Memahami Sistem Persamaan Aljabar yang Terlalu Longgar atau Terlalu Ketat

“Pemahaman itu lebih penting dari keterampilan,” kata Paman APIQ.

Begitu pula memahami sistem persamaan aljabar itu juga lebih penting dari sekedar menyelesaikan soal persamaan aljabar. Tetapi bagaimana mengajarkan pemahaman sistem aljabar kepada anak-anak?

Cara mengajarkan pemahaman kepada anak-anak adalah dengan membantu anak-anak terampil menyelesaikan berbagai macam persamaan aljabar. Setelah anak-anak terampil, Paman APIQ memancing mereka dengan beberapa persoalan yang membangun pemahaman.

Paman APIQ meringkas prinsip sistem persamaan aljabar yang penting bagi setiap anak adalah,

“Sistem persamaan aljabar memiliki solusi unik jika mempunyai n variabel belum diketahui dan n persamaan.”

Jika sistem persamaan memiliki 2 variabel belum diketahui dan 1 persamaan maka tidak memiliki solusi unik. Sistem tersebut justru terlalu longgar yaitu memiliki banyak solusi yang mungkin.

Sebagai contoh, Al memiliki uang sebanyak dua kali lipat dari uang Geo. Tentukan banyaknya uang Al dan uang Geo!

Soal di atas adalah contoh sistem persamaan aljabar yang terlalu longgar. Maksudnya banyak jawaban yang mungkin. Misal uang Geo 100 maka uang Al 200. Jika uang Geo 1000 maka uang Al 2000. Jika diketahui 1 lagi persamaan baru yang independet maka soal di atas akan memiliki solusi unik.

Untuk contoh terlalu ketat, Al memiliki uang 2 kali lipat uang Geo. Uang Al dikurangi uang Geo adalah 10.000. Uang Al ditambah uang Geo adalah 20.000. Berapakah uang Al?

Untuk contoh yang ini kita memiliki 2 variabel belum diketahui dan 3 persamaan. Sistem ini adalah terlalu ketat. Untuk sistem yang terlalu ketat mungkin saja terjadi situasi yang tidak konsisten.

Sedangkan Paman APIQ untuk tahap-tahap awal lebih banyak mengenalkan konsep sistem persamaan aljabar yang memiliki solusi unik. Setelah anak paham kemudian Paman APIQ akan mengenalkan sistem persamaan aljabar yang terlalu longgar dengan memiliki banyak solusi. Dan terakhir Paman APIQ mengenalkan sistem persamaan aljabar yang terlalu ketat baik konsistem atau tidak.

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat…
(angger; agus Nggermanto: Pendiri APIQ)

3 responses to “Memahami Sistem Persamaan Aljabar yang Terlalu Longgar atau Terlalu Ketat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s