Proses Belajar Matematika yang Asyik dan Menyenangkan

Betapa bahagianya anak-anak dapat belajar matematika fun bersama APIQ. Sebagai orang tua kita juga merasa bahagia anak-anak bergembira belajar matematika. Guru sangat puas melihat para siswa menguasai matematika dengan asyik.

Tetapi muncul pertanyaan kepada Paman APIQ. Barangkali Anda juga pernah menghadapi pertanyaan yang sama.

“Bukankah cara cepat matematika itu sesat?”

Paman APIQ menjawab,”Cara cepat matematika itu banyak yang sesat tetapi lebih banyak lagi cara lambat matematika yang sesat.”

Paman APIQ pasti bercanda. Tetapi nyatanya serius. Menurut Paman APIQ bukan cara cepat atau cara lambat itu yang menjadi masalah. Tetapi yang lebih penting bagaimana proses anak-anak belajar matematika. Anak-anak akan lebih baik bila ia dapat belajar cara cepat juga belajar cara lambat. Anak-anak jadi lebih banyak belajar.

Proses belajar sebaiknya dibedakan dengan proses berhitung. Anak kita harus belajar melalui proses. Itu sangat benar. Tetapi anak-anak tidak harus berhitung melalui proses. Berhitung melalui proses adalah tergantung kepada situasi.

Jika anak-anak sedang belajar algoritma perkalian AlKhawaritzmi barangkali mereka harus mempelajari tahap-tahap proses perhitungan AlKhawaritzmi. Tetapi bila anak-anak sedang belajar perkalian justru anak-anak harus melakukan proses belajar beragam jenis perkalian. Baik perkalian cara cepat, cara lambat, cara pendek, cara panjang, dan lain-lain. Bahkan di APIQ, anak-anak mendapat dorongan untuk menemukan cara berhitungnya sendiri.

Itulah proses belajar! Sangat penting bagi anak-anak mengalami proses belajar. Sedangkan proses berhitung hanya diperlukan sesuai kondisi dan situasi.

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat…
angger | agus Nggermanto | Pendiri APIQ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s