Membocorkan Bocoran UN 2008- 2009: Sebuah Skenario Besar

“Mas, UN itu sudah bukan bocor lagi. Tapi banjir.”

Di Bandung, beredar sms kunci jawaban UN 2008. Persis seperti tahun-tahun sebelumnya. Di Jawa Tengah ada berita bahwa jumlah lembar soal kurang. Sehingga harus mem-foto copy dulu.

“Kok bisa lembar soal kurang. Apakah ada yang hilang? Jika hilang ke mana perginya?”

HP beberapa siswa di Solo disita oleh pengawas independent karena menerima SMS bocoran kunci jawaban. Masih banyak lagi cerita duka tentang UN 2008.

Bagaimana dengan pengalaman UN 2008 Anda?

Saya sendiri tetap mengusulkan kepada Diknas (pemerintah) agar membocorkan UN secara resmi. Saya menyebut bocoran ini sebagai bocoran cerdik. Jika tahun ini belum ada bocoran cerdik, pemerintah dapat memulainya dari tahun 2009. (Siswa yang sekarang duduk di kelas 2 bersiaplah!)

Saya mengusulkan skenario besar bocoran cerdik UN 2008-2009 sebagai berikut:

1. Pada tahun ajaran baru, bulan Juli atau Agustus 2008, Diknas mengeluarkan bocoran cerdik versi 1. Bocoran ini berisi soal-soal yang akan keluar dalam UN 2009. Tanpa pilihan jawaban A, B, C, D, atau E. Banyaknya soal yang dibocorkan adalah 100 kali lebih banyak dari soal UN 2009 yang sebenarnya.

Misalnya, matematika ada 40 soal dalam UN 2009 maka bocorkan 4000 soal matematika. Di antara 4000 soal ini akan keluar 40 soal untuk UN 2009. Siswa dapat belajar fokus pada latihan soal ini. Guru di sekolah juga dapat membahas bocoran cerdik ini sebagai salah satu soal latihan sesuai dengan materi ajar. Agar lebih netral, bocoran cerdik ini jangan kita sebut sebagai bocoran. Tetapi kita sebut saja sebagai Fokus 100. Lebih keren kan?

2. Memasuki semester II, awal Januari 2009, Diknas mengeluarkan bocoran cerdik versi 2. Bocoran ini lebih fokus dari versi 1. Versi 2 berisi soal-soal UN 2009 yang jumlahnya 10 kali lebih banyak dari soal UN 2009 yang sebenarnya.

Misalnya matematika 40 dalam UN 2009 maka versi 2 memberikan 400 soal matematika. 400 soal ini diambil dari 4000 soal yang sudah termuat dalam versi 1 (Fokus 100). Jadi siswa dapat lebih fokus dalam belajar dalam mempersiapkan UN. Kita sebut saja bocoran ini sebagai Fokus 10.

3. Sebulan menjelang UN 2009, bulan Maret 2009, Diknas mengeluarkan bocoran cerdik versi 3. Bocoran versi 3 ini berisi soal-soal UN 2009 sebanyak 5 kali dari soal UN 2009 sebenarnya. Kita sebut sebagai Fokus 5. Siswa dapat belajar lebih fokus lagi. Semua soal hanya soal. Tanpa pilihan jawaban A, B, C, D, atau E.

Dengan skenario bocoran cerdik di atas, kita berharap dapat mengurangi potensi kecurangan-kecurangan dalam penyelenggaraan UN. Cegah kecurangan, tumbuhkan kecerdikan.

Majulah Indonesia…
Bagaimana pendapat Anda?
Hai para siswa yang akan menghadapi UN 2009, bagaimana pendapat Anda?

Salam hangat…
(aNgger: agus Nggermanto; Pendiri APIQ)
 *ingin lebih kreatif? silakan kunjungi tulisan saya yang lain.

139 responses to “Membocorkan Bocoran UN 2008- 2009: Sebuah Skenario Besar

  1. wah kalau urusan bocor, banjir, bolong, bosok & yg rusak-rusak, negeri ini memang Jagonya. ane ga ikut-ikut aach.. ( Pusiiing !! udah macet..becek.. ga ada ojhek…)

  2. Saya br saja menghadapi UN 2008, memang bnr banyak banget kunci palsu yg beredar. Saya pelajar di Bukittinggi. Dan untungnya sbgn bsr dr kami tak menghiraukan kunci yg beredar tsb. Mudah-mudahan angka kelulusan tahun ini mencapai 100%, amin.

