Apakah Setiap Anak Harus Cerdas?

Apakah anak Anda harus cerdas?
Atau apakah setiap anak harus cerdas?
Seberapa penting anak harus cerdas?

Jawabannya adalah ya! Anak Anda harus cerdas. Tetapi tidak harus cerdas banget. Tidak harus sangat cerdas. Cukup cerdas saja itu sudah cukup.

Workshop KKJM 15

Penelitian TIMSS dan PISA akhir-akhir ini memperkuat bahwa anak Anda harus cerdas. Bangsa yang maju adalah bangsa yang putra-putrinya cerdas dalam bidang matematika. Jadi, anak Anda cerdas maka sukses. Lebih dari itu anak cerdas membantu negara lebih maju lagi. Anda ikut serta memajukan negeri ini.

Mengapa tidak perlu cerdas banget?

Lagi, sebuah penelitian yang dinukil Gladwell, di antara beberapa anak cerdas maka lebih cerdas menjadi tidak penting. Maksudnya, di antara beberapa anak cerdas yang IQ nya di atas 120 maka perbedaan IQ yang lebih tinggi menjadi tidak berarti. Anak Anda yang ber IQ 130 dengan IQ 135 tidak ada beda signifikan dalam meraih sukses. Tetapi faktor lain semacam ketekunan lebih menentukan – juga keberuntungan.

Einstein bukan orang paling tinggi IQ nya. Tetapi Einstein termasuk orang paling sukses. Einstein beruntung karena tekun dan tepat memilih fokus.

Apakah anak Anda IQ di atas 120? Bersyukurlah! Anda termasuk golongan orang cerdas. Apakah anak Anda perlu juara olimpiade?

Nah…pengamatan saya kepada beberapa anak juara olimpiade konsisten dengan penelitian di atas. Mereka yang juara olimpiade bukanlah yang paling cerdas. Bukan pula yang paling ber IQ tinggi. Tetapi sudah pasti mereka cerdas. Ditambah mereka memiliki fokus, tekun, dan beruntung.

Tetapi apakah juara olimpiade itu penting?

Bergantung kepada Anda. Bisa penting, bisa juga tidak penting. Tidak penting bila Anda menitik beratkan pada penguasaan keilmuan. Anda bisa belajar matematika seperti biasa untuk menguasai ilmu matematika. Juara olimpiade menjadi penting bila Anda ingin melatih mental kompetisi dan meraih beragam beasiswa berdasar prestasi olimpiade.

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat…
angger | agus Nggermanto | Pendiri APiQ

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s