Belajar Integral Kalkulus Lebih Mudah dengan Notasi yang Tepat

Pilih yang sederhana.
Buat lebih sederhana.
Jaga tetap sederhana.

Pesan Paman APIQ di atas tampaknya sederhana. Tetapi tidak selalu mudah menerapkannya. Bila berhasil menerapkannya memang menjadi sederhana dan mudah.

Dalam belajar integral kalkulus misalnya, saya terus berusaha menemukan formula-formula yang sederhana. Dengan mengujikan formula dan notasi kepada anak-anak kecil Al, Geo, dan Meti saya memperoleh banyak feedback.

Pemilihan notasi integral, misalnya, sangat berpengaruh besar.

Notasi Leibniz adalah notasi paling elegan menurut saya pribadi dan para guru matematika. Tetapi bagi anak-anak kecil seperti Al, Geo, Meti, notasi Leibniz tidak mudah dipahami.

Notasi huruf s yang dipanjangkan (cacing), dx, batas atas, batas bawah, dan C cukup memecah konsentrasi anak untuk menangkap pesan utama dari integral itu sendiri.

Notasi Newton untuk integral memang tidak banyak yang menggunakan. Newton memberi tanda garis vertikal di atas fungsi. Notasi ini ambigu dengan banyak notasi lain. Saya juga tidak merekomendasikan notasi ini untuk siswa-siswa Anda.

Notasi Euler untuk diferensial adalah Dx. Sedangkan untuk integral dapat kita pandang sebagai antidiferensial dengan notasi Ax. Saya pikir notasi Euler cukup sederhana. Tetapi bagi anak-anak kecil semisal Al, Geo, Meti, masih belum cukup sederhana.

Tentu masih banyak alternatif notasi-notasi lain. Lalu muncul ide, “Mengapa tidak membuat notasi sendiri saja?”

Dengan tujuan utama memudahkan proses pembelajaran integral kalkulus saya bereksperimen menggunakan notasi tanda panah saja.

Misal:

x ā†’ 1/2 x^2

Kita membacanya:

Integral x adalah 1/2 x^2

2x ā†’ x^2

Integral 2x adalah x^2

Dengan notasi sederhana seperti di atas, anak-anak kecil seperti Al, Geo, Meti sangat terbantu. Mereka dapat langsung fokus pada pesan utamanya yaitu integral itu sendiri. Mereka tidak merasa diperumit dengan notasi-notasi yang tidak akrab.

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat…
(angger; agus Nggermanto: Pendiri APIQ)

2 responses to “Belajar Integral Kalkulus Lebih Mudah dengan Notasi yang Tepat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s