  3. @creator

    justru menurut saya hal yang seperti itulah yang melemahkan mental anak didik, kerjaannya jadinya malah mengharapkan yang kaya gitu2, jadina toh bukannya belajar dari yang ada di skolah malah difokuskan pada soal yang ada di ‘bocoran cerdik’ tersebut..
    betul toh?

  4. yah saya sebagai anak klas 2 males deh.
    cuman gak papa om
    kalo emang sih bagus deh yah
    oh yah sekalian kalau ada kunci jawaban ( di buku yang om sebut ) jangan ngasal. biar siswa indonesia semangat belajar.( gak nyambung )

    bolehlah! keluarkan bukumu itu!

  5. buat anak2 klas 2 yg sekarang…..
    jngn terlalu takut ama yamg namax UAN!!!!!
    ampe2 pake mengharapkan bocoran!!!!!!!
    aku barusan aja ikut UAN 2008 soalx ya gitoe2 aja!!!!!! not big problem!!!!
    yg penting mulai skarang BLAJAR!!!!!
    toh kita sekolahkan cari ilmu bukan cari kunci jawaban!!!!!

    jadi cayooooo BLAJAR!!!!!!!11

  6. WAH…..MAS IKU JENENGE WONG PRUSTASI
    yen ada sing bocor , mestine gak ngono mas…cara ne nanggulangi.
    carane Insya Allah bener adalah kembali kepada Undang – undang, bahwa sing berhak Meluluskan siswa iku GURU. SEbab guru sing ngerti setiap harinya, bagaimana siswa di kelas, di sekolah dll.
    kalau ada UNAS kan gak lucu mas……… mosok nasib sekolahe 3 tahun ditentukan dalam waktu 4 hari.
    ANEH KAN?

  7. atau okelah UNAS boleh, tapi bukan sebagai PENENTU lulus atau TIDAK. Mungkin sebagai evaluasi, atau mencari standar keberhasilan pendidikan nasional.
    kalau ada UNAS ya aja bingung kalau Indonesia akan banyak orang2 berjiwa kerdil, pencuri, pembohong dll.
    siapa yang salah?
    TENTU SING BUAT PERATURAN.
    IYA…NGGAK?

    Diskusi lagi, silahkan di http://www.mgmpti.com

  8. Ping-balik: SOAL UJIAN BANJIR !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! « MGMP SAINS AIR MOLEK INHU·

  9. Apapun namanya mau bocor atau banjir yang jelas kecurangan UN sudah sangat terang-terangan (di suatu daerah…) :
    ……….guru memberi kunci jawaban ke siswa pada saat UN berlangsung …
    pengawas ruang, pengawas independen gak berfungsi, dinas pendidikan juga adem ayem aja.
    Yang paling tertekan adalah guru yang masih punya idealisme.
    Jadi ngapain capek-capek pakai cara bocoran cerdik ???

  10. wah, solusi yang cerdik… 😀 boleh dipertimbangkan tuh oleh pemerintah… membuat para siswa fokus ke latihan soal daripada nyari bocoran jawaban…

  11. Wahhh..!!
    Setuju bgdd….!!!
    Apalagi taon ini tuh denger2 soal KIMIA n FISIKA rada melenceng dari syllabusnya…
    wahhh..
    parah..
    paling ngga dengan adanya bocoran cerdik ini peserta ujian punya gambaran ttg soal yg akan diujikan..
    gag seperti taun ini yang melenceeeeeeeeeeeeeeeeeeeng….

  12. itu sangat adil sebenernya, jadi gak ada lagi alesan bahwa siswa gak pernah diajarkan materi2 yg diujiyankan!

    kayak anak2 di pedalaman, yg banyak ber-excuse bahwa materi2 ujiyan berbeda dengan materi2 yg diajarkan di sekolah2nya…
    lha wong sekolah2 kota aja banyak yg belum ngajarin materi2 UAN, apalagi sekolah2 ndeso.

    peserta UAN berhak utk mendapatkan pengajaran atas materi2 yg diujiyankan…!

