Mengapa Matematika Bisa Tampil Menyenangkan? Tapi Kadang menakutkan?

Sebagian besar anak menganggap matematika itu menakutkan. Bahkan orang dewasa juga menganggap matematika itu susah dan menyulitkan. Tapi bila kita mengetahui rahasianya maka matematika itu jadi menyenangkan dan bahkan bikin penasaran. Berikut ini 5 tips pilihan dari Paman APiQ.

  1. Gunakan permainan yang tak terduga.

Salah satu permainan matematika yang paling seru adalah dengan dadu. Apakah Anda pernah mengira bahwa dadu adalah tool matematika yang asyik?

Dadu APiQ Kuning

“Lemparkan dadu ini!” kata Paman APiQ.

Lalu Geo melempar dadu.

“Ada satu mata dadu yang tidak tampak. Paman APiQ bisa melihat tembus pandang mata dadu yang tidak terlihat adalah 5,” kata Paman APiQ. Geo membuka, melihat mata dadu yang tidak terlihat memang 5 benar.

“Wow…kok bisa ya!?”

“Sekarang tumpuklah dua dadu dengan acak. Paman APiQ akan bisa menghitung jumlah dari seluruh mata dadu yang tidak terlihat.” Geo mengacak dua dadu lalu menumpuk. Benar saja, Paman APiQ tetap bisa menghitung mata dadu yang tidak tampak. Lalu dilanjutkan dengan tumpukan 3 dadu. Permainan makin seru!

Bagaimana cara paman APiQ melakukannya? Paman APiQ menggunakan rumus matematika yang sederhana. Geo kemudian mempelajari rumus itu dan langsung bisa. Belajar matematika memang menyenangkan!

2. Perkalian Bintang 2 yang Cepat dan Sederhana

Perkalian bintang yang mudah dan cepat menjadikan anak-anak senang dengan matematika. Keunggulan jurus bintang adalah menjadikan anak-anak mampu berhitung cepat perkalian dalam bentuk apa saja. Jadi jurus bintang adalah jurus bintang sejagad yang bisa digunakan untuk seluruh berhitung cepat perkalian. Asyik kan…?

3. Perkalian Cepat dengan Gambar Garis

Perkalian cepat dengan garis ini lebih sederhana dari bintang. Bahkan perkalian garis dapat kita pandang sebagai metode bintang yang lebih sederhana. Hanya dengan menggambar garis saja anak-anak dapat berhitung cepat perkalian. Seru kan?

4. Sulap Uji Kejujuran

Matematika lebih keren lagi tampil dengan sulap uji kejujuran. Dengan sulap yang menyenangkan ini, anak-anak menguasai matematika cepat untuk penjumlahan dan akar kuadrat. Untuk materi lain Paman APiQ juga sudah menyiapka materi yang sangat seru dalam bentuk sulap matematika.

5. Aritmetika Istimewa

Beberapa bentuk berhitung cepat istimewa menjadikan anak-anak lebih senang matematika. Berhitung kuadrat dengan puluhan bebas dan satuan 5 adalah contoh yang asyik. Bentuk kuadrat ini bisa kita perluas ke bentuk perkalian yang makin seru. Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat…

angger | agus Nggermanto | Pendiri ApiQ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s