    Terima kasih…

  21. seperti biasa hrs sy renungkan dulu, Pa De. tp pilihan jawabannya 46, 57, 89, dan 133. sy jadi malu sama meti.
    yg satu ini juga sy blank samasekali.
    ( 1 * 2 ) * 3 jika x * y = x2 + 2xy + y2 (angka 2 diblkng x dan y maksdnya kuadrat) saya malah ga ngert maksudnya, mungkin berapa operasi x dan y yang memenuhi persamaan di atas
    ah bingung Pa De…………
    kalo anak jenius pasti bisa ya

  22. Salam,
    kapan ada di karawang pa ? di sini banyak kursus matematika, tapi belum ada APIQ. Di tunggu kedatangannya.

  23. salam super pak….
    saya nov dari medan..mw nanya pak…
    Elips dengan pusat di (5,1), sumbu utama sejajr sumbu y, panjang sumbu mayor 10, dan panjang sumbu minor 8 memiliki persamaan???

  24. malam pa, saya mau tanya klo APIQ di cianjur sdh ada? klo buka apa ada paket hematnya? maklum cianjur kota kecil pa…:)

  25. tolong jawab ini pa.
    luas selimut sebuah limas persegi = 540
    berapa luas limas tsb beserta volumenya….?

    tolong dijawab lewat e-mail saya juga ya pak. mohon bantuannya.
    saya pusing ngerjainnya.

    Regards, Fakhri.

  26. di rawamangun jakarta dooong kayaknya tertarik nih u anak saya..dia suka mbanget mtk tapi disini ngga ada yg meyakinkan hehehe..

  27. saya perlu animasi untuk anak SD dan SMP lengkap perlu brp CD, dan brp harganya gmn cara mesannya,..thxs – indra di bali

  28. Cara 1:
    Gunakan pengenalan pola:

    (1 – 2^-2)(1 – 3^-2) = (1/2)(3+1)/3
    (1 – 2^-2)(1 – 3^-2)(1 – 4^-2) = (1/2)(4+1)/4
    (1 – 2^-2)(1 – 3^-2)….(1 – 100^-2) = (1/2)(100+1)/100

    Cara 2:
    Uraikan setiap suku:

    = (1 – 1/2)(1 + 1/2) (1 – 1/3)(1 + 1/3) …. (1 – 1/100)(1 + 100)

    Bagian tengah akan saling coret semuanya.
    Misal
    (1 + 1/2)(1 – 1/3) = 1 begitu juga (1 + 1/99)(1 – 1/100) = 1

    Jadi yang tersisa adalah awal dan akhir saja,

    = (1 – 1/2)(1 + 1/100)

    = (1/2) (101/100)
    = 101/200

    Terima kasih…

  29. saya mau tanya ada soal begini, seorang ayah meninggalkan warisan kepada anak2nya 17 ekor sapi, anak pertama mendapat 1/2 bagian anak ketiga mendapat 1/3 bagian dan anak terakhir mendapat 1/9 bagian. dengan tidak memotong seekorpun berapa ekor masing2 anak dpt sapi ? thxs pmn apiq

  30. Pinajam 1 ekor sapi ke Paman APIQ, semua jadi 18 ekor.

    1/2 x 18 = 9
    1/3 x 18 = 6
    1/9 x 18 = 2

    Total 9 + 6 + 2 = 17.

    Sisa 1 kembalikan ke Paman APIQ lagi.

    Terima kasih…

  31. mau tanya nih paman apiq, gmn caranya nyari KPK 60,90, dan 120 itu dengan metode tegak lurus,…kok beda hasilnya dengan cara faktorisasi…thxs

  32. gmn caranya supaya mengubah anak yang tadinya benci sekali sama matematika menjadi senang dan gila belajar matematika,…..

