Teknik Berhitung Perkalian Cepat dari Pangeran Aritmetika dan Pangeran Geometri

Pangeran Aritmetika riang gembira. Karena Ar (panggilan akrab Pangeran Aritmetika) menemukan sebuah ide tentang aritmetika.

“Dik Ge, ini Kakak menemukan cara cepat berhitung perkalian,” ujar Ar kepada Ge (panggilan akrab Pangeran Geometri).
“Apaan tuh…?” Pangeran Geometri menimpali.
“Coba kamu hitung 21×41 = ….?”
“Baik…!” jawab Ge sambil mencari kalkulator.
“Hei…hei…Tidak perlu pakai kalkulator!” kata Ar.
“Mana bisa?”
“Pasti bisa.”
“Aku cari kertas sama pensil dulu deh…” kata Ge.
“Ini juga tidak perlu kertas dan pensil!”

“Ini Kak Ar ajari….

Bayangkan perkalian bersusun
21
41
—x

2 x 4 = ….berapa?”
” 8, ” jawab Ge
“(2×1)+(1×4) = …berapa?”
“Hmmm….2+4…= 6.”
“1 x 1 = ….berapa?”
“Tentu 1,” jawab Ge.

“Jadi jawabannya adalah 8…6….1 yaitu = 861,” kata Pangeran Aritmetika.
“Hanya begitu?” Pangeran Geometri kagum.

“Kak Ar memang hebat!”
“Kak Ar juga yakin Dik Ge pasti juga hebat.”

“Saya akan mencoba menghitungnya pakai gambar. Boleh tidak?”
“Pasti boleh. Dik Ge kan memang hebat dalam gambar-menggambar.”

“Gambarkan sebuah persegi panjang…”perintah Pangeran Geometri.
“Bentar-bentar…Kak Ar ambil pensil sama kertas dulu,” jawab Pangeran Aritmetika.

“Tidak perlu kertas dan pensil Kak…” Dik Ge mencegah.
“Boleh…jadi kita main-main imajinasi saja,” Kak Ar setuju.

“Bayangkan gambar persegi panjang dengan ukuran panjang 20 + 1…
Sisi yang 20 warnanya merah.
Sisi yang 1 warnanya biru.”

“Baik…Kak Ar sudah terbayang…”

“Sekarang bayangkan lebarnya adalah 40 + 1…
Sisi yang 40 berwarna merah.
Sisi yang 1 berwarna biru.”

“Baik…aku paham.”

“Berapa luas yang merah x merah?”
“Maksudnya?”
“Maksudnya sisi panjang yang berwarna merah x sisi lebar yang berwarna merah.”
“Hmmm….20×40 = 800,” jawab Ar.

“Berapa luas warna merah x biru?”
“Hmmm….20×1= 20…dan 1×40 = 40. Dijumlahkan menjadi 60,” jawab Ar.

“Berapa luas biru x biru?”
“1 x 1 = 1.”

“Jadi berapa luas seluruhnya?”
“800 + 60 + 1 = 861… Hebat kamu Ge…!” seru Pangeran Aritmetika.
“Siapa dulu kakaknya dong….”

Mereka tertawa bersama-sama… bergembira.

“Di mana adik kecil kita, Pangeran Aljabar?”
“Oh…ya kok tidak kelihatan dari tadi.”
“Kita cari yuk…Pasti Dik Al punya cara tersediri.”

Pangeran Aritmetika berjalan riang gembira bersama Pangeran Geometri ingin mencari adik kecilnya Pangeran Aljabar yang akrab dipanggil dengan Al.

Salam hangat…
(angger; agus Nggermanto: Pendiri APIQ)

21 responses to “Teknik Berhitung Perkalian Cepat dari Pangeran Aritmetika dan Pangeran Geometri

  1. haha. .

    bagus x iah klo dibuat komiknya, dgn bgini anak” jdi lbih cepat tanggap karena diiringi dgn cerita”.

  2. Aku dah punya tools nya kak. Dengan prisma ajaib, Insya Allah akan mudah dipahami adek-adek kita kak. Salam.

  3. Sayang sekali pas akoe SD gak ada yang ngajarin matematika kayak model begini, semua guru matematika dari SD-SMA sama semua, mereka hanya mengajarkan teoritis/buku banget, tanpa ada variasi cara atau penyerdahanan.
    Baku banget mereka dalam mengajar, tidak kreatif, akibatnya…
    Sampai sekrang dasar matematika saya kurang bagus…
    Makanya kita bangsa Indonesia selalu kalah ama Jepang dalam hal matematika…..
    Gurunya aja kurang kreatif dalam mengajar alias teoritis banget..
    Salut untuk para PANGERAN…
    THANX

  4. Setuju bgt sama mas Sudjianto, lihat buku2 susunan mereka termasuk yang telah dibeli oleh Depdiknas, bahkan coba lihat di buku untuk klas XII IPA, ada beberapa kesalahan dan mutu soalnya sangat simple, gimana kita bisa maju, memang dalam Olimpiade Mat. kita bisa menggondol piala Emas bejibun, tapi kan mereka ini sdh didrill luar binasa, sedangkan murid2 lainnya tetap bego di Mat, Wass

  5. wah ini sangat bermangfaat sekali buat saya, sebab saya sulit sekali dalam hitung berhitung…………

    Terima Kasih Banget buat buat APIQ yang telah memberi pelajaran berharga ini………..

  6. ga ada contoh yang lain???????????????????????????krn setelah berhitung dengan angka yang lain saya tidak ketemu jawabannya……………………………..

  7. Niceeeeeeeeeeeeeee
    agi pengen bercinta malah kon mikir ping pingan buthekkkk
    jendelll
    mumett
    sory yh bro tek tinggal bercinta
    hahahahahahaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s