Dari Matematika yang Mudah Menuju Matematika Susah

Matematika itu lebih banyak yang mudah atau yang susah?

Matematika bertujuan untuk memudahkan manusia. Tetapi kenyataannya matematika sering membuat manusia lebih susah. Tanpa matematika kita bebas melakukan sesuatu dengan langsung mencobanya. Dengan matematika kita harus melakukan perhitungan yang rumit untuk mencoba suatu hal.

Mari kita ambil suatu contoh.

“Dari 6 orang hanya 2 orang saja yang dapat mengemudi mobil akan naik mobil dengan kapasitas 6 kursi. Ada berapa cara menyusun tempat duduk mereka agar dapat bepergian dengan mobil tersebut?”

Dalam kehidupan sehari-hari, contoh di atas tidak pernah jadi masalah kan? Dari 2 orang yang bisa mengemudi tinggal dipersilakan untuk duduk di kursi sopir lalu sisanya bebas mengambil tempat duduk yang tersedia.Tetapi dengan matematika kita perlu melakukan perhitungan yang kadang tidak mudah. Bila kita coba menghitung contoh soal di atas ternyata banyak sekali alternatif cara menyusun tempat duduk.

Bima SD SMP SMA

Pertanyaan selanjutnya, apa sebenarnya manfaat matematika? Apakah layak kita dan anak-anak menghabiskan banyak waktu untuk belajar matematika? Apakah tidak lebih penting agar anak-anak menghabiskan waktu untuk belajar bisnis menghasilkan uang?

Paman APiQ sudah sering membahas manfaat matematika dari banyak sudut pandang. Pertama matematika memang tidak berguna bagi siapa saja yang tidak ingin memanfaatkan matematika. Jadi, manfaat matematika adalah pilihan. Bisa saja tidak ada manfaat bagi seseorang. Di sisi lain matematika sangat bermanfaat khususnya bagi guru-guru matematika kan? Bagi orang secara umum matematika juga bermanfaat misal untuk transaksi jual beli sehari-hari.

Kedua matematika menjadi modal Anda untuk meraih sukses di dunia pendidikan selanjutnya di sukses karir. Sudah kita ketahui hampir semua jenjang pendidikan mensyaratkan lulus tes matematika untuk dapat menyelesaikan studi dan untuk melanjutkan studi ke tingkat yang lebih tinggi. Untuk melamar kerja, setiap pelamar akan menghadapi tes yang melibatkan soal matematika. Bagi mereka yang mahir matematika akan lebih mudah diterima di tempat kerja yang diingingkan.

Ketiga matematika berhubungan langsung dengan kemajuan suatu bangsa. Bangsa yang ingin maju memerlukan pendidikan matematika yang maju. Sebaliknya juga berlaku: pendidikan matematika yang maju memerlukan peradaban bangsa yang maju. Antara matematika dan peradaban bangsa berhubungan kuat timbal balik untuk saling mendukung maju.

Kembali ke tema awal tulisan ini: apakah matematika itu memudahkan atau menyusahkan? Matematika pada awalnya memang menyusahkan. Tetapi seiring waktu, matematika beradaptasi menjadi lebih mudah. Meski matematika itu susah tetap saja matematika harus diperjuangkan karena manfaat matematika begitu besar. Di sisi lain, para guru matematika juga terus berusaha menampilkan matematika yang lebih mudah. Pada kenyataannya matematika juga memiliki bagian-bagian yang mudah.

Bagaimana menampilkan matematika yang susah menjadi mudah? Silakan bergabung dengan komunitas APiQ.Maka Anda akan menemukan bahwa matematika menjadi mudah dan asyik. Matematika online tersedia http://www.apiQQuantum.com . Bila ada yang mudah mengapa pilih yang susah?

Workshop APiQ tulungagungBagaimana menurut Anda?

Salam hangat…

angger | agus Nggermanto | Pendiri APiQ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s