Tanya Jawab Matematika Asyik, Mudah, dan Cepat bersama Paman APIQ

Paman APIQ senantiasa siap membantu Anda untuk belajar matematika. Tanyakan beragam persoalan matematika melalui internet kepada