Matematika itu Memudahkan atau Mempersulit?

“Harusnya matematika memudahkan!”
“Mengapa harusnya? Lalu kenyataannya seperti apa?”
“Kenyataannya memang banyak anak yang mengalami kesulitan dengan matematika.”

Dari fakta ini Paman APiQ berusaha menampilkan matematika agar memudahkan bagi anak-anak kita. Bahkan anak-anak yang belajar matematika dengan metode APiQ menjadi senang matematika. Siswa-siswa jadi ketagihan ingin belajar matematika yang asyik APiQ ini.

Secara prinsip, agar matematika menyenangkan adalah kita harus menampilkan matematika yang dapat dipahami oleh nalar anak kita. Setelah paham beri mereka tantangan yang lebih sulit yaitu tantangan yang sebagiannya anak kita dapat menyelesaikannya tetapi ada bagian sedikit yang barangkali tidak bisa mereka selesaikan. Tantangan ini menjadikan mereka penasaran.

Workshop Tulungagung

Ditambah lagi, kita sebagai pembimbing, perlu menciptakan suasana yang menggembirakan. Beri pujian pada kemampuan anak kita. Panggil anak-anak dengan panggilan sayang. Hindari memberi hukuman.Bila terpaksa memberi hukuman berilah hukuman yang menghibur dan tidak menghina semisal disuruh tepuk tangan, bernyanyi, atau meriakkan yel.

Tantangan terberat adalah bagaimana menampilkan matematika yang bertahap dan memancing rasa penasaran anak. Tantangan ini perlu waktu bertahun-tahun bagi Paman APiQ untuk menyelesaikannya. Lebih tepatnya selesai sebagian dan terus dikembangkan.

Dengan strategi di atas maka matematika menjadi memudahkan bukan mempersulit. Apalagi bila kita mengembangkan matematika dalam bentuk game permainan maka pasti lebih seru lagi. Paman APiQ telah mengoleksi ratusan game matematika yang makin asyik. Silakan bergabung dengan APiQ yang akan menyelenggarakan workshop Kecil2 Jago Matematika 31 Oktober 2015 di Tulungagung Jatim.

Workshop APiQ tulungagung

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat…
angger | agus Nggermanto | Pendiri APiQ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s