  13. yupz,,setuju sangadh
    kmrn pas UN,aku jg gag kebagian soal kimia,,,jd pengawas ruangan harus ngambl dlu k kantor panitia….!!!

    trus lg krtas LJUN yang krg memuaskan…
    d hapus sekali dua kali za sudah mengelupas,,,,

  14. Para siswa tdk usah takut dg UN. Dari kasus2 UN kemarin yg takut itu gurunya lho, siswanya sih enjoy aje. Ndak usah repot-repot mbahas soal sampai ribuan, buang-buang waktu saja. Ndak usah risau, masalah UN bukan masalah siswa saja, tapi masalah negara. Kenapa tidak? Coba, kalau banyak yg ndak lulus, kan negara refot juga. Okelah itu ide kreatif, membanjirkan UN!

  15. ya gak apa lah, bocor, kenyataannya soal dari tahun ke tahun juga versinya sama, cuma diubah dikit-dikit. Yang jelas kalau siswa kita pandai pasti bisa mengerjakan


  16. ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
    ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

    KALO MAU BIKIN BLOG, JANGAN LUPA MASUK SINI: leoxa.com
    (Themenya Keren Abiss & Bisa Pake Adsense)

    ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
    ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
    rame yang udah berpindah daripada blog-blog lainnya ke blog Leoxa.com karena theme yang keren

  17. Wah”….
    Soal Bocoran UN sih boleh” aja…..
    Soalnya jadi tiap anak itu bisa latihan….
    Krn bagaimanapun jg pepatah itu berkata:
    ORANG BISA KARENA BIASA !! …
    Jd klo Menurut gw sih ide di atas baguz banget ^^

  18. usulannya bagus juga cumaannn… bisa gratis ga? bukan cari gratisan, tp biasanya lalu dijadikan proyek oleh diknas. namanya proyek lebih sering ngawur ketimbang benernya. kan rugi kalo dah bayar mahal eh … banyak ngaconya (yg melenceng dr skl, yg ternyata kagak ada di UN sebenarnya). eh ngaharepin gratis juga sih, terutama buat sekolah yg tergolong kelas ekonomi lemah kyk sekolahku. meski lokasi di kota kondisi ga jauh beda dengan yg di deso.

  19. yg pasti sy sering sedih tiap tahun menyaksikan bpk kepsek and rekan2guru mencari bocoran dan mengedarkannya pd siswa. jdnya berefek pd siswa2 di kelas 2 dan 1 (nambah maleezzz). dlm pikiran mereka tenang aja ga usah capek2 sekolah, belajar mau ulangan, nanti juga lulus /diberi jawaban….(hik hik hik…).
    Dgn adanya kumpulan latihan soal resmi dari DIKNAS moga2 hal itu tak terulang lg.

  20. mank skrg w klz 2 smk n mau menghadapi UN 2009 tp saya mohon jgn memberatkan siswa tentang soal-soal yg sulit & dgn cara yg aneh-aneh..mendingan yang menilai itu pihak sekolah,bukan depdiknas..,karna depdiknas tidak tahu keseharian belajar kami di sekolah!waktu saya SMP saja,teman saya yg suka tawuran bisa mendapat nilai bagus & teman saya yang pintar mengikuti paket B alias tidak lulus..saran saya harusnya tidak ada UN tapi adakan ujian ketangkasan siswa..biar tahu dimana letak pelajaran yg masih belumdimengerti…

  21. saya tahu pemerintah mau meratakan pendidikan di seluruh indonesia secara merata,tp bukan itu solusinya…harusnya kasih donk tenaga pendidik yg berkompeten & mau masuk ke daerah pelosok desa supaya bisa mengajar di daerah tsb.
    gimana bangsa mau maju toh para pemimpin bangsa jga masih banyak yg korupsi & hanya mementingkan kepentingan antar kelompok maupun diri sendiri.

  22. masalah pendidikan itu masalah gak begitu sulit,hanya saja kemauan dari para tenaga pendidik 7 para isa mau belajar dengan serius …itu saja kok!gimana para tnag pendidik malas untuk mengajar,Guru SD saja yang ada di bekasi menjadi pemulung karena cuma hal sepele saja yaitu tidak punya surat izin mengajar padahal dia sudah lulus SPD.trims

  23. Wahh bagus bgd 2 idenya!!
    Mslhnya cuman satu. Sapa yang mau nyadarin pemimpin qta (loe aja kale gue enggak!!) dia yang bisa ngubah masa depan UN Indonesia. Tapi siapa yg mau nglakuin?? Orang smua orang dah pada hormat binti patuh juga tunduk ma pmimpinnya…
    Tapi… gimana klw ga usah pke UN?? Manusia sukses kayak Bill Gates ja ga lu2s UN. Dia bisa sukses knapa orang Indonesia hrs UN klw mau sukses. Buktinya, UN juga ga bikin makin sukses. Makin sengsara malah!!!
    Silakan ambil makna,maksud dan hikmahnya sesuai pendapat masing2.
    Thx a lot!

