Lebih Penting Paham Konsep atau Hitung Cepat?

Mana yang Anda pilih?
Paham konsep?
Atau berhitung cepat?

Pilih dua-duanya! Paham konsep dan mampu berhitung cepat. Baik, itu adalah pilihan bagus. Bila Anda atau siswa Anda dapat menguasai dua-duanya. Tetapi bila terpaksa harus menyusun urutan prioritas maka mana yang lebih utama dari paham konsep atau hitung cepat?

Bimbel APiQ 3 online

Paham konsep dan hitung cepat merupakan dua hal yang saling berkaitan. Untuk dapat memahami konsep dengan baik maka anak Anda harus mampu berhitung cepat. Sedangkan agar siswa Anda mampu berhitung cepat maka siswa harus memahami konsep dasarnya.

Dalam banyak hal matematika, menurut saya, paham konsep adalah lebih utama. Jadi bantu anak memahami konsep dasarnya secara sekilas. Lalu bantu anak dengan berhitung cepat yang mudah untuk menambah pemahaman konsep tersebut. Dengan cara ini anak akan menjadi lebih mudah memahami konsep matematika. Pada gilirannya anak akan menerapkan konsep untuk berhitung yang lebih rumit. Maka penguasaan hitung cepat menjadi penting di sini.

Hanya paham konsep tanpa mampu berhitung cepat menjadikan anak frustasi. Meski kalkulator dapat membantu, hasil hitung kalkulator tetap beda dengan hasil hitung cepat personal. Kalkulator menjadi penting jika kita membutuhkan ketelitian. Pada kenyataannya kita lebih sering membutuhkan ketepatan berhitung dan itu adalah khas milik manusia.

Sedangkan hanya mampu berhitung cepat tanpa paham konsep menjadi tak berguna. Apa yang akan dihitung? Apa kegunaan berhitung bila tanpa konsep? Berhitung cepat menjadi penting ketika kita sudah memiliki tujuan.

Jadi, paham konsep dan berhitung cepat pada akhirnya menjadi penting dua-duanya. Meski proses pembelajarannya dapat saja bertahap agar lebih efektif.

Silakan bergabung dengan APiQ untuk menguasai konsep dan hitung cepat.

APIQ Waroeng Bima

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat…
angger | agus Nggermanto | Pendiri APiQ

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s