Apa Tujuan Belajar Matematika SD

Mengapa repot-repot belajar matematika?

Apalagi di sekolah kita, jam belajar matematika adalah yang terbanyak di antara jam belajar pelajaran lain. Jadi bila siswa mendapat tujuan belajar matematika yang tepat maka mereka memperoleh manfaat terbesar. Tapi bila tujuan belajar matematika salah maka mereka rugi dengan kerugian terbesar.

Berikut ini adalah beberapa tujuan penting belajar matematika SD.

TK SD 2 Animasi

  1. Siswa mampu berhitung. Khususnya berhitung dasar menjadi penting bagi siswa kita. Operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dasar menjadi keterampilan anak-anak. Anak-anak menguasai berhitung dengan cara memahami konsep dan kombinasi sedikit hafalan.

    Catatan: Berhitung tingkat tinggi tidak harus dikuasai siswa. Barangkali siswa tetap perlu mempelajari cara berhitung tingkat tinggi dengan tujuan sekedar tahu caranya atau setidaknya tahu cara menggunakan alat bantu bila diperlukan.

    Anak SD seharusnya paham bahwa 24 + 9 = 33. Tetapi boleh saja anak SD tidak dapat menghitung langsung 12345 x 6789 asalkan anak SD punya ide cara menghitungnya. Misal dengan perkalian susun atau perkalian cepat bintang APIQ atau bila diijinkan menggunakan kalkulator.

  2. Siswa yakin ada solusi tertentu untuk masalah tertentu. Matematika mendidik anak-anak berpikir dengan pasti pada situasi kondisi yang terbatas dan diketahui. Misal solusi 3 + 2 adalah pasti 5. Hal ini membekali anak didik kita berani mengambil keputusan penuh keyakinan. Misalnya lagi persegi dengan panjang sisi 5 maka luasnya adalah 5 x 5 = 25. Anak didik yakin dengan solusi itu. Tetapi anak didik juga harus sadar bahwa mungkin saja jawabannya tidak tepat bila bangun tersebut tidak persegi ideal.

    Jadi, di satu sisi anak-anak yakin dengan caranya menyelesaikan masalah dan di saat yang sama mereka juga terbuka dengan ide-ide yang mungkin saja berbeda.

  3. Siswa menikmati petualangan berpikir matematika. Berpikir matematika adalah petualangan pemikiran yang penuh tantangan. Dengan mengenalkan matematika secara bertahap maka anak-anak berkesempatan mencicipi indahnya petualangan matematika. Matematika dapat kita pandang sebagai alat bantu untuk memecahkan masalah. Tetapi matematika juga dapat kita pandang sebagai tujuan itu sendiri. Tujuan anak-anak belajar matematika adalah berpetualang dalam dunia pemikiran.

    Tampaknya petualangan matematika adalah tugas paling sulit bagi guru-guru. Karena menyelesaikan tuntutan kurikulum saja sudah sangat sulit bagaimana mungkin bersenang-senang? Padahal dengan sistem metode yang tepat anak-anak akan berhasil menyelesaikan kurikulum dan sekaligus berpetualang dalam matematika.

Masih ada beberapa ide tentang tujuan belajar matematika SD. Kita dapat mendiskusikan pada kesempatan lainnya.

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat…
angger | agus Nggermanto | Pendiri APIQ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s