Mudah Memahami Keliling Lingkaran dan Rumus Cepat Luas

Mengapa rumus lingkaran menjadi begitu sulit bagi anak-anak? Mengapa ada bilangan pi = 22/7 = 3,14 yang tidak bulat? Mengapa lingkaran bikin pusing tujuh keliling seperti bentuknya? Mengapa…mengapa…mengapa?

Tidak lagi! Gunakan tips dari Paman APiQ untuk lingkaran maka semua menjadi lebih mudah.

Dengan pemahaman konsep lingkaran yang kuat maka variasi macam apa pun tentang lingkaran dapat kita selesaikan dengan baik. Silakan memanfaatkan tips APiQ melalui kumpulan video multimedia APiQ berikut ini.

KKJM Tatalaba

Pertama kita akan menjawab dengan mudah, dari mana asal pi = 22/7?

Bahkan kita dapat menemukan dengan eksperimen onde milenium APiQ. Bila Anda sudah memahami bahwa pi = 22/7 adalah perbandingan keliing dan diameter lingkaran maka semua masalah keliling lingkaran dapat kita selesaikan dengan mudah. Lihat video eksperimen APiQ untuk memantapkan konsep keliling lingkaran.

Dari diameter kita dapat bergerak menuju jari-jari r dari lingkaran. Kita tahu bahwa r = 1/2 x diameter. Jadi, begitu kita tahu diameter maka jari-jari langsung kita temukan dengan membagi 2 kepada diameter atau garis tengah lingkaran tersebut.

Dengan pi = 22/7 = 3,14 kita dapat membuat rumus keliling lingkaran K.

pi = K/d

K = pi x d

K = 2 x (pi) x r

Mari berlatih dengan video Paman APiQ berikut yang lebih seru lagi.

Contoh nyata penerapan lingkaran adalah untuk roda. Anda pasti melihat roda setiap hari kan? Apa yang terjadi pada roda itu? Mari kita lihat bersama APiQ.

Kadang-kadang jari-jari roda akan bergantung pada tebal ban. Apa yang akan terjadi? Petualangan matematika akan lebih seru lagi.

Berikutnya bagaimana dengan luas lingkaran? Gunakan cara Paman APiQ maka luas lingkaran senikmat potongan pitza. Selamat menikmati…!

Luas sektor lingkaran yang mirip potongan pitza juga lebih mudah dengan APiQ. Sektor = juring luasnya mirip dengan segitiga.

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat…

angger | agus Nggermanto | Pendiri APiQ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s