Menyehatkan Pikiran Dengan Mengenali Pola Angka

Cara paling mudah menyegarkan pikiran adalah dengan menebak-nebak pola matematika. Paman APiQ sering memberi tantangan berupa mengenali pola. Ayo bermain tebak-tebakan mengenali pola!

Deret ABC

Silakan tebak A, B, dan C. Tebakan boleh apa saja. Tebakan dari satu orang boleh saja berbeda dengan yang lain. Cara menebak juga boleh berbeda. Hasil tebakan juga boleh berbeda. Yang harus Anda lakukan hanya menebak, berpikir dengan beragam cara, dan bergembira.

Berbeda dengan rumus matematika, menebak pola terasa lebih ringan. Pola mengantar kita untuk menyelesaikan matematika dengan cara yang lebih kreatif. Sedang rumus matematika membantu kita menyelesaikan matematika dengan formal dan tentu lebih berat.

Para ahli matematika menggunakan cara mengenali pola untuk menemukan inovasi-inovasi matematika. Setelah mereka mulai menemukan bentuk pola kemudian mengembangkan rumus formal. Sayangnya di dunia pendidikan terbalik. Siswa hanya diijinkan mempelajari rumus formal. Sedangkan mengenali pola seakan dijauhkan dari pendidikan? Padahal mengenali pola menjadikan pikiran siswa lebih segar.

Untuk contoh di atas berapa nilai A? Barangkali tebakan kita A = 52. Sebuah tebakan yang bagus. Bagaimana caranya? Kita lihat selisihnya adalah 7, 6, 5, dan selanjutnya 4. Maka 48 + 4 = 52.

Selanjutnya silakan menebak B dan C.

Lebih lengkap belajar matematika silakan bergabung dengan bimbel APiQ online http://www.apiQQuantum.com .

Meski pola sangat asyik tetapi kita harus tahu ada beberapa hal yang polanya sulit ditebak atau pola transenden. Di mana pola angkanya tidak berhubungan langsung dengan data yang kita punya. Contoh:

4347,8495, 3684, 7148, … … …

Berapakah angka berikutnya? Sulit sekali menebaknya kan? Itu adalah 4 angka yang muncul dari undian lotere di suatu tempat. Polanya transenden tidak berhubungan dengan data-data yang ada. Jenis pola semacam ini seharusnya kita hindari.

Contoh lagi,

1, 14, 51, 124, 245, … … …

Silakan menebak selanjutnya! Tidak  mudah bukan? Deret di atas adalah contoh sederhana deret transenden. Sebaiknya contoh seperti di atas dihindari.

Un = 2n^3 – n

=n(2n^2 – 1)

Meski ada rumus yang pasti seperti di atas tetapi rumus-rumusnya terdapat angka-angka dan operasi-operasi yang tersembunyi. Jadi perlu kita hindari.

Mari kembali ke contoh soal pola yang benar misalnya adalah silakan tebak berikutnya.

1, 4, 9, 16, 25, … … …

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat…

angger | agus Nggermanto | Pendiri APiQ

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s