Main-main Hasilnya Bukan Main?

Sangat senang rasanya. Hanya dengan main-main tapi hasilnya bukan main! Luar biasa! Anda bergembira tetapi hasilnya benar-benar melebihi dari harapan.

Tetapi jenis main seperti apa yang dapat menghasilkan bukan main?

Tepat, tidak semua permainan memberikan hasilnya yang bagus. Bahkan beragam jenis game kadang malah berbahaya. Berikut adalah 5 ciri utama game yang menghasilkan bukan main.

Main2 bukan main

1. Game (permainan) yang menggembirakan

Barangkali hampir semua game memenuhi sifat menggembirakan. Bagus! Namun ada juga permainan yang tidak menggembirakan. Misalnya taruhan judi. Meski tampaknya menggembirakan permainan judi justru membahayakan diri Anda. Terutama bila ada yang punya masalah dengan jantung dan kanker.

Pilihlah permainan yang menggermbirakan. Semua jenis olah raga hobi akan memenuhi kriteria menyenangkan. Paman APiQ sendiri berkreasi menciptakan banyak permainan yang menyenangkan dalam belajar matematika.

2. Mengembangkan keterampilan khusus

Ini dia yang paling penting: keterampilan apa yang akan berkembang dengan memainkan game ini? Misal game Kombi APiQ mengembangkan keterampilan berhitung cepat anak atau yang memainkannya. Semakin sering anak-anak bermain kombi maka anak makin mahir berhitung cepat.

Misalnya Lili, usia 4 tahun, awalnya hanya nonton teman-temannya main Kombi. Lili penasaran untuk ikut main. Lili mendengarkan petunjuk cara main Kombi bersama teman-teman. Sambil bergembira, Lili yang masih usia TK tanpa sengaja jadi jago berhitung cepat. Luar biasa! Bukan main!

3. Ketagihan terkendali

Efek standar dari game memang menciptakan rasa ketagihan. Ketagihan akut membahayakan Anda. Anak yang tidak mau berhenti main game justru rugi. Sayangnya ini sering terjadi. Game APiQ juga menciptakan rasa ketagihan. Tetapi ketagihan yang terkendali. Anak dapat bermain dengan antusias. Bila waktu sudah cukup maka berhenti bermain.

Permainan olah raga hobi memiliki sifat ketagihan terkendali. Ketika Anda berolah raga dengan berjalan waktu maka energi Anda akan terkuras dan akhirnya akan istrirahat. Hal ini menjadikan Anda lebih terkendali – dan lebih baik. Tetapi game komputer dapat saja menciptakan ketagihan tak terkendali. Maka hati-hati.

4. Tersedia kerangka teori

Apa maksud teori ini? Meski sekedar main Anda tetap perlu teori yang memayungi. Misal game pembunuhan brutal secara teori berbahaya maka tinggalkanlah. Sedangkan game yang mengasah otak membuat Anda lebih fresh maka lakukanlah. Banyak game APiQ yang memang mengasah otak agar lebih segar.

Game Super Marble APiQ misalnya mengembangkan keterampilan sosial anak secara teori. Maka dalam gam Marble ini anak-anak berinteraksi, mengembangkan komunikasi, dan kolaborasi.

5. Sesuai dengan norma dan aturan

Saat ini banyak beredar game yang tidak sesuai norma? Maka hindari. Pilihlah game permainan yang justru mengembangkan kemampuan anak untuk berperilaku positif.

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat…
angger | agus Nggermanto | Pendiri APiQ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s