Mengapa Plat Nomor Mobil Motor Jadi Lebih Panjang?

Apakah Anda mengamati?

Lihat sekitar, plat nomor mobil dan motor jadi lebih panjang, mengapa?

Dapat kita duga karena jumlah kendaraan di Indonesia terus bertumbuh. Tahun 2013 saja sudah menembus 104 juta kendaraan bermotor di Indonesia. Barangkali tahu 2015 populasi kendaraan bermotor ada pada kisaran 130 juta kendaraan.

20150502_082307

Apakah bermasalah bila plat nomor lebih panjang dari yang Anda perlukan? Bagaimana menurut Anda?

Bagi beberapa orang ukuran yang terlalu panjang mengganggu estetika. Tidak enak dipandang mata. Sedangkan bagi motor plat yang terlalu panjang dapat mengganggu kesehatan. Bagaimana mungkin?

Motor, seperti kita tahu, penumpang dan pengemudi berada di luar kendaraan. Berbeda dengan mobil di mana penumpang berada dalam kendaraan. Plat nomor yang terlalu panjang berpotensi menyangkut ke benda lain termasuk ke pengemudi. Sangkutan plat ini dapat menyebabkan luka pada orang. Cukup berbahaya kan?

Hitungan ekonomis juga dapat merugikan!

Dari 130 juta kendaraan di Indonesia barangkali sekitar 100 juta cukup hanya dengan plat nomor pendek. Hanya kendaraan baru, atau beberapa tahun terakhir yang perlu plat panjang dan umumnya di kota besar. Misal untuk membuat plat pendek lebih hemat seribu rupiah maka besar penghematan kita adalah,

1 ribu x 100 juta kendaraan = 100 milyard rupiah

Penghematan yang tidak kecil bukan? Dengan berpikir sedikit lebih taktis kita dapat menghemat 100 milyard ruliah dalam tiap 5 tahun.

Penghematan akan lebih besar bila ditambah modifikasi. Maksudnya beberapa orang yang merasa plat nomornya terlalu panjang maka mereka melakukan modifikasi dengan bahan akrilik agar enak dipandang mata. Biaya modifikasi ini misalnya sebut saja 5 ribu rupiah. Dari 100 juta kendaraan misal hanya 10 juta yang melakukan modifikasi. Maka biaya modifikasi total adalah,

5 ribu x 10 juta = 50 milyard rupiah.

Jadi total penghematan yang dapat kita lakukan adalah 150 milyard rupiah untuk tiap 5 tahun. Jumlah yang sangat besar untuk dapat dialihkan ke bidang-bidang yang lebih produktif.

Bagaimana menurut Anda?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s