Nilai Raport Jelek Menjadi Baik, Bagaimana Caranya?

Musim penerimaan raport telah tiba tiap akhir semester. Beberapa anak dan orang tua gembira karena memperoleh nilai sesuai harapan. Tetapi ada pula orang tua dan siswa yang bersedih karena nilai raport jelek tidak sesuai harapan.

Bagaimana cara mengubah nilai raport yang jelek menjadi baik?

Ada beberapa cara yang dapat Anda tempuh untuk memperbaiki nilai raport.

1. Nilai raport adalah petunjuk untuk lebih baik. Bukan hasil akhir yang sudah pasti. Bila raport Anda baik maka pertahankan dan tingkatkan. Tapi bila nilai raport buruk maka itu adalah petunjuk ada banyak hal yang bisa Anda perbaiki.

2. Komunikasi dengan anak untuk mendapatkan solusi. Raport buruk bukan semata kesalahan anak. Rapor buruk adalah petunjuk untuk perbaikan. Cobalah berkomunikasi dengan anak dari hati ke hati. Bukan menghakimi tetapi coba untuk merumuskan solusi.

3. Komunikasi dengan guru atau sekolah. Adakalanya – dan bahkan sering – kita perlu komunikasi dari beberapa sudut pandang untuk mendapatkan informasi terbaik. Tentu saja guru adalah narasumber terpercaya Anda. Dari komunikasi ini kita akan memperoleh banyak masukan.

Bima SD SMP SMA

Langkah-langkah di atas adalah untuk mengumpulkan informasi penting. Kesalahan langkah di atas dapat berakibat fatal berupa uring-uringan antara anak dan orang tua. Tetapi dengan semangat kerja sama tentuk anak dan orang tua dapat maju bersama. Berikutnya adalah merumuskan solusi praktis untuk menaikkan nilai raport anak Anda.

  1. Memperbaiki cara belajar. Barangkali anak Anda tipe belajar visual, kinestetik, atau auditorial maka sesuaikan. Lebih baik lagi bila dapat memfasilitasi 3 modus cara belajar di atas.
  2. Menyusun jadwal belajar. Anak-anak perlu disiplin dalam jadwal belajar. Tentu kita tetap perlu mempertimbangkan dunia anak-anak adalah dunia bermain. Jadi disiplin belajar tetap memberi ruang bagi anak-anak bermain.
  3. Temukan komunitas belajar yang tepat. Komunitas dapat berpengaruh bersar pada kemajuan anak Anda. Barangkali kelompok belajar, bimbingan belajar, kursus, privat, dan lain-lain dapat membantu anak Anda untuk lebih fokus belajar.

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat…

angger | agus Nggermanto | Pendiri APiQ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s