Mengapa Matematika Dasar Kalkulus itu Penting?

Seorang teman mengatakan,”Bagaimana pun anak saya harus menguasai kalkulus. Setelah itu ia bebas mau belajar matematika lagi atau tidak sama sekali.”

Paman APIQ kagum kepada pandangan teman itu yang begitu mengagumi kalkulus. Apa hebatnya kalkulus? Apa pentingnya kalkulus?

Anak kita biasanya mulai mengenal kalkulus ketika belajar di kelas SMA tentang limit, turunan, atau integral. Bahkan kadang-kadang pelajaran fisika lebih awal mengenalkan kalkulus ketika membahas jarak, kecepatan, dan percepatan.

Sedangkan perguruan tinggi di Indonesia, semisal ITB, menempatkan kalkulus sebagai skill matematika dasar hampir untuk semua mahasiswa yang baru masuk ITB. Barangkali kedalaman kalkulus akan beragam bergantung fakultas atau jurusan masing-masing.

Paman APIQ sendiri juga setuju bahwa kalkulus adalah salah satu bidang dalam matematika yang amat penting. Tentu saja, untuk belajar kalkulus anak-anak kita perlu menguasai beberapa keterampilann dasar matematika yang penting semisal aljabar, fungsi, himpunan, geometri, dan lain-lain.

Melangkah lebih jauh, Paman APIQ berinovasi dengan mengembangkann kalkulus kreatif. Yang paling utama dari kalkulus kreatif ini adalah Paman APIQ mengenalkan kalkulus justru mulai dari integral kemudian turunan baru terakhir limit. Tentu urutan ini terbalik secara logika. Hanya saja urutan logika dan penemuan kalkulus barangkali tidak harus sama persis dengan urutan pengajaran kalkulus itu sendiri.

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat…
angger | agus Nggermanto | Pendiri APIQ

One response to “Mengapa Matematika Dasar Kalkulus itu Penting?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s