Permainan Aritmetika Trachtenberg: Terdapat Lebih dari Satu Cara Kreatif

Sebagai seorang sarjana yang baru lulus dari ITB, saya jalan-jalan dengan riang ke pasar buku Suci. Pasar buku Suci adalah benar-benar pasar – bukan super market. Tempatnya kotor. Timbunan sampah menumpuk. Suasana gaduh. Pokoknya, pasar beneran.

Meski begitu saya tetap berkunjung ke pasar buku suci. Karena pasar ini lokasinya strategis. Tidak jauh dari tempat saya tinggal. Dan saya selalu melewatinya ketika hendak pergi ke Jawa Timur atau Jawa Tengah.

Ketika itu, mata saya tertuju kepada sebuah buku bersampul hitam yang berjudul: Sistem Kilat Matematika Dasar Metode Trachtenberg. Saya ambil buku itu. Saya baca-baca sekilas. ”Ahh…isinya hanya aritmetika dasar.” Saya masih fresh baru lulus dari ITB. Otak matematika saya masih dipenuhi dengan aljabar abstrak, matematika teknik, kalkulus, dan sebagainya. Aritmetika dasar seakan hanya bagian ringan dari matematika yang nyaris tidak signifikan.

Entah mengapa, saya malah jadi memilih beli buku Trachtenberg itu. Mungkin karena harganya Cuma 2000 rupiah – obral. Ada yang istimewa dari buku itu: banyak ide kreatif dalam menyelesaikan perhitungan.

Setelah selesai membaca buku, saya coba share ke beberapa teman. Mereka sangat respek dan antusias dengan Trachtenberg. Saya coba mencari kesempatan share ke siswa. Mereka juga sangat antusias. Trachtenberg memang kreatif!

Salut untuk Trachtenberg. Bagi saya sendiri, jangan pernah menutup diri. Selalu jaga pikiran terbuka. Kemajuan dapat datang dari mana saja.

Bagi para guru (TK dan SD) dan orang tua siswa, serta siswa yang paling mereka sukai adalah permainan berhitung cepat perkalian 11. Tentu kita sudah bisa menghitung perkalian 11 dengan cara AlKhawaritzmi biasa. Tetapi Trachtenberg, caranya unik. Contoh:

11 x 12 = 132 (Langsung)

Caranya?

Hanya perhatikan bilangan 12 saja.
Tuliskan 2 di paling kanan: **2
Tambahkan 2 dengan 1 = 3 : *32
Tuliskan 1: 132 (Selesai)

11 x 23 = …… (Langsung)

Hanya perhatikan bilangan 23 saja.
Tuliskan 3 di paling kanan: **3
Tambahkan 3 + 2 = 5 : *53
Tuliskan 2: 253 (Selesai)

11 x 13 = … … …
11 x 15 = … … …
11 x 26 = … … …

(jawabannya 286, 165, 143)

Bagaimana jika jika 11 dikalikan dengan 3 angka, 4 angka atau lebih?
Sama saja!

Contoh:
11 x 123 = 1353 (Langsung)

Caranya?

Hanya perhatikan bilangan 123 saja.
Tuliskan 3 di paling kanan: ***3
Tambahkan 3 + 2 = 5 : **53
Tambakan 2 + 1 = 3: *353
Tuliskan 1: 1353 (Selesai)

11 x 321 = … … … (Langsung)

Hanya perhatikan bilangan 321 saja.
Tuliskan 1 di paling kanan: ***1
Tambahkan 1 + 2 = 3 : **31
Tambakan 2 + 3 = 5: *531
Tuliskan 3: 3531 (Selesai)

11 x 212 = … … …
11 x 234 = … … …
11 x 1234 = … … …

(jawabannya 13574, 2574, 2332)

Masih banyak lagi contoh berhitung kreatif metode cepat Trachtenberg. Saya sendiri sangat menyukai cara Trachtenberg menghitung kuadrat. Cara ini sangat berguna ketika kita gabungkan dengan teorema Pythagoras tentang segitiga siku-siku.

Di APIQ, kami memberi tempat istimewa kepada metode Trachtenberg. Sebagian besar, kami telah melakukan penyempurnaan metode Trachtenberg dengan pendekatan Teknik Bintang Aritmetika. Penyempurnaan ini lebih memudahkan siswa belajar matematika.

Bagaimana pendapat Anda?

Salam hangat….

(agus Nggermanto; pendiri APIQ)

APIQ: Inovasi Pembelajaran Matematika. APIQ membuka program kursus matematika kreatif yang mengembangkan kecerdasan anak dengan cara fun, gembira, dan mengasyikkan serta lebih cepat. APIQ menumbuhkan motivasi belajar anak dengan pendekatan Quantum Learning, Quantum Quotient, dan Experiential Learning. Berbeda dengan pendekatan metode pendidikan atau pembelajaran matematika yang pada umumnya menempatkan aljabar sebagai fundamental, APIQ justru menempatkan aritmetika sebagai fundamental utama matematika. Pendekatan aritmetika menjadikan matematika lebih konkret tidak abstrak seperti aljabar. APIQ mempelajari matematika secara utuh dari aritmetika, aljabar, geometri, statistik, kalkulus, dan lain-lain. APIQ menyiapkan program untuk anak usia 4 tahun (TK), SD, SMP, SMA, sampai lulus SMA (preuniversity). APIQ membuka peluang bagi Anda yang berminat membuka cabang franchise. Anda dapat menghubungi APIQ di apiq.wordpress.com atau (022) 2008621 atau 0818 22 0898 atau quantumyes@yahoo.com . APIQ berasal dari kata Aritmetika Plus Inteligensi Quantum.

16 responses to “Permainan Aritmetika Trachtenberg: Terdapat Lebih dari Satu Cara Kreatif

  1. hebat…hebat…
    anak2 cenderung ga suka matematika
    apalagi soal ceritanya….
    inovasi sprt ni mang penting
    so moga sukses yah…

  2. Hanya perhatikan bilangan 879 saja.
    Tuliskan 9 di paling kanan: ***9
    Tambahkan 7 + 9 = 16 : **69 (simpan 1)
    Tambakan 8 + 7 = 15 + 1(simpanan diatas): *669 (simpan 1)
    Tuliskan 8 + 1 (simpanan diatas): 9669 (Selesai)

  3. Mantap,….tapi itu kan perkalian dengan angka 11, saya pernah baca hanya perkalian dengan 11,12,5,6 dan 7. kalo untuk perkalian dengan angka selain itu bagaimana caranya (misal 20, 18, 25 dst….)
    thank

  4. Ping-balik: Belajar Matematika Menjadi Proses yang Penting | GusNGGER·

  5. saya pernah membaca buku ini (matematika dasar tekhnik trachtenberg) 12 tahun yg lalu saat saya temukan di perpustakaan sekolah sltp saya dulu,, dan buku itu tidak pernah ditemukan lagi,, bagi teman teman yg punya informasi atau saya bisa mendapatkan copynya secara lengkap mohon hub saya di d8candra .dc@gmail.com, saya sangat berhaap mendapatkan buku tersebut kembali

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s