(3) Kompetisi Meski Penting Tetap Main-Main

Sehebat apa pun kompetisi tetap merupakan suatu permainan. Kompetisi adalah game di mana ada yang menang dan lebih banyak lagi yang kalah. Untuk dapat memenangkan kompetisi sepenuhnya maka kita perlu memahami kompetisi lebih dalam lagi. Berikut ini adalah pemahaman kompetisi yang penting untuk Anda.

Pertama, kompetisi adalah permainan. Maka yang terpenting dari kompetisi adalah menikmati kompetisi itu sendiri.

Saya bertanya kepada salah seorang pemain catur senior,”Apakah Anda senang bila menang catur?”

“Tentu saya senang.”

“Bagaimana bila kalah?”

“Bila kalah saya merasa senang juga.”

Bagaimana mungkin kalah juga merasa senang? Teman saya itu menjelaskan. Ia menikmati strategi catur dia yang terbaik. Tapi lawan mengembangkan strategi lebih indah lagi. Itu mengagumkan dan menyenangkan bagi mereka.

Belajar matematika mudah dan cepat

Belajar matematika mudah dan cepat

Kedua, kompetisi mempunyai tujuannya sendiri dan tujuan lainnya. Tujuan kompetisi adalah memilih sang pemenang. Tujuan yang lainnya kadang lebih penting. Yaitu menjadikan para kontestan lebih baik, yang menang atau yang kalah.

Saya pernah ikut kompetisi badminton di kelurahan. Jelas tujuannya adalah memilih juara badminton di kelurahan itu. Tapi tujuan yang lebih penting adalah membangun persahabatan dan persatuan antar warga kelurahan.

Satu tim badminton protes kepada panitia karena merasa diperlakukan tidak adil. Terjadilah debat sengit dengan panitia. Tidak ada yang mengalah sampai terjadi pertengkaran mulut dengan keras. Tim yang merasa dicurangi protes dan akhirnya mengundurkan dari kompetisi.

Kompetisi memang dapat dilanjutkan dan pada akhirnya ada juaranya. Tetapi tujuan yang lebih penting dari kompetisi, yaitu memperkuat persaudaraan, justru gagal diraih. Sebelum semua lebih parah, saya mendekati tim yang dicurangi. Mengajak mereka untuk berdamai. Secara terpisah saya mendekati panitia mengajak berdamai. Dengan pendekatan bertahap akhirnya mereka dapat berdamai dan makin bersahabat.

Bagaimana dengan kompetisi Anda? Apa tujuan yang lebih penting dari kompetisi itu? Apakah tujuan lebih penting itu dapat Anda raih? Pastikan Anda berhasil meraih tujuan yang lebih penting. Bahkan, tujuan ini, dapat diraih oleh sang juara atau pun yang kalah.

Ketiga, setiap orang adalah juara dalam kompetisi tapi juga pecundang. Anda menang dalam kompetisi? Bagus! Anda kalah dalam kompetisi? Bagus juga. Mengapa? Karena ketika Anda kalah dalam kompetisi maka Anda telah memberi kesempatan pihak lain untuk menang.

Anda barangkali kalah dalam sepak bola tapi menang dalam catur. Anda kalah dalam menggambar tapi menang dalam lomba menyanyi. Anda kalah dalam kompetisi sastra tapi menang kompetisi matematika.

Anda dan setiap anak berhak menjadi juara. Tapi tidak harus jadi juara di segala bidang. Jadilah juara di bidang Anda sendiri. Tingkat kemampuan Anda. Raih juara dan berikan yang terbaik untuk alam semesta.

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat…
angger | agus Nggermanto | Pendiri APIQ

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s