  24. Sy Setuju dengan NURHADI. Undang2 diatas segalanya. Gak Usah BSNP ngambil bagian terlalu jauh biar KITA GURU2 yang MENENTUKAN KEBERHASILAN SISWA KITA!. Walau demikian Usulan BOCORAN CERDIK kami DUKUNG sebagai BANK SOAL dan mengkur kemampuan dan kompetensi siswa selama 3 tahun.
    Selamat Bt : agus Nggermanto; Pendiri APIQ usul yang CERDAS dan CRDIK.

  25. gag pernah kepikiran yang kyk gini… boleh juga tuh idenya… ehmmmm…
    gmn pemerintah??depdiknas??
    gmn kalo mencoba?? apa salahnya???
    bnr touwh???

  26. Kapan yaa, pendidikan di indonesia bakal maju…
    harusnya para pengambil kebijakan pendidikan memahami bahwa pendidikan adalah aset masa depan. memang dampaknya tidak langsung dirasakan. tapi 10 sampai 20 tahun yang akan datang mereka akan jadi penerus keberlangsungan bangsa.
    Bayangkan, jika saat ini kita mendidik generasi penerus bangsa untuk lemah, ketahanmalangan rendah dan senantiasa berbuat curang…Lantas 20 tahun yang akan datang negara kita mau jadi apa?

  27. majukan dulu kualitas pendidikan
    baru bicara soal naik nya standar kelulusan
    kalau pemerintah maen naik2in aja
    sama aja ngepupuk generasi muda buat korupsi, yaitu cari soal bocoran
    makannya cari akar permasalahan jangan petik buahnya aja

  28. SIALAN…!!!!

    bangsat..!!!

    kenapa gak adil gini sih????

    kenapa tahun ini ujian smp musti dimajuin sampek februari, gara2 pemilu 2009…

    hey, apa hubungan nya pelajar kita2 sama pemilu???

    dasar Indonesia bobrok…!!!
    pendidikan dinomor 100-kan, sementara politik jadi number one…!!!
    gimana mau maju kalo generasi nya aja pendidikan nya dibuat mainan….!!!!

    tahi…!!!!!

    aku marah pada pemerintah yang bangsat…!!!
    urusin aja tuh calon presiden loe yang bangst juga itu..!!!!!

    kami selaku pelajar, nggak terima!!!
    sekolah bayar mahal2, cuman dibuat kalah2an sama politik…

    politik tahi kucing..!!!!!!

    salam kebangsatan…!!!

  29. bocoran soal un???
    hmmm…boleh juga tuch!
    gak sah nanggung2,ujan soal un z skalian…

    buat pemerintah dengrin doonnkk.
    katany negara demokrasi,,,

  30. Ping-balik: Sukses atau Gagal UN 2009/ Unas 2009 « APIQ: Matematika Kreatif Aritmetika Quantum·

  31. siiipp….

    bocoran cerdik…!!
    tapi lama-lama bisa jadi bocoran beneran….

    bisa aja khn ke-5 bocoran cerdik tsb di cocok.kan..
    trus tinggal cari aja dari lima kali bocoran cerdik tsb,.mana soal yang sama..
    pasti tu kluar di uN…

    bener-bener ide cerdik untuk mempengaruhi diknas….!!

    putra_omahe_di@yahoo.co.id

  32. jika ada soal ujian unas bocor bukan hal yang luar biasa, sebab namanya usaha tetap saja berhak memilih jalan masing-masing. Di luar kebiasaan adalah menjadi pelaksana/peserta unas oknumnya kura-kura dalam perahu.
    @ ttd. Akhsanul Kholiq & klrg

  33. saya sebagai siswa..yang tahun 2009 depan mengikuti UN merasa di permainkan..mrasa di jadikan kelinci percobaan dengan berganti-gantinya sistem pembelajaran dan laen2 dan laen2..saya sampai bingung buat nyesuein ma sistem pembelajaran skarang..dari sistem KBK sampe skarang dah ganti berapa x…..gw bingung…………gw jg takut..taun dpan yang gak lulus bisa berapa ratus ribu..trus mau di apain?????????????????????

