Tipping Point: Siapa Saja Bisa Menang

Apakah Anda dalam kondisi sulit? Jangan khawatir! Ada tipping point yang bisa mengantarkan Anda bisa menang. Siapa saja bisa berubah drastis. Teori tipping point ini sudah terbukti secara matematika.

Gladwell defines a tipping point as “the moment of critical mass, the threshold, the boiling point”.

Belajar Matematika Game Kuta Bali

Belajar Matematika Game Kuta Bali

 

Tipping point adalah titik kritis di mana perubahan besar bisa terjadi begitu saja hanya karena sedikit usaha. Misal bila Anda memanaskan air dari suhu 10 derajat menjadi 90 derajat maka air itu tetap berupa cairan air meski sudah naik 80 derajat. Tetapi bila Anda memanaskan air dari 90 derajat menuju 100 derajat maka air berubah menja gas uap air meski Anda hanya menaikkan 10 derajat saja.

Banyak fenomena alam memenuhi kondisi krits tipping point ini. Jadi jangan pernah berpikir putus asa. Siapa tahu Anda sudah dekat dengan tipping point maka selangkah lagi Anda sudah sukses luar biasa.

Mengapa saya menulis tipping point?

Karena saya pernah hampir putus asa melihat kondisi Indonesia yang begitu rumit. Dari sisi politik sulit diperbaiki. Dari sisi pendidikan juga tidak kalah sulit. Usaha memperbaiki Indonesia dari sisi mana pun selalu terbentur. Tapi karena ada tipping point saya jadi lebih optimis. Barangkali kita akan tiba waktunya di mana dengan sedikit perbaikan Indonesia melompat jauh lebih baik lagi.

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s