Inovasi-Inovasi Model Bisnis (Business Model)

Inovasi yang paling memiliki dampak besar dalam bisnis adalah inovasi pada bisnis model. Meski secara sekilas, inovasi paling kuat adalah di bidang teknologi tetapi inovasi teknologi baru memiliki dampak bila menemukan model bisnis yang tepat.

Berikut ini adalah beberapa model bisnis yang sedang fenomenal.

1. Model bisnis franchise. Meski model bisnis franchise telah bertahun-tahun ditemukan tetapi saat ini semakin kuat menjadi landasan. Franchise besar yang sering kita kenal adalah semacam Mc Donald, KFC, dan Coca Cola.

Saat ini franchise juga berkembang untuk bisnis-bisnis kecil. Lihatlah sekali waktu pameran AFI (Asosiasi Franchise Indonesia). Di sana kita akan menemukan puluhan tawaran franchise yang nilai investasinya hanya beberapa atau belasan juta rupiah.

APIQ sendiri juga mengambil model bisnis franchise rendah investasi. Anda dapat membaca secara cepat tawaran bisnis franchise APIQ yang telah dirangkum oleh tabloid bisnis Kontan. Silakan klik di sini.

Model bisnis franchise memiliki berbagai keunggulan. Di antaranya nama besar, network, dan kelenturan.

2. Model Bisnis Freemium. Model bisnis ini tampak seperti plesetan dari premium. Tetapi dengan masuknya era digital, model bisnis freemium memiliki keunggulannya sendiri.

Model bisnis freemium memberikan layanan atau produk free kepada pelanggannya. Lalu dari mana mereka memperoleh uang?

Tentu mereka memperoleh uang dari sumber lain. Salah satu sumber utama tentu saja iklan.

Google adalah salah satu contoh bisnis freemium yang sukses. Kita menggunakan jasa google benar-benar free atau gratis. Tetapi semakin banyak pengguna, yang gratisan itu, maka google semakin untung. Pendapatan google adalah dari iklan yang dibayar pemasang dengan hitungan pay per click.

Saya sendiri sedang memikirkan bagaimana APIQ dapat mengambil bentuk model bisnis freemium. Salah satu peluang APIQ adalah memasang iklan di latihan soal cerita APIQ. Misalnya ketika seorang siswa berlatih tentang volume susu sekalian saja sebut nama susu tertentu sebagai iklan. Bagi anak-anak, soal cerita ini menjadi lebih nyata. Tetapi bagi APIQ dapat menjadi media iklan.

Jika model bisnis freemium ini dapat dijalankan APIQ maka memberi banyak keuntungan. Misalnya APIQ dapat memberikan program beasiswa dalam jumlah yang sangat besar ke seluruh siswa.

3. Model Bisnis Syariah. Hingar-bingar kehidupan modern menyadarkan manusia untuk kembali ke cara hidup yang religius. Model bisnis syariah menjadi salah satu pilihan.

Kisah sukses model bisnis syariah dapat kita lihat pada bidang perbankan. Saat ini juga mulai muncul gadai syariah.

Ke depan perlu juga muncul kredit syariah: kredit motor, kredit mobil, kredit rumah dan lain-lain.

Bagaimana dengan APIQ syariah?

Pertanyaan yang menarik. Perlu pikiran terbuka untuk membahasnya.

Saat ini konotasi syariah juga dilekatkan pada syariah islam. Mengapa tidak membuka bisnis syariah untuk agama-agama lain? Tentu semakin meriah.

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat…
(angger; agus Nggermanto: Pendiri APIQ)

One response to “Inovasi-Inovasi Model Bisnis (Business Model)

  1. Ping-balik: Inovasi-Inovasi Model Bisnis (Business Model) | APIQ: Matematika … - FORMULA BISNIS Pulsa All Operator Indonesia·

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s