Matematika Olimpiade Non Rutin Menjadi Terbiasa

Dalam matematika terdapat banyak soal tantangan. Soal olimpiade bertujuan untuk memunculkan soal tantangan yang bersifat non rutin. Ketika seseorang membaca soal olimpiade maka respon pertama adalah berpikir dengan cara apa kita akan dapat menyelesaikan soal ini?

Berbeda dengan soal matematika biasa yang bersifat rutin yaitu ketika seseorang membaca soal maka dia sudah tahu bahwa soal ini akan diselesaikan dengan cara rumus tertentu. Tugas kita adalah menerapkan rumus tertentu untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi. Hal ini penting untuk semua siswa. Agar semua siswa mendapat wawasan bahwa ada cara sistematis untuk menangani suatu masalah.

Kembali ke masalah non rutin, kita bahkan tidak yakin dengan cara apa menyelesaikannya. Berikut ini contoh sederhana soal matematika olimpiade non rutin. Silakan mencobanya.

Segitiga Persegi

Tetapi dengan latihan soal non rutin menjadi mudah. Awalnya sulit pada akhirnya menjadi mudah. Siswa menjadi terbiasa. Bagaimana caranya? Silakan berkunjung ke APiQ terdekat! Anda juga dapat bergabung dengan program pembinaan olimpiade matematika APiQ.

APIQ Waroeng Bima

Salam hangat…

angger | agus Nggermanto | Pendiri APiQ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s