Cara Belajar Matematika Mudah dengan Game Orisinal APiQ

Bagaimana cara belajar matematika agar mudah?
Bagaimana agar anak-anak tidak takut matematika?
Bagaimana agar matematika menjadi menyenangkan?

Temukan jawabannya bersama Paman APiQ. Bahkan cara belajar matematika yang mudah cukup memanfaatkan game matematika orisinal. Silakan bergabung dengan training APiQ 21 November 2015 di Jakarta untuk menikmati petualangan asyik matematika.

Info dan daftar : 0818 22 0898 | quantumyes@yahoo.com

Game terbaru APiQ adalah kartu minion – nama sebenarnya kartu game minimax APiQ. Meski 1 kartu tetapi dapat kita manfaatkan untuk beragam jenis game matematika. Kali ini kita akan membahas 3 jenis game kartu minion.

APiQ Minion Kartu

1) Sulap Matematika Median

Tatalah 5 x 5 kartu. Lalu minta Al untuk membayangkan satu kartu yang paling disukai. “Di kolom mana yang kamu bayangkan?” tanya Paman APiQ. “Kolom 4,” jawab Al. Paman APiQ kemudian mengocok kartu minion dan menata kembali menjadi 5 x 5. “Sekarang ada di kolom mana?” “Kolom 5.”

Paman ApiQ mengocok kembali kartu. Dengan posisi kartu tertutup Paman APiQ dapat menebak kartu yang dibayangkan Al. “Wow…kok bisa ya?” Al kagum. Paman APiQ dapat melakukan tebakan tersebut dengan konsep median atau nilai tengah sesuai jurus matematika.

2) Game minimal maximal versi penjumlahan

Permainan matematika minimax penjumlahan adalah tujuan utama dibuatnya kartu minion. “Lagi-lagi…aku mau main lagi!” seru Meti kecil minta main minion lagi. Game ini menjadikan anak-anak ketagihan untuk berhitung memenangkan nilai minimum atau maksimum.

Dalam versi penjumlahan maka anak-anak akan berhitung menjumlahkan nilai 2 atau 3 kartu minion kemudian hanya memperhatikan nilai satuan. Mereka bersaing untuk mendapatkan nilai terkecil (minimum) atau nilai terbesar (maksimum). Di sinilah rasa penasaran menjadi muncul. Ketika anak-anak berharap akan berlomba nilai terbesar ternyata permainan mengharuskan memiliki nilai terkecil. Seru sekali!

3) Game minimal maximal versi kutabali

Awalnya, Paman APiQ mengira minion kutabali adalah versi canggih dari minion penjumlahan. Setelah dipraktekkan, minion kutabali lebih dari sekedar versi canggih. Kutabali memancing anak-anak lebih kreatif memanfaatkan segala kemampuan dalam berhitung.

Dalam versi jumlah anak-anak memiliki kepastian dalam menghitung angka-angka. Tetapi versi kutabali memberi kesempatan anak-anak memilih puluhan alternatif menghitung angka-angka yang asyik. Mereka penuh semangat berjuang mendapatkan nilai minimum atau maximum. Bonusnya anak-anak jadi jago matematika.

APIQ Jakrta November

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat…
angger | agus Nggermanto | Pendiri APiQ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s