Permainan Matematika Kreatif: Ide Terus Mengalir

Saya telah menyerahkan naskah buku APIQ 2 yang bertema tentang permainan matematika kreatif APIQ ke penerbit beberapa minggu yang lalu. Tetapi ide-ide tentang permainan matematika kreatif – yang lebih baru – terus mengalir di pikiran saya. Bila saya tulis, lalu saya sampaikan lagi ke penerbit, kapan selesainya? Lha idenya sendiri tidak pernah berhenti.

Beberapa ide permainan matematika kreatif yang sedang bersemayam di benak saya adalah:
1. Geometri Cantik;

Sebuah permainan untuk menentukan nilai optimal (maksimum atau mínimum) yang mudah dan cepat. Biasanya kita akan menggunakan teori diferensial (turunan) untuk menentukan nilai maksimum atau mínimum dari suatu masalah. Tetapi dengan geometri cantik, kita cukup hanya menggunakan gambar-gambar yang cantik sudah dapat menentukan nilai masksimum atau mínimum yang diinginkan.

2. Aljabar Otak Kanan;

Permainan yang seru baik untuk pemula atau pun bagi yang sudah mahir aljabar. Anak-anak SD juga sudah dapat memainkan aljabar otak kanan. Namanya saja aljabar, tentu saja permainan ini berhubungan dengan sistem persamaan. Umumnya kita akan memanfaatkan teknik substitusi atau eleminasi – kadang matrik – untuk menyelesaikan sistem persamaan. Tetapi dengan aljabar otak kanan, kita cukup hanya memanfaatkan aritmetika dasar sudah dapat menyelesaikan sistem persamaan aljabar.

3. Aritmetika Pengurangan 10 Pangkat;

Umumnya anak-anak mudah saja mengurangi 78 – 23 = …? Atau anak-anak juga masih mudah mengurangkan 125 – 123 = …Tetapi cobalah minta anak-anak mengurangi 100 – 23 = …. Anak-anak sering ragu-ragu dan mengalami kesulitan. Karena proses perhitungannya melibatkan proses meminjam sampai 2 kali. Dengan permainan Pengurangan 10 Pangkat, anak-anak sambil bermain dapat menyelesaikan dengan mudah 1000 – 789 = …?

Namanya juga permainan matematika kreatif. Semua kita lakukan dengan suasana riang gembira. Cukup dengan main-main tapi hasilnya bukan main!

Di APIQ kami banyak mengoleksi permainan matematika kreatif. Sehingga anak-anak dapat riang gembira belajar matematika. Bergembira, bermain, belajar, dan berkreasi…!

Bagaimana menurut Anda ?

Salam hangat…
(angger; agus Nggermanto: Pendiri APIQ)

6 responses to “Permainan Matematika Kreatif: Ide Terus Mengalir

  1. Ass. mas angger,
    sy mahasiswi tingkt akhir di PTN jakarta

    Sy sangat tertarik dgn APIQ, shg sya mo menjadikannya sbg bahan skripsi sy…

    Sy mau tahu info lebih lanjut ttg APIQ, boleh kan!?
    Trima kasih

  2. Kalau untuk pembagian ada triknya nggak pak….

    Btw..buku permainan kreatif matematika ini udah dijual bebas yah? di gramedia adanggak?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s