Siswa Menangis Karena Soal UN Mirip Olimpiade

Tahun ini kita mendengar kabar bahwa banyak siswa SMP yang menangis karena soal UN (Ujian Nasional) matematika yang sulit. Awalnya saya tidak percaya dengan sulitnya soal UN matematika SMP. Karena siang hari setelah selesai UN matematika saya tanya kepada anak saya yang baru saja mengerjakan UN SMP.

“Bagaimana soal UN matematika kali ini?”
“Mudah, biasa saja,” jawab anak saya yang kelas 9 SMPN 15 Bandung.
“Mudah bagi kamu. Bagaimana menurut teman-teman kamu?”
“Harusnya teman-temanku juga bisa. Karena soal yang diujikan biasa saja.”

Sampai di situ saya berpikir soal UN matematika SMP memang biasa saja. Saya tahu anak saya sudah terbiasa dengan soal matematika SMP dan beberapa soal matematika SMA. Anak saya juga sering mengikuti lomba olimpiade matematika tingkat SMP dan SMA. Tetapi anak saya melanjutkan,

“Saya tidak mengerti mengapa teman-teman mengeluh katanya soalnya sulit-sulit.”

Informasi terus bergulir. Telepon mulai berdering menceritakan bahwa soal UN SMP sulit. Banyak siswa menangis karena sulit mengerjakan soal UN. Dengan makin banyaknya informasi yang masuk saya mulai dapat mengelompokan siswa dalam menghadapi soal UN matematika SMP tahun 2016 ini.

UN 2016 Soal

Pertama, mayoritas siswa mengalami kesulitan mengerjakan soal UN SMP.  Kedua, sedikit siswa yang merasa mudah mengerjakan soal UN adalah mereka yang terbiasa mengikuti lomba olimpiade matematika..

Saya menduga barangkali soal UN SMP kali ini memang memasukkan beberapa soal tipe olimpiade. Dugaan ini benar adanya setelah saya mendapat sedikit contoh soal UN matematika SMP 2016 ini. Bahkan bukan hanya tipe olimpiade tetapi juga terdapat soal tipe PISA. Semestinya kita sadar bahwa soal UN saja itu sudah cukup “menguji” bagi siswa SMP dengan kemampuan rata-rata. Bila sedikit ditambah soal tipe olimpiade maka bisa dipastikan tipe soal tersebut memberatkan para siswa dan mengakibatkan siswa menangis.

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat…
angger | agus Nggermanto | Pendiri APIQ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s