Rumus Matematika SMP SMA Mencari Volume Tabung, Kerucut, dan Bola

Bagaimanakah rumus volume yang mudah?

Sayangnya rumus volume memang tidak mudah kan? Tapi kita bisa menemukan rumus volume yang mudah dengan cara memahami secara intuitif. Berikut ini Paman APiQ berbagi cara mudah rumus volume balok, tabung, kubus, kerucut, dan bola.

Untuk rumus dan trik matematika yang lebih asyik silakan bergabung dengan bimbel online APIQ di web http://www.apiQQuantum.com . Dengan bergabung bimbingan belajar APiQ online maka kalian bisa tanya jawab matematika kapan saja di mana saja. Ada kesulitan PR? Tidak masalah, kita bisa langsung tanya jawab. Asyik kan…?

Volume tabung adalah luas alas x tinggi. Sama dengan rumus volume kubus atau pun balok yaitu luas alas x tinggi. Sedangkan volume kerucut adalah 1/3 dari volume tabungnya. Sehingga volume kerucut = 1/3 x alas x tinggi.

Dari volume kerucut kita dapat melangkah ke volume bola. Bola dapat kita lihat sebagai susunan kerucut-kerucut kecil dengan alas yang berupa kulit bola, tinggi adalah jari-jari bola, dan puncak kerucut-kerucut tersebut bertemu di titik pusat bola.

Maka volume bola = 1/3 x luas alas x tinggi
= 1/3 x (4 pi r^2) x r
= 4/3 pi r^3

Lebih lengkap mari kita lihat video Paman APiQ berikut ini.

Paman APiQ senantiasa berbagi rumus matematika secara online melalaui http://www.youtube.com/agusyes . Bandingkan dengan bimbel konvensional semacam les matematika kumon jarang berbagi ilmu secara online. Barangkali itu strategi kursus matematika Kumon. Sehingga anak-anak yang mau belajar harus datang ke tempat les seperti kumon jakarta, kumon bandung, kumon surabaya, kumon bekasi, semarang, medan, dan kota-kota indonesia. Sedangkan dengan APiQ maka anak-anak dapat belajar dari mana saja melalui bimbel online. Siswa juga dapat belajar di tempat les APiQ Jl Picung 109 Bandung.

Selamat berpetualang matematika bersama APiQ.

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat…
angger | agus Nggermanto | Pendiri APiQ
Bimbel Online 1-3

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s