Evolusi Bimbingan Belajar di Indonesia dan Dunia dari Bimbel 1.0 Menuju Bimbel 3.0

Bimbingan belajar atau bimbel terus bertumbuh di Indonesia. Bagaimana Anda dapat memilih bimbel yang paling tepat dengan kondisi yang terus berubah? Pertimbangkan 3 jenis evolusi bimbel berikut ini maka Anda dapat memilih bimbel terbaik untuk Anda dan anak Anda.

Meski terjadi perubahan aturan dalam ujian dan tes masuk sekolah yang lebih tinggi bimbel terus mencari posisi yang lebih tepat. Perubahan evolusi bimbel terjadi di Indonesia dan negara-negara lain. Evolusi yang menjadi penyempurnaan dari bimbel itu sendiri merupakan keharusan agar bimbel bertahan bahkan bertumbuh. Berikut saya merumuskan evolusi bimbel dengan bertahap.

Bimbel 1.0

Jenis bimbel, kursus, les atau bimbingan belajar yang seperti kita lihat selama ini adalah termasuk bimbel 1.0 tahap awal. Di mana bimbel 1.0 ini terdiri dari siswa, guru, kelas, dan interaksi belajar mengajar itu sendiri. Bukankah bimbel selalu begitu? Tidak! Evolusi bimbel selanjutnya tidak selalu begitu.

Bimbel Online Solusi

Bimbel 1.0 pun mulai berevolusi menjadi bimbel 1.1 yaitu bimbel dengan spesialisasi bidang studi misalnya bimbel matematika seperti les Kumon, kursus matematika APiQ, bimbel bahasa Inggris dan lain-lain. Seperti kita mengenal ada dokter umum kemudian menjadi dokter yang lebih hebat yaitu dokter spesialis jantung, dokter spesialis mata, dokter spesialis tulang dan lain-lain. Bimbel pun kini juga memiliki bimbel spesialis yang makin hebat.

Bimbel 1.2 merupakan evolusi dengan membatasi jumlah siswa yang makin sedikit. Dengan cara ini maka masing-masing siswa lebih terjamin kemajuannya. Bila tahun 90an atau 2000an dalam satu kelas bimbel dapat saja terdiri dari 60 siswa atau lebih maka pada bimbel 1.2 siswa dibatasi hanya 5 siswa tiap kelasnya. Misalnya bimbel spesialis matematika APiQ membatasi jumlah siswa per kelasnya. Umumnya tiap guru menangani 6 siswa. Jadi siswa lebih terjamin.

Bimbel 2.0

Saat ini Anda dapat mengikuti bimbel dari seluruh dunia dengan bergabung bersama bimbel online yang merupakan evolusi menjadi bimbel 2.0. Pada awalnya bimbel online hanya terdiri dari materi bimbel yang dipasang di web. Siswa belajar dengan membaca materi yang tersedia secara online di internet tersebut.

Pada perkembangannya bimbel 2.1 berkembang menjadi bimbel online yang lebih kaya dengan materi-materi berupa video. Dengan video maka para siswa menjadi lebih mudah memahami materi ajar dengan lebih cepat. Untuk bimbel online ini Anda dapat bergabung dengan mengunjungi http://www.youtube.com/agusyes atau http://www.youtube.com/pamanAPiQ .

Bimbel Online Percaya Diri

APiQ secara konsisten terus berbagi ilmu melalui bimbel 2.0 secara online.

Bimbel 3.0

Penyempurnaan bimbel online dengan fasilitas tanya jawab interaktif membentuk evolusi bimbel 3.0 yang makin hebat. Kelemahan bimbel online adalah sistem belajar cenderung satu arah di mana siswa hanya menerima bahan ajar. Tetapi di bimbel online 3.0 terjadi proses dua arah. Siswa dapat berdiskusi, bertanya, dan ngobrol secara online.

Misalnya bimbel APiQ online menyediakan fasilitas tanya jawab interaktif yang menjadikan siswa lebih leluasa untuk belajar matematika apa saja dan kapan saja. Silakan manfaatkan bimbel online APiQ untuk kemajuan Anda.

Bimbel Online 1-3

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat…
angger | agus Nggermanto | Pendiri APiQ
Bima Daftar

Bima SD SMP SMA

One response to “Evolusi Bimbingan Belajar di Indonesia dan Dunia dari Bimbel 1.0 Menuju Bimbel 3.0

  1. Ping-balik: Bimbel Bandung: Dari Pusat Busana sampai Pendidikan | GusNGGER·

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s