  33. 1 Sebuah persegi, dengan pangjang diagonal 10√2 cm , tentukan keliling dan luas persegi tersebut !
    2 Sebuah persegi, dengan pangjang diagonal 8 cm , tentukan keliling dan luas persegi tersebut !
    3 Sebuah kubus, dengan pangjang diagonal ruang 10√3 cm , tentukan panjang rusuknya !
    4 Sebuah kubus, dengan pangjang diagonal ruang 9 cm , tentukan volumenya !
    5 ∆ ABC, sudut A = 90o, sudut B = 60o, sudut A = 30o. Jika panjang AB = 5 cm, tentukan panjang sisi AC dan BC !
    6 ∆ ABC, sudut A = 90o, sudut B = 60o, sudut A = 30o. Jika panjang BC = 20 cm, tentukan luas ∆ ABC !
    7 Taman bunga, dengan bentuk segitiga sama sisi. Panjang sisinya 6 m. Tentukan luas taman bunga tersebut!
    8 Sebuah belah ketupat, dengan panjang diagonal 24 cm dan 32 cm. Tentukan keliling dan luas belah ketupat tersebut !
    9 Sebuah persegi panjang berukuran panjang 24 cm dan panjang diagonalnya 30 cm. Tentukan Luas persegi panjang tersebut !

  34. tolong bantuin saya y,3 soal aja kok gpp y,sorry!
    soal-1: brapa keliling lingkaran bila memiliki luas 9/11 cm
    soal-2: diketahui bola 1&2 memiliki perbandingan jari-jari r1:r2=3:5 jika luas kulit bola 1 144 π²,maka tentukan luas kulit bola 2
    soal-3: dari 60 orang pelamar,peluang mereka diterima adalah 0,15 tentukan banyak pelamar yang tidak di terima

    itu aja….tolong bantuin ya….sekitar jam 5 atau 6 pagi nanti tlong dijawab ya
    terima kasih !!!! 😀

  35. salam,
    aku boleh nanya kan ??
    ni dia pertanyaannya: untuk menempuh jarak 36km dibutuhkan bensin sebanyak 3 liter,berapa banyak bensin yang diperlukan utnuk menempuh jarak 60 km..?
    oh ya kalau bisa jam 12 malam nanti bisa di jawabkan,plizzzzz minta tolong !!!!!!!!

  36. saya mau tanya ada soal begini, seorang ayah meninggalkan warisan kepada anak2nya 17 ekor babi, anak pertama mendapat 1/2 bagian anak ketiga mendapat 1/3 bagian dan anak terakhir mendapat 1/9 bagian. dengan tidak memotong seekorpun berapa ekor masing2 anak dpt babi ? thxs pmn apiq

  37. Babinya memang ada 17.
    Terus pinjam 1 dari Paman APIQ.
    Jadinya 18.

    1/2 x 18 = 9
    1/3 x 18 = 6
    1/9 x 18 = 2

    Total 17. Sisa 1 kembalikan lagi ke Paman APIQ.

    Salam…

  38. Halo, sya mau bertanya
    OABC adalah layang-layang garis singgung dengan pusat lingkaran O dan jari-jari OA = OC = 15 cm. Jika jarak titik O dan titik A = 25 cm. Maka luas OACB =

  39. Paman APIQ, bisa tolong saya selesaikan soal matematika SD kelas 5?

    1. dik: jarak 90 km, kecepatan 15km, berangkat pukul 06.30
    dit: lama perjalanan dan tiba?

    2. dik: kecepatan 72 km, lama perjalanan 3 jam 20 menit, tiba pukul 12.30
    dit: jarak dan waktu berangkat?

    3. dik: jarak 48 km, waktu berangkat pukul 06.25, tiba pukul 06.55
    dit: kecepatan dan lama perjalanan?

    minta tolong kalau bisa pukul 06.00 pagi ini sudah dibalas ya paman sekalian dengan jalannya.. 🙂
    besar harapan saya APIQquantum buka di medan. Tks

  40. Paman APIQ, buka 1 kursus saja di medan kenapa paman?, atau paman bisa kirimkan detail ke email saya bagaimana membuka program APIQ, mana tahu saya punya teman yang bisa buka program ini di medan. Mohon info nya ya paman.. 😀

  41. paman apiq tolong selesaikan matematika kls 6
    mobil tangki mengalirkan minyak tanah selama satu per dua jam.minyak tanah yang di alirkan sebanyak 3.600 liter.berapa liter/detik debit aliran minyak tanah tersebut?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s