Mengapa 1 Lebih Besar dari 12?

Tentu kita tahu bahwa 12 lebih besar dari 1 tetapi kadang-kadang 1 bisa lebih besar dari 12. Mengapa?

Ilustrasi berikut ini akan membuat semua jadi jelas. Anda berjanji akan datang jam 12 tapi baru datang jam 1 maka Anda terlambat. Itu menunjukkan 1 lebih besar dari 12. Sedangkan bila Anda berjanji akan datang jam 1 tetapi jam 12 sudah datang maka Anda terlalu awal. Itu menunjukkan bahwa 12 lebih kecil dari 1.

Jadi lengkap sudah bahwa 1 lebih besar dari 12 dan 12 memang lebih kecil dari 1. Hal ini bisa terjadi karena kita menghitung jam secara melingkar. Sehingga konsep lebih besar lebih kecil akan bergantung pada titik acuan.

images (5)

Dalam kehidupan nyata kadang terjadi rancu dalam berhitung melingkar. Misalnya tahun 2018 Arab Saudi menyatakan bahwa Idul Adha hari Senin sedangkan di Indonesia Idul Adha adalah hari Selasa maka terjadi perbedaan waktu merayakan Idul Adha. Sebenarnya tidak harus dilihat sebagai perbedaan. Tetapi kita perlu melihat dengan acuan yang tepat.

Acuannya adalah di sebelah barat dari Indonesia tapi masih di sebelah timur Arab Saudi. Jadi ketika Arab Saudi datang Idul Adha maka setelah 1 jam sebelah barat juga Idul Adha, begitu seterusnya sampai setelah 20 jam sebelah barat juga Idul Adha yaitu Indonesia. Jadi Arab dan Indonesia serentak dalam Idul Adha hanya Indonesia harus menunggu 20 jam untuk tiba waktunya.

Bukankah Indonesia di sebelah timur dari Arab? Benar juga. Karena bumi bulat maka dari Arab bila Anda bergerak ke Timur akan tiba di Indonesia, pun bila Anda bergerak ke barat juga akan bertemu dengan Indonesia.

Umpamakan jarum jam dari jam 1 Anda bergerak searah jarum jam akan tiba di jam 3. Bila Anda bergerak berlawanan arah jarum jam juga akan tiba di jam 3.

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s