Cara Menghitung Akar Kuadrat untuk Matematika SD, SMP, dan SMA

Kita membutuhkan cara menghitung akar yang mudah. Baik siswa SD, SMP, atau SMA sering menghadapi soal matematika tentang menghitung akar. Tetapi sering mengalami kesulitan. Mengapa?

Pertama, menghitung akar menjadi lebih mudah bila kita membedakan akar bilangan bulat dan akar irasional. Kebanyakan orang menjadi sulit karena menghitung akar dengan asumsi cara menghitung tersebut bisa digunakan untuk menghitung akar irasional. Karena menghitung akar irasional memang bukan tugas yang mudah.

Berikut ini adalah cara mudah menghitung akar kuadrat dengan metode APiQ. Silakan langsung mencobanya.

Kedua, akar irasional biarkan dalam bentuk irasional. Misalnya akar 3 tetap tulis sebagai akar 3. Untuk matematika SMP dan SMA kadang-kadang kita mendapatkan hasil perhitungan berupa akar irasional seperti akar 2, akar 3, akar 5, dan lain-lain. Biarkan anak-anak merasa tenang dengan bentuk akar irasional ini. Akar irasional sering tidak perlu kita ubah menjadi bentuk desimal.

Ketiga, berikan pemahaman intuitif akar irasional dengan nilai pendekatan yang sederhana. Misal akar 2 = 1,4. Tunjukkan bahwa 1,4 kuadrat adalah mendekati 2. Dan tidak akan pernah tepat = 2. Maka kita menyebutnya sebagai akar irasional.

Lebih lengkap dengan cara menghitung akar kuadrat silakan bergabung dengan bimbel online APiQ. Tersedia program bimbel matematika online untuk tingkat SD, SMP, dan SMA. Sebagai alternatif kita tidak menemukan bimbel matematika online dari Kumon, kita dapat memanfaatkan bimbel online APiQ yang dapat kita akses dari segala lokasi. Baik dari kota besar Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Medan, Makassar, dan lain-lain. Sukses selalu untuk Anda semua…!

Bima Daftar

Bima SD SMP SMA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s