Mudah dan Asyik Belajar Bilangan Jam, Menit, Detik

Meti kecil sangat gembira karena telah mengerti jam. Bangun pagi jam 5 atau jam 6. Menjelang jam 7 berangkat sekolah. Dan seterusnya.

Paman APIQ lebih cenderung mengenalkan bilangan jam saja. Sedangkan pengenalan menit dan detik agak belakangan menyusul.

Seperti kita tahu, AlGeoMeti juga tahu:

1 jam = 60 menit
1 menit = 60 detik

1 jam = 60 x 60 detik
1 jam = 3600 detik

“Jika

7 + 8 = 3
5 x 6 = 6

maka

5 x 10 = ….?”

“Mana ada 7 + 8 = 3?” ungkap Al.
“Lagi pula 5 x 6 = 6, bagaimana?” tanya Geo.

“Pasti ada sesuatu!” kata Meti.
“Paman APIQ, tolong beri petunjuk dong…”

“Itu… lihat di dinding!” kata Paman APIQ.

“Aku tahu… 5 x 10 adalah 2,” sahut Al.
“Ya, betul!” Meti mendukung.
“O…ya, benar,” Geo juga setuju.

Mereka mulai mengenal bilangan jam 12-an. Dalam istilah matematika kita kenal sebagai modulo 12. Sedangkan bilangan biner adalah modulo 2 yang sangat berguna untuk teknologi komputer dan digital.

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat…
(angger; agus Nggermanto: Pendiri APIQ)

4 responses to “Mudah dan Asyik Belajar Bilangan Jam, Menit, Detik

  1. Bikin jam dinding sendiri juga asyik kok. Cukup dengan mesin jam bekas atau kalau mo beli yang baru juga murah, 5.000 – 10.000 saja.

    Dengan mesin jam beneran, setiap satu putaran jarum detik, Al, Geo dan Meti bisa memberikan tanda sebagai penunjuk menit. Dstnya, juga untuk penunjuk jam nya.

    Juga mo nanya pak?
    Setelah bisa membuat sendiri kartunya, iseng-iseng mengenalkan bilangan biner.
    Misal 1 = 001, 2 = 010 dan 4 = 100 dst seperti yang pernah dibahas disini.
    Eh, ternyata muncul pertanyaan, kalo pake abjad bisa nggak ?

    Saya jawab aja bisa ?
    Misal, 1 = a , 2 = b, 4 = c
    3 = ab
    5 = ac
    6 = bc
    7 = abc

    Eh, malah nanya lagi ? Kalo yang abjad-abjad yang di komputer gimana tu?

    Gimana ni pak, salah nggak dengan penggunaan abjad sebagai pengganti bilangan biner ?

    Salam

  2. menurut jadwal pemberangkatan ,kereta api parahyangan dari jakarta ke bandung berangkat pukul 06.00dan tiba pukul 08.40 karena terjadi keterlambatan selama 47 menit.pukul berapa kereta api itu berangkat dari jakarta ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s