Cara Hebat Belajar dan Mengajar Matematika

Setiap orang memiliki kelebihan masing-masing. Dan lebih baik lagi bila kita dapat belajar dari kelebihan orang-orang di sekitar kita – secara ruang mau pun waktu. Masih lebih baik lagi bila kita ikhlas berbagi kelebihan kita kepada sesama agar menjadi lebih bermanfaat.

Paman APIQ mengatakan bahwa salah satu kelebihan Polya adalah memiliki cara hebat untuk belajar dan mengajar matematika. Saya juga mengagumi pendekatan Polya ini. Beberapa bulan lalu saya telah menulis langkah-langkah belajar matematika yang hebat dan dahsyat versi Polya.

Berikut ini saya ringkaskan empat langkah cara hebat belajar (dan mengajar) dari Polya:

APiQ Bimbel Asyik

1. Pemahaman masalah. Kita harus benar-benar memahami masalah yang kita hadapi. Apa yang ingin kita dapatkan? Apa saja yang tidak kita ketahui? Apa saja data yang tersedia? Kondisi-kondisi apa yang dipersyaratkan?

2. Susun rencana. Temukan hubungan antara masalah dengan data atau sebaliknya. Apakah Anda dapat menemukan hubungan yang jelas antara keduanya? Perhatikan data, perhatikan pertanyaan. Apakah Anda pernah menemukan masalah yang mirip sebelumnya?

3. Laksanakan rencana. Periksa tahap demi tahap. Apakah setiap tahapnya benar? Dapatkah Anda membuktikan kebenaran itu? Adakah tahap-tahap ini dapat dilihat dengan mudah?

4. Perhatikan kembali seluruhnya. Bagaimana Anda dapat memperoleh jawaban tersebut? Apakah Anda dapat menguji jawaban tersebut? Dapatkah Anda menguji argumen? Dapatkah Anda memperoleh hasil dengan cara yang berbeda? Dapatkah Anda melihat hanya sekilas? Dapatkah Anda menggunakan cara atau hasil ini untuk masalah lain?

Saya ingin menambahkan satu langkah lagi yaitu langkah kelima agar semakin hebat dan dahsyat cara belajar matematika kita:

5. Dapatkah Anda menyelesaikan masalah tersebut hanya menggunakan imajinasi? Dapatkah Anda menceritakan penyelesaian masalah tersebut kepada rekan Anda melalui telepon saja? Dapatkah Anda berbicara kepada diri sendiri tentang penyelesaian masalah tersebut tanpa membuat catatan di kertas?

Bila kita menjawab langkah kelima di atas dengan jawaban positif maka kita telah menemukan cara belajar matematika yang hebat dan dahsyat!

Dulu ketika saya SMA sering menghadapi persoalan matematika berupa integral trigonometri. Inilah jenis soal integral (kalkulus) yang paling dihormati oleh seluruh siswa SMA karena sulitnya.

Untungnya, Paman APIQ menantang saya agar menemukan cara menyelesaikan soal integral trigonometri hanya dalam mental imajinasi saja.

“Mana mungkin? Dengan menghitung di kertas saja sulitnya minta ampun…!”
“Tidak ada yang tidak mungkin!” Paman APIQ sok tahu.

Saya cari ide ke sana ke mari. Akhirnya, berhasil juga menemukan cara mudah menghitung integral trigonometri – hanya memanfaatkan imajinasi. Sejak saat itu saya menjadi lebih senang bila bertemu dengan integral trigonometri.

Terima kasih kepada Paman APIQ atas tantangannya…

Mari kita manfaatkan imajinasi kreatif agar belajar matematika lebih hebat dan lebih dahsyat…!

Sukses untuk kita semua…!

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat…
(angger; agus Nggermanto: Pendiri APIQ)

*
Lebih lengkap tentang Polya silakan kunjungi tulisan saya dengan klik di sini.

One response to “Cara Hebat Belajar dan Mengajar Matematika

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s