Usaha Bisnis dengan Modal 0 Rupiah

Mungkinkah kita dapat sukses bisnis sebagai pengusaha tanpa modal?

Pasti!

Bagaimana caranya?

Itu pertanyaan lebih bagus.

Paman APIQ muda percaya bahwa kita dapat sukses tanpa harus dengan modal. Atau kita dapat sukses bisnis dengan modal 0 rupiah. Paman APIQ benar karena ia memiliki keyakinan tambahan. Meski hanya dengan modal 0 rupiah tetapi Paman APIQ memiliki modal lain yang lebih mahal: keyakinan dan kreativitas.

Kenyataanya, bisnis selalu membutuhkan modal uang. Tidak cukup hanya 0 rupiah. Yang lebih penting dari modal uang adalah keyakinan dan kreativitas. Paman APIQ menunjukkan yakin dan kreatif berhasil menarik modal uang dari rekanan.

Misalnya, Paman APIQ berhasil menulis naskah buku yang pertama. Setelah Paman APIQ menawarkan ke beberapa penerbit ternyata penerbit tersebut menolak. Sampai suatu ketika ada penerbit yang berminat menerbitkan buku Paman APIQ.

Tetapi pihak penerbit menyatakan butuh waktu yang lama untuk menerbitkan buku Paman APIQ.

“Mengapa?” tanya Paman APIQ.
“Karena modal kami sedang terpakai. Jadi harus menunggu modal tersebut kembali,” jelas penerbit.
“Bagaimana caranya agar lebih cepat?”
“Bila Paman APIQ memiliki modal, meski hanya 50%, maka dapat langsung cetak.”

Saat itu dibutuhkan uang sekitar 20 juta rupiah untuk menerbitkan sebuah buku. Paman APIQ hanya memerlukan 50% saja yaitu 10 juta rupiah. Tetapi itu bukan uang yang kecil. Paman APIQ menyatakan siap menyediakan uang 10 juta rupiah dan buku segera terbit.

Jelas Paman APIQ tidak memiliki uang 10 juta rupiah. Keyakinan dan kreativitas menjadi modal utama Paman APIQ. Presentasi ke beberapa tempat Paman APIQ berhasil mengumpulkan uang lebih dari 10 juta rupiah. Lebih menarik lagi, uang 10 juta terkumpul tersebut bukan pinjaman atau hutang.

Tetapi uang 10 juta itu adalah uang pembelian buku yang akan dicetak dengan harga diskon khusus.

Jadi Paman APIQ bukan hanya berhasil mendapatkan modal untuk mencetak buku tetapi telah berhasil menjual buku 10 juta rupiah bahkan sebelum bukunya terbit. Singkat cerita, buku Paman APIQ sukses di pasaran Indonesia menjadi best seller. Selanjutnya, alhamdulilah, cerita manis yang banyak dikenang.

Paman APIQ mengambil pelajaran,

“Kita dapat sukses binis dengan modal 0 rupiah. Tetapi bisnis selalu butuh modal uang. Meski uang tersebut tidak harus dari uang kita sendiri. Milikilah keyakinan dan kreativitas yang melebihi nilai uang itu sendiri.”

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat…
(angger; agus Nggermanto: Pendiri APIQ)

10 responses to “Usaha Bisnis dengan Modal 0 Rupiah

  1. heheheh……………………saya semenjak kuliah smester 5 punya mimpi siang bolong bisa mengembangkan usaha membuat koomik(yg lbh bnyak plusnya), seperti fujiko fujio,……sayangnya,…keyakinan sya dulu dipatahkan oleh statement : ‘komik lu kagak bakal laku’ atau, siapa yang mau modalin?’ Terima kasih paman Apiq, atas cerita manisnya, semoga bisa membangun keyakinan yang dulu lagi…………….

  2. saya masih bingung buka usaha tanpa modal Rp 0,- gimana caranya, kadang ada modal untuk purna jual juga sulit malah menghabiskan uang, saya salut cerita pengalaman paman Apiq kok bisa, saya mau usaha yang gampang aja aneka minuman Es gimana dong solusinya padahal sudah berbagai ganti inovasi lo….

  3. Cerita yang benyak memberikan insfirasi paman Apiq…mau dong kerja sama dengan paman Apiq,,kebetulan saat ini saya sedang menjalankan usaha di bidang BIMBEL,,dan murid saya baru ada 30 siswa…barang kali bisa kerjasama dengan paman apiq…

  4. Saya sudah survey ke 2 lokasi USPI di jabodetabek, hasil usahanya kok tidak menggembirakan ya? bahkan yg dilokasi bagus saja muridnya cuma 20 org?

  5. Salam…

    Model bisnis menentukan hasil.
    Karena investasi mendekati 0 maka misal terdapat 20 siswa maka pendapatan:

    20 siswa x 200 ribu = 4 juta per bulan

    Setara dengan 48 juta per tahun dengan modal mendekati 0 rupiah.
    Hasil yang cukup menggembirakan.

    Untuk mendapatkan hasil yang lebih besar maka silakan memilih model investasi yang lebih besar.

    Sukses untuk kita!

    Salam…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s