  34. mari kita rapatkan barisan
    dalam rangka menghadapi ujian dan pemilu tahun 2009
    mulailah berpikir dengan matang dan dan bertanya pada hati masing masing apakah sudah pantas jika PERSIB MENCALONKAN DIRI
    pantas brow
    hidup persib bandung. Tapi saya lebih suka makanan jogja, itu tu Es Bang Aep.

  35. Mulailah dari diri sendiri dan berusaha semampu kita,kita kerahkan semua kemampuan kita menghadapi ujian Nasional karna UAN itu seperti Jengkol,tau gak Loe jengkol….???? BAU tau???????Loe gak ngerti juga???Hub Gue di 085214305029

  36. Ping-balik: Kunci jawaban UN, UAN, UNAS, bocor tiap tahun? « Atmopawiro’s Blog·

  37. lagian soal2 un cm ngabisin waktu wat ngerjain doang, bis ngerjain trus lupa deh…
    mendingan soalnya dikit tapi bermutu katanya indonesia mo maju, dr un-nya ja dh da masalah palagi lu2sannya, gurunya ampe pemerintahnya.
    gue cm pengin liat mereka yg lulus mang pantes lulus krn smngat bljr n kerjakeras.
    pesan tuk yang di kelas 3 belajar dari skrng krn loe psti g pny waktu pas mo un
    wat para guru, ayo smngat jadikan negeri ini negeri maju, tetaplah berkarya dan milkilah prinsip n idealismemu
    wat pemerintah jangan cm ngurusin pemilu je, mang sih pendidikan g ngasilin duit tp tunggu 10-20 taon lg klo cm duit sih gampang dicarinya,,,buatlh kebijakan yg prorakyat

  38. Mas bocorannya boleh juga tuh, idenya cukup kreatif. Tapi kalau saya usulkan lebih baik pilihan ABCDnya dibuat sekalian. Mau gak mau nanti siswa kan belajar soal itu semua. Siapa tau diantara 4000 soal itu ada yang keluar. Lebih bagus lagi kalo yang bikin Mas aNgger he….he….

  39. waduh tuh soal pada bocor aja
    kaya ban kempes

    dia yang ngerahasiain
    dia yang ngebocorin
    Pusing gua………………

  40. Bagi yang ingin mendapatkan kunci jawaban UAN 2009 SMA (Hanya IPS), saya punya.

    Cukup kirimkan via sms lewat hape anda, kode voucher pulsa “three” sebesar 100rb ke hape saya : 08999023748 (jangan elektrik), dan mencantumkan nama.

    Maka, kunci jawaban akan dikirim 1jam ke hape anda sebelum BEL mengerjakan dimulai. Hal ini akan terus berulang setiap harinya hingga hari pelaksanaan berakhir.

    Pengiriman kode voucher paling lambat 1 hari sebelum hari H.

    Trims

  41. iiiiiikkkhhh waaaaaaaaww .
    Bantuu kek . kan lu pernah muda jg ..
    tau kan rasa nya ngehadapin UN ?
    Skaliiiiiii ini ajj . hha-
    y ?wkwkkw

  42. mau gini, mau gitu, terserah……

    asal masih dalam logika,,,,,

    bayangin aja, nilai standart kelulusan di pertinggi,,,
    tapi fasilitas pendidikan cuma gitu2 doank tiap tahun,,,,, belum lagi semakin banyak mata pelajaran yang di UAN kan…….

    itulah penyebab kecurangan …..pusing aku….

  43. wah,,,
    mantep juga nih,,,

    hehehe,,, saya punya beberapa buku dari Diknas,,,
    khusus ENglish,,,

    liat aja di blog sayah,,,
    klik nama saya iniii,,, hehehe

  44. gmana nihh….akk dah abis otak buat ubjian nasional..ahkk…BT Lah…ad yg punya bocoran soal UN g..???gw beli sberapa pun juga…kalo ad…HUB:085721450440

  45. klo w sih,… malez mkrn UN banjir,…mendingan mkrn rmh w kebanjiran mulu. bingung!!!! da yg taw no tukang penyedot air banjir gag?? klo da hub w yak….di 085691504351..
    dr pd mkirn UN???

