Rahasia Sukses Belajar Matematika

Matematika adalah pelajaran yang ekstrem. Mengapa ekstrem? Bagi yang suka matematika maka ia suka banget. Sedangkan bagi yang mengalami kesulitan maka matematika menjadi pelajaran paling sulit sedunia.

Lalu bagaimana cara belajar matematika agar sukses?

Pertama, bagaimana pun matematika adalah masalah memahami konsep. Jadi coba pahami matematika dari konsep dasarnya meski hanya sekilas. Bahkan memang seharusnya kita cukup memahami konsep dasarnya saja. Sedangkan untuk pengembangan konsep kita pahami kemudian.

Cara memahami konsep adalah dengan memahami proses berpikir matematika. Cara ini akan berhasil untuk beberapa konsep matematika dasar tetapi kadang sulit untuk matematika tingkat tinggi atau matematika terapan. Alternatifnya adalah mencoba beberapa contoh maka akan membantu kita untuk memahami konsep.

Kedua, belajar melalui ilustrasi gambar visual. Gambar bermakna seribu kata. Maka gambar dapat menjelaskan banyak hal dengan cara mudah. Beruntung bila dalam buku matematika tersedia gambar ilustrasi yang membantu. Bila tidak ada ilustrasi maka kita perlu membuat ilustrasi sendiri untuk membuat lebih jelas.

Ketiga, bermain game matematika. Tidak banyak game matematika yang tersedia khususnya untuk matematika yang cukup tinggi. Biasanya game matematika hanya tersedia untuk berhitung dasar. Untungnya APiQ menyediakan banyak game matematika sampai tingkat lanjut misalnya game trigonometri, game persamaan kuadrat, game limit, game turunan, game integral, atau game kalkulus.

Silakan bergabung dengan APiQ terdekat di Bandung, Tulungagung Jawa Timur, atau Jakarta. Anda juga dapat bergabung dengan APiQ online di http://www.apiQQuantum.com kapan saja di mana saja.

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s