Kunci Sukses Pendidikan Karakter di Indonesia

Pendidikan karakter di Indonesia menjadi sangat penting akhir-akhir ini. Orang sering mengaitkan banyaknya kasus korupsi karena gagalnya pendidikan karakters bangsa. Juga terjadinya bocor ujian di beberapa tempat karena lemahnya pendidikan karakter kita.

Bagaimana agar pendidikan karakter Indonesia sukses mencapai cita-cita yang diharapkan?

APiQ 01 youtube

Tentu tidak mudah menjawabnya! Berikut ini adalah beberapa ide yang bisa menjadi kunci sukses pendidikan karakter di Indonesia.

  1. Pendidikan karakter perlu fokus kepada beberapa karakter utama. Karena jumlah karakter kebaikan itu sangat banyak maka bisa membuyarkan fokus anak didik untuk mempelajarinya. Sehingga kita perlu fokus kepada beberapa karakter utama misalnya: jujur, senang belajar, saling hormat, gigih, dan taat beragama.
  2. Pendidikan karakter adalah proses pendidikan bukan tes untuk memperoleh nilai ujian. Yang paling penting dari pendidikan adalah interaksi guru, siswa, antar siswa, dalam keluarga dan lain-lain. Bukan sekedar memperoleh nilai poin di raport yang bagus.
  3. Pendidikan karakter harmonis dengan pendidikan kompentensi misal pendidikan sains da matematika. Tidak benar membenturkan keduanya misal, yang penting jujur meski tidak menguasai matematika. Yang benar adalah siswa perlu berlatih jujur, gigih, dan menguasai matematika sesuai tanggung jawabnya.

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s