Bilangan Prima, Koprima, dan FPB KPK yang Mudah

Materi FPB KPK termasuk yang paling sulit bagi anak Anda? Jangan khawatir karena anak-anak yang lain juga begitu. Tapi dengan tips Paman APiQ berikut maka FPB KPK menjadi lebih mudah. Bahkan FPB KPK untuk bentuk aljabar – yang biasanya untuk tingkat SMP – juga lebih mudah dengan tips tegak lurus Paman APiQ.

Lebih lengkap silakan bergabung dalam training APiQ

Waktu : Rabu,14 Oktober 2015, 09.00 – 17.00 wib
Tempat: Jl Wisma Proklamasi no 41 Jakpus

Pindahan dari semula: Jl Tebet Dalam III C no 14 Jakarta Selatan

Diskusi yang hangat dalam suasana akrab mengantarkan matematika menjadi petualangan seru. Banyak orang mengira bahwa matematika itu sulit, pada awalnya. Setelah mengikuti training APiQ maka matematika menjadi mudah. Bahkan rindu untuk belajar matematika.

Tebet APiQ

Pada kesempatan ini kita dapat berdiskusi tentang bilangan prima. Bilangan prima adalah bilangan yang hanya dapat habis dibagi oleh bilangan itu sendiri dan bilangan 1. Tentu maksud dari bilangan di sini adalah bilangan bulat positif.

Contoh
2 = 2 x 1
3 = 3 x 1
5 = 5 x 1

Bilangan koprima adalah pasangan bilangan yang hanya habis dibagi bersama-sama oleh 1 dan akibatnya KPK adalah hasil kalinya. Pasangan koprima kadang juga disebut sebagai pasangan relatif prima.

5 dan 6 adalah koprima maka KPK = 5 x 6 = 30

Untuk mencari FPB dan KPK lebih mudah memanfaatkan konsep bilangan koprima. Tetapi pengalaman guru selama ini memanfaatkan faktorisasi prima. Penggunaan pohon faktor untuk faktorisasi adalah bagus dengan memberikan gambar pohon faktor. Untuk urusan FPB KPK, pohon faktor tidak selalu mudah.

Paman APiQ telah menyiapkan tips tegak lurus yang memudahkan dengan konsep koprima. Siswa bebas membagi dengan bilangan prima atau kompo. Konsep FPB dan KPK menjadi lebih jelas dan tidak akan tertukar.

Bagi Anda yang berada di Jawa Timur dan sekitarnya silakan bergabung bersama Training dan Workshop APiQ 31 Oktober – 1 November 2015.

Workshop APiQ tulungagung

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat…
Angger | agus Nggermanto | Pendiri APiQ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s