Belajar Matematika: Apa yang Harus Dipelajari SD SMP SMA

Bukankah matematika merupakan pelajaran paling penting di sekolah?

Ya, benar! Matematika memang paling penting. Meski bukan satu-satunya yang penting. Barangkali ada pelajaran lain yang juga penting. Pentingnya matematika dapat kita lihat dengan banyaknya jam belajar matematika di sekolah kita. Di belahan dunia lain juga menempatkan matematika sebagai pelajaran paling penting.

Apa yang harus dipelajari siswa ketika belajar matematika?

A. Anak usia dini pra sekolah.

Makin dini anak belajar matematika maka hasilnya makin bagus. Tetapi terjadi pro kontra untuk mengajarkan matematika kepada anak usia dini. Sebagian ahli melarang kita mengajarkan matematika untuk anak usia dini. Karena khawatir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Di sisi lain banyak orang tua yang ingin anaknya jago matematika sejak awal.

APIQ Beasiswa

Menurut saya, belajar matematika dari anak usia dini adalah bagus. Apa lagi menggunakan metode APIQ pasti lebih asyik. Yang tidak boleh adalah mengajarkan konsep matematika abstrak kepada anak usia dini. Ditambah lagi dengan menghafal matematika maka makin memberatkan anak usia dini.

Untuk anak usia dini hanya perlu mempelajari konsep dasar matematika yaitu ada sesuatu yang bisa dihitung. Itu saja! Anak-anak juga paham ada 1 jeruk, 2 jeruk, dan banyak jeruk. Bila 1 jeruk ditambah jeruk lagi maka jumlah jeruk jadi bertambah. Bila diambil maka sisanya akan berkurang.

Tentu saja semua dipelajari dalam suasana riang gembira!

Bila anak menguasai baca tulis angka itu suatu bonus saja. Yang paling penting anak mampu berpikir kuantitatif sederhana dan mampu berpikir sebab akibat dari konsep hitung dasar itu.

Untuk tingkat SD, SMP, SMA, dan perguruan tinggi akan kita bahas di tulisan berikutnya.

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat…
angger | agus Nggermanto | Pendiri APIQ

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s