Prolog: Menyederhanakan yang Rumit

Salah satu puncak kebudayaan manusia dalam matematika dan sains adalah ditemukannya rumus kesetaraan energi dan massa oleh Einstein. Rumus ini sangat sederhana: E = mc^2. Di sebelah kiri hanya terdiri satu huruf. Di sebelah kanan hanya dua huruf dan tanda kuadrat.

Meski sederhana rumus di atas sangat dahsyat. Produksi energi nuklir mendasarkan teorinya pada rumus kesetaraan massa energi di atas. Energi nuklir dapat kita manfaatkan untuk berbagai kepentingan kemaslahatan manusia dan dunia. Tentu saja yang paling terkenal energi nuklir dapat digunakan untuk menciptakan senjata bom nuklir atau bom atom.

Karena sederhana rumus E = mc2 hampir setiap siswa remaja pasti sudah hafal. Bahkan orang awam yang sudah tidak sekolah pun dengan mudah menghafalnya. Padahal di balik rumus sederhana di atas tersimpan rumus matematika tingkat tinggi.

Menurut saya, Einstein telah berhasil dengan baik meyederhanakan sesuatu yang rumit. Itulah tanda jenius: menyederhanakan yang rumit.

Bagaimana dengan kebalikannya? Memperumit yang sederhana? Silakan Anda menilanya sendiri.

Buku yang ada di tangan Anda ini juga memiliki tujuan untuk menyederhanakan yang rumit. Buku ini membahas materi berhitung pecahan mulai dari dasar. Saya menyusun dengan gaya redaksi percakapan agar membuat suasana lebih interaktif.

Bagian I dan bagian II membahas dasar-dasar pemahaman konsep pecahan dengan menggunakan permainan lingkaran milenium. Kita dapat langsung terlibat secara aktif ketika membaca buku ini. Beberapa pertanyaan sederhana akan memandu kita dan anak kita untuk memahami konsep pecahan dengan sederhana. Bila sempat buatlah sendiri permainan lingkaran milenium sesuai gambar yang ada dalam buku ini. Pasti lebih seru!

Bagian III, IV, dan V kita akan berpetualang ke tingkat yang lebih tinggi. Bagian ini akan membahas berbagai tips untuk menghitung cepat pecahan. Untuk pecahan campuran misalnya saya menyarankan agar kita memisahkan bagian bulat dan pecahannya. Sehingga perhitungan menjadi lebih mudah dan sederhana. Demikian juga terdapat banyak tips untuk memudahkan berhitung pecahan desimal dan persen.

Bagian VI dan VII tampaknya belum ada buku yang membahasnya. Setidaknya sedikit sekali buku yang membahasnya. Bagian ini membahas cara mudah dan asyik untuk berhitung akar kuadrat dan akar kubik bilangan pecahan. Bagian ini akan menunjukkan bahwa menghitung akar kuadrat dan kubik bilangan pecahan justru lebih mudah dari bilangan bulat.

Siswa atau guru yang menguasai bagian VI dan VII ini memiliki nilai tambah. Karena mereka menguasai teknik berhitung tingkat tinggi dengan cara yang sederhana dan asyik. Dan belum banyak orang yang menguasainya.

Selamat berpetualang di dunia matematika pecahan…

Untuk menemani Anda berpetualang saya memperkenalkan tokoh tiga bocah: Al, Geo, Meti serta satu orang dewasa: Paman APIQ.

Berbagai macam metode yang ada dalam buku ini telah kami uji cobakan di keluarga besar Matematika Kreatif APIQ. Anda dapat selalu berhubungan dengan keluarga besar APIQ melalui email quantumyes@yahoo.com atau kunjungi langsung http://www.apiq.tk.
Sampaikan saran dan ide Anda melalui email dan web kami di atas. Dengan senang hati kami menerimanya.

Semoga buku ini memberi manfaat yang besar bagi kita semua. Amin.

Tetapi saya terpikirkan untuk menambahkan tema pembahasan yang lebih seru lagi yaitu kantong ajaib aljabar dan wolframalpha. Kantong ajaib merupakan penyederhanaan konsep pecahan dengan persamaan parametrik. Sedangkan wolframalpha adalah teknologi internet yang membantu kita mudah belajar matematika.

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat…
agus Nggermanto

About these ads

One response to “Prolog: Menyederhanakan yang Rumit

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s