  46. w setuju tu ma Anonymous.
    brrti yg salah diknas.
    dah taw diatas soalnya da bacaan sangat rahasia
    di bocorin jg. dah kyk tukang ikan ja,ikan mati di bilang ikan seger…..hahahaa,.. pusing w ma indonesia. eh,.. tp ngmng2 genteng rumah w bocor jg tuh,… (gag nyambung)

  47. Wah boleh juga pak Agus
    Ide sampeyan sejak dulu memang agak nyeneh
    Tapi masuk akal, daripada kita mencuri
    Toh itu juga salah satu bentuk untuk belajar
    Harusnya memang tidak boleh yaa
    Memberikan jusdgement pada siswa
    Dengan hasil UN
    Tetapi kalo nyatanya begitu yaa
    Apa boleh buat
    Salam

  48. ribett sangath UN itu!.
    kembalikan hak guru..
    kalo klulusn bdasrkan hsl UN,,,buat apa bljr 3taun??.blajar beberapa bulan pun bs,,dgn konsentrasi pd soal un..
    ijazah…
    apakah nilai UN akan berpengaruh unuk qt mlanjutka k PT?? bukti’y PT pun mlakukn sleksi ulang..
    apa mnfaat UN???

  49. Persiapan untuk menghadapi UN memang harus dipersiapkan matang matang,kalau adanya bocoran soal UN wah itu namanya sudah sangat matang!!!!!!!!!!!!

  50. wahh wahh… mentang2 dah tamat jadi MUNAFIK banget yach….
    Gua rasa kalian juga gak jujur dalam UN kemarin
    walaupun gak ada bocoran tetapi kalian pasti ada yg namanya kerjasama kan? tau bantuan dari guru IA KAN? SO jgn MUNAFIK BOZZZ
    Mau jadi apa negeri ini kalo bocoran aja? Gak perlu di jawab,Karna tanya aja diri kalian sendiri karena NYONTEK… MAU JADI APA NYONTEK TERUS? Toh lu lu pada kerja Gak ada yg pake sin cos tan gt kan? kcuali para yg gt dech….
    SO… HIDUP KAN BOCORAN

  51. Wah…. mau UN tinggal bebarapa hari lagi… pasti pusing bocoran juga susah walaupun rumah kebocorang gara2 genteng pecah atao melorot akibat ulah kucing garong….. mending mampir ke webku mudah2an ada nilai plusnya buat persiapan UN 2009 semoga sukses buat adik2ku smua.

  52. Usulan yang sangat bagus, dan saya ras perlu untuk ditindaklanjuti !
    Dengan 4000 soal untuk fokus I, 400 soal untuk fokus II dan seterusnya sangat baik untuk melatih kemampuan siswa. Memang apa yang diajarkan, hanya bisa dilihat dari apa yang bisa dikerjakan oleh siswa. Selama soal-soal itu masih dalam lingkup KD dan SK, apa salahnya ?
    Belajar yang terbaik hanya bisa silakukan dengan cara banyak belajar menyelesaikan soal-soal.

  53. WAdaw,,,,, UN cm tgl bbrp hr lg…..
    g pdli tu bcran taw banjir sm Skali, w mw tsunami kunci jwbn X skalian….hehehe,,,,,
    bgbg yah…. jrsan Ipa paket Genap……
    sms ke 085263207666
    tp g pke tipu y….
    makace…….

  54. Yah, sebenarnya UN ini sudah menjadi kebijakan paling bagus pemerintah. yang mampu lulus yang nggak gagal. kan emang tujuannya menjaring yang mampu aja. tapi makin hari kok orientasinya makin berubah ya?!

  55. klu menurut w,sekolah ntu udah brusaha semampunya,,mna da sekolah yg mu anak2’a gx luluz,,w tw smua guru sma spt manusia yg mzh pnx hati nurani,,tp..yg paling w benci ntu tim independent skrng,,yg hauz sama duit….

    maza ngegab orang ktauan nyontex sama independent,

    independent malah d’iming”i duit….

    rusak gx ntu?

    klu mu ancur,ancur sekalian…

    klu w ktauan nyontex sama independent,,lngsung ja w bedil,,bwt aph ragu”

    toh nti’a jg qt bkal d’coret nma qt….

    hahaha….kiss my ass independent

    kwokwokwokwokwokwo

  56. yaaahhh…

    gak sah pusing-pusing saling menyalahkan dan merasa benar

    kenyataan kita sbg WNI hrus berkompetisi

    dan siapa yang g bisa ber-evolusi dia kalah

    just GO WITH THE FLOW

  57. haha.. yakin itu berhasil?..
    anda belum tahu sesuatu yang besar tersembunyi di ujian nasional…
    sesuatu yang bermain..

  58. ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

  59. Azz..menurut saya bocoran2 un tu tdk baik, karna membawa anak indonesia menjadi anak yang bodoh..bener nda?tp benerkan?yah walaupun sangat menenegangkan..yah saya jg mo hdpin un,tp..gimana yah saya butuh ga butuh si bocoran itu,do’ain yah spy saya bisa hdpin un bsk…!!toh tanpa bocoran anak indonesia bisa pintar asal mau berikhtiar(belajar)…bener nda..?? Wazz….

  60. apapun namanya bocoran itu ga baik !!!!
    lebih baik latihan soal yg banyak… kl ada soal UN yg cacat langsung dibakar aja… krn berpotensi utk disebarluaskan oleh oknum2 yg mencari keuntungan..,,UN 2009 ini
    para siswa banyak mendapat bocoran & parahnya mereka ga ngecek jawabanya betul atau salah.. mereka ikutin aja tuh alur jawaban,, alhasil ketika aku coba cek kesesuaian jawaban & soal.. ada beberapa jawaban yg beda… kondisi pendidikan INA jadi parah… guru hanya mengajar.,tidak mendidik !!! malah ada yg tidak mengajar & mendidik ..,, ck ck ck..,, siswa ????? dah dpt bocoran trus nyontek & ga cross cek dulu lagi… mbok ya kalo mau nyontek itu yg cerdas to…

  61. hy, saya pserta UN 2009..
    kal udah ada bcoran sampe 5x lbih bnyk,, sama aja ngasih jwbn.. kan kita udah tau cara mengerjakannya dan udah tau mana aja rumus yang harus di hapalkan.. jadi lbh baik menjadi rahasia c kalo mnurut saya.. kan kita juga mau lulus hasil sndiri.. dan qt udah persiapan dari Try Out juga.. hehe..

  62. giLa apa???

    eang Laen bLAjar susa2 ini malah bocorraaaannnn truz eang dipikirin….

    kpaN majunya Indonesia????
    mikir pake oTag…!!!!!

  63. HEH PEMERINTAH LO KEK KONTOL YE ! BANGSA INI GA BKAL MAJU KLO STANDAR NYE UAN . LO SNDRI SNI GW TANTANG FISIKA MA GW KALAH TAUN DEPAN GA AD UAN ! BERANI GA LO ! JWAB TANTANGAN GW VIA PONSEL 081805541468 SNI LO YE ANJING ! GOBLOK AJE BKIN SSH GW HRUS LAJAR

  64. i!a nekh gmn seagg ….
    mank.a beneld gtu ada bocoran ???????????
    tp ……….. uaktu w ujian gag da tuh eank ngasih bcoran !!!!!!!!!!!!!

    mudah-mudahan tahun ini semua LULUS dan berjalan dengan lancar (AMIEN)

  65. mending begitu…. aku setuju banget…… dari pada
    nunggu nunggu dikasih kunci jawaban?! mending belajar kaya gitu…… indonesia makin ancur klo ga kita yang ngerubah….. LULUS !!!!

  66. duwh,,kalo masalah cuang mending ngak usah deh.
    mau cerdik or apa juga.

    lebih baik soal2nya dipermudah daripada soal2nya di bocorin.
    kalau curang..lulus juga nggak ada artinya.
    kalau dipermudahkan setidaknya pada belajar.

  67. Anak2 yang ramai dgn UN, coba renungkan apa yang ingin anda capai dalam menempuh pendidikan, bukan hanya selembar tanda lulus kan ? Masa bodohlah apa yang akan pak NUH putuskan, belajar dan belajarlah dengan sungguh, lihat contoh arek SBY korban policy orde baru, dia tdk tamat SMA di Ind. tapi mempersiapkan cita2 belajar ke Jepang, hasilnya dia jadi bintang Dunia, meraih 4 DOKTOR di 4 bidang berbeda, siapa dia coba cari tahu, No GAIN without PAIN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s