Cara-cara Sukses Bersama Matematika

Anda dapat menjadi sukses berbekal matematika. Orang-orang yang menguasai matematika berpotensi besar sukses dalam hidupnya. Lebih dari itu, masyarakat yang membekali generasi muda belajar matematika dengan baik maka berpotensi menjadi masyarakat yang maju.

Belajar matematika dan pendidikan matematika menjadi sangat penting bagi masyarakat kita.

Bagaimana cara belajar matematika dan mengajar matematika yang mengantar sukses?

Belajar Matematika Lebih Asyik dan Kreatif bersama APIQ

Belajar Matematika Lebih Asyik dan Kreatif bersama APIQ

Paman APIQ memiliki banyak pengalaman dalam belajar mengajar matematika. Pertama tumbuhkan minat anak untuk belajar matematika. Umumnya tugas menumbuhkan minat terhadap matematika tidak sulit. Anak-anak sudah tahu bahwa belajar matematika itu penting. Yang sulit adalah mempertahankan minat anak untuk belajar matematika.

Setelah sekian lama belajar matematika banyak anak yang sadar bahwa matematika itu sulit. Bahkan beberapa anak menyimpulkan bahwa dirinya tidak berbakat dalam matematika. Dan matematika bukan bidang untuknya. Kesimpulan yang terburu-buru tidak menguntungkan bagi anak itu sendiri mau pun masyarakat luas.

Tugas kita sebagai pendidik sekedar mempertahankan minat belajar matematika anak yang tinggi. Bagaimana caranya? Tampilkan sesuatu yang memicu pemikiran intuitif siswa. Maka siswa-siswa akan tertarik dan bertambah minat belajar matematika. Pikiran siswa mudah terpicu dengan mengenali pola. Baik untuk belajar matematika SD, matematika SMP, dan matematika SMA.

Kedua perbanyak pola matematika. Agak berbeda dengan pandangan umum, Paman APIQ mendorong cara belajar matematika dengan mengenali pola tidak sekedar rumus matematika. Misalkan dari beberapa soal matematika, ajak anak-anak menebak polanya. Belajar matematika pasti riang gembira. Pola-pola ini berlaku untuk belajar matematika SD, matematika SMP, dan matematika SMA.

Ketiga terbuka menerima ide siswa. Barangkali terbuka menerima ide siswa adalah tugas paling berat bagi seorang pendidik. Tetapi begitu Anda menerima ide siswa maka pendidikan telah berjalan dengan sukses. Anak-anak Anda menjadi mau berpikir. Mereka aktif bertukar pikiran.

Apa pun ide dari siswa cobalah menerimanya, apresiasi, dan mendiskusikannya lebih lanjut.

Cara belajar mengajar seperti ide Paman APIQ ini sangat penting untuk kita terapkan. Cobalah, hasilnya luar biasa untuk matematika SD, matematika SMP, dan matematika SMA. Cara Paman APIQ ini juga dapat kita terapkan untuk matematika usia dini dan juga matematika universitas.

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat…
angger | agus Nggermanto | Pendiri APIQ

Catatan:
Contoh pola-pola matematika dapat mengacu pada tulisan Paman APIQ yang lain. Demikian juga game-game matematika yang seru silakan melihat tulisan Paman APIQ lainnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s