Tiga Pelajaran Penting dari Hard Math: Matematika Sulit?

“Matematika yang ini sulit!”
“Mana-mana?” Al penasaran.
“Coba lihat masalah ini,”kata Paman APiQ

Al membaca buku sekilas lalu berpikir,
“Ini bahasa Inggris?”
“Hahaha…ya dalam bahasa Inggris,” jawab Paman APiQ

Lalu Paman APiQ membantu Al dengan beberapa petunjuk karena dalam bahasa Inggris. Al merasa tertantang dengan kata sulit dalam matematika. Al mencoba beberapa kali petualangan dari “Hard Math”.

Saya memperoleh buku Hard Math dari Mas Budi ketika menyelenggarakan workshop APiQ 19 April di Bandung. Pada training APiQ 26 April ini saya juga akan membahas sebagian dari Hard Math yang sangat menarik. Silakan bergabung dalam training APiQ 26 April hari Minggu di Bandung.

Saya mencatat 3 pelajaran penting dari Hard Math.

Juara Matematika dengan Medali Olimpiade

1. Petualangan matematika memang tiada habisnya

Hard Math menguatkan saya bahwa eksplorasi matematika tiada henti. Sesuai moto Paman APiQ, “Anak biasa jadi luar biasa dan anak pintar jadi juara.” Hard Math lebih mengarah kepada anak pintar menjadi juara. Penulis mengamati beberapa anak pintar yang memiliki banyak waktu luang karena semua problem matematika di sekolah dapat mereka selesaikan dengan cepat.

Paman APiQ sendiri melihat beberapa anak berbakat memang punya masalah seperti itu. Banyak waktu kosong bagi mereka karena tugas sekolah terlalu ringan. Maka Hard Math cocok untuk mereka. Paman APiQ juga punya program khusus persiapan olimpiade matematika untuk siswa berbakat.

Sedangkan bagi anak pada umumnya maka anak biasa jadi luar biasa. Paman APiQ telah menyiapkan beragam petualangan matematika yang asyik dan kreatif.

2. Menerbitkan buku matematika secara online

Penulis Hard Math, pada awalnya, menulis buku dalam bentuk digital. Kemudian mendistribusikan melalui Amazon. Ini menjadi inspirasi menarik bagi Paman APiQ. Sebagai penulis buku, selama ini, Paman APiQ mendistribusikan buku melalui edisi cetakan. Barangkali Paman APiQ akan mencoba menulis buku dalam edisi digital. Lalu menyebarkannnya melalui Amazon, google play, dan lain-lain.

3. Pengayaan trik matematika

Trik matematika selalu mempesona. Penggunaan selisih kuadrat memang asyik untuk berhitung cepat. Hard Math memanfaatkan selisih kuadrat ini dengan memindahkan kuadrat pengurang ke sisi kanan. Sehingga kita dengan mudah dapat berhitung cepat bilangan kuadrat.

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat…
angger | agus Nggermanto | Pendiri APiQ

2 responses to “Tiga Pelajaran Penting dari Hard Math: Matematika Sulit?

  1. hard math ini ada ebook dari APIQ gak pak..??

    2015-04-22 5:43 GMT+07:00 Anak KREATIF & Berprestasi | 022 2008621 | 0818

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s