KATA PENGANTAR: Berhitung Kuadrat Menjadi Lebih Mudah

Berhitung kuadrat banyak menakutkan para siswa. Padahal berhitung kuadrat justru lebih mudah dari berhitung perkalian. Mengapa? Karena berhitung kuadrat adalah berhitung perkalian suatu bilangan dengan dirinya sendiri.

Siswa-siswa Matematika Kreatif APIQ sangat menyukai berhitung kuadrat. Apalagi bila sudah mengenal berbagai macam cara hitung kuadrat. Semakin banyak cara maka akan semakin kreatif. Buku “Quantum Quadrat” yang sedang di hadapan Anda ini membahas aneka cara menghitung kuadrat yang kreatif.

Tidak hanya terbatas kepada kuadrat saja, buku ini juga membahas akar kuadrat. Sekali lagi, akar kuadrat sering dianggap sebagai proses berhitung yang sulit. Padahal, seperti nanti kita lihat dalam buku ini, berhitung akar kuadrat sangatlah menantang dan mudah.

Meski buku ini mengambil tema kuadrat, kami juga membahas berhitung pangkat 3 atau kubik. Khususnya akar kubik, banyak yang mengira proses berhitungnya sangat sulit. Tetapi tidak lama lagi, setelah kita membaca buku ini, kita yakin bahwa menghitung akar kubik adalah asyik dan mudah.

Berhitung kuadrat banyak kita temui dalam berbagai situasi. Salah satu ketika berhubungan dengan segitiga siku-siku, teorema Pythagoras menampilkan diri dalam bentuk persamaan kuadrat dari sisinya. Teorema Pythagoras banyak membebani siswa karena siswa harus menghitung kuadrat lalu menjumlahkan dengan kuadrat lainnya. Setelah itu harus menarik akar kuadrat.

Siswa-siswa APIQ justru sangat mengagumi teorema Pythagoras. Mereka, para siswa APIQ, dapat menghitung kuadrat dan akar dengan cepat. Lebih dari itu, Paman APIQ mengembangkan cara kreatif untuk menghitung segitiga Pythagoras. Anda dapat langsung menikmatinya dalam buku ini.

Materi dalam buku ini bukan sekedar teori abstrak. Kami telah mengaplikasikan hampir semua teori yang ada di buku ini dalam berbagai kesempatan di Matematika Kreatif APIQ. Jadi, isi buku ini bersifat aplikatif.

Masih banyak materi menarik yang dibahas dalam buku ini. Misalkan metode PDKT (pedekate) sangat digemari oleh para siswa. Pengenalan pola kuadrat 5 juga banyak mempesona para siswa. Dan masih banyak lagi lainnya.

Anda dapat setiap saat menghubungi kami melalui quantumyes@yahoo.com atau http://www.apiq.tk. Ide dan saran sangat kami nantikan.

Semoga buku ini memberi manfaat yang besar bagi kita semua.

Salam hangat…

Bandung, Maret 2010

Dadi Supriyadi & Agus Nggermanto

Iklan

One response to “KATA PENGANTAR: Berhitung Kuadrat Menjadi Lebih Mudah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s