Berhitung Cepat Tapi Makin Teliti

Bagaimana cara berhitung cepat dan teliti?

Bayangkan betapa senangnya hati kita, betapa gembiranya anak kita mampu berhitung cepat dan teliti. Tapi bagaimana caranya?

Mari kita ikuti 5 tips Paman APiQ berikut agar berhitung cepat makin teliti.

Video Multimedia Pembelajaran Matematika

Video Multimedia Pembelajaran Matematika

1. Penuh keyakinan makin cepat makin teliti

Banyak orang mengira makin cepat menghitung maka makin banyak kesalahan. Maka agar teliti kita harus berhitung dengan hati-hati serta memperlambat. Yang terjadi adalah sebaliknya! Makin cepat Anda dalam berhitung maka makin teliti Anda.

Mengapa? Karena berhitung mirip juga dengan naik sepeda. Makin lambat Anda naik sepeda maka makin sulit bagi Anda untuk seimbang. Sedangkan bila Anda naik sepeda dengan cukup cepat maka keseimbangan justru terjaga. Begitulah berhitung, mirip dengan naik sepeda.

2. Kuasai teknik berhitung yang mudah

Karena mudah maka mudah juga bagi kita untuk menjamin ketepatannya. Misal perkalian dengan 10 adalah tinggal menambahkan 0 di belakang angkanya. Perkalian dengan jumlah satuan 10 dan puluhan kembar adalah tinggal mengalikan dengan kakaknya.

28 x 22 = … … … = 2.(2+1)|2.8 = 616
74 x 76 = … … … = 7.(7+1)|4.6 = 5624
93 x 97 = … … … = 9.(9+1)|3.7 = 9021

63 x 67 = … … …
42 x 48 = … … …
53 x 57 = … … …

Paman APiQ sudah mengembangkan banyak teknik berhitung cepat yang mudah. Silakan menguasainya dengan baik. Anda juga dapat bergabung dengan bimbel APiQ online http://www.apiQQuantum.com .

Metode berhitung cepat teknik bintang adalah cara berhitung cepat yang serba bisa. Jadi silakan menguasai jurus bintang untuk Anda.

3. Menguji ketepatapan dengan pendekatan

Metode pendekatan atau PDKT adalah cara berhitung paling masuk akal. Soal matematika dalam berbagai test banyak dapat kita selesaikan dengan mudah menggunakan pendekatan khususnya tipe soal pilihan ganda. Dengan cara yang sama kita dapat menguji apakah jawaban berhitung kita sudah tepat dengan PDKT.

Misal kita tahu bahwa 100 x 100 =10.000 maka bila kita mendapat soal 105 x 107 maka jawabannya pasti sedikit lebih besar dari 10.000. Bila mendapatkan jawaban kurang dari 10.000 pasti ada yang salah.

4. Menguji ketelitian dengan satuan

Tentu yang paling mudah adalah melihat satuan dari hasil perhitungan. Bila kita menghitung 42 x 73 maka satuan pasti 6. Cara satuan sangat mudah. Bila kita gabungkan dengan menguji PDKT maka satuan menjadi sangat berguna.

5. Menguji ketelitian dengan jumlah angka

Jumlah angka merupakan trik matematika yang cerdik. Memanfaatkan jumlah angka akan meningkatkan kemampuan Anda dalam berhitung dan teliti.

21 x 21 = 441
(3)   (3)       (9)

Jumlah angka 21 = 2 + 1 = 3.

Karena dikalikan dengan 3 maka jumlah angka harus 3 x 3 = 9. Dan 441 jumlah angkanya memang 9. Jadi jawaban 441 adalah jawaban yang benar sesuai syarat perlu jumlah angka.

Hebatnya lagi, jumlah angka ini berlaku juga untuk operasi matematika yang lain seperti kuadrat, pangkat 3, dan lain-lain. Silakan berlatih dengan tips Paman APiQ di atas maka berhitung cepat dengan teliti akan menjadi milik Anda.

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat…
angger | agus Nggermanto | Pendiri ApiQ

One response to “Berhitung Cepat Tapi Makin Teliti

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s