Cendekiawan 2.0

Cendekiawan adalah orang-orang istimewa dalam masyarakat kita. Mereka adalah orang-orang cerdas yang memberikan bimbingan kepada masyarakat luas.

Cendekiawan 1.0 adalah orang-orang cerdas yang berpikiran luas.

Cendekiawan 2.0 orang-orang cerdas yang berpikiran luas plus terjun langsung ke masyarakat untuk hidup bersama secara nyata.

Berikut adalah beberapa tokoh cendekiawan 2.0 yang patut menjadi contoh kita bersama: 5M.

1. Muhammad SAW, tokoh agama Islam yang menebarkan cahaya dan cinta ke seluruh penjuru dunia. Berpikiran cerdas, menatap konteks budaya dengan akurat. Membimbing masyarakat Arab dari gulita menjadi pusat budaya dunia.

Pribadi dan karakter terpercaya, pemimpin spiritual sekaligus pemimpin struktural. Menebar cinta kasih sayang sekaligus penegak keadilan. Sampai sekarang ajaran-ajarannya tetap relevan.

2. Muhammad Bin Musa Aljabar AlKhawaritzmi, ilmuwan dan matematikawan yang meletakkan landasan aljabar dalam matematika.

Sang jenius yang memanfaatkan angka 0 sebagai nilai tempat. Kelak aljabar bilangan 0 ini akan berkembang menjadi dasar teori komputer, yang kita kenal sebagai Aljabar Boolean.

Bimbel Online Percaya Diri

3. Muhammad Iqbal, penyair dan filosof. Karya-karyanya menginspirasi jutaan umat di Barat dan Timur. Menyadarkan masyarakat untuk bertanggung jawab kepada dirinya, masyarakat, dan Tuhan.

4. Muhammad Yunus, dosen dan ekonom. Doktor lulusan universitas barat, terjun langsung mengentaskan kemiskinan di Bangladesh. Jutaan umat terangkat dari garis kemiskinan dan terangkat martabatnya dengan program Grameen group. Menginspirasi ke seluruh dunia.

5. Muhammad Zuhri, guru dan budayawan. Tokoh spirtual yang hidup di jaman kontemporer. Menghidupkan nilai-nilai spiritual sufi dalam kehidupan nyata sehari-hari.

Bagaimana dengan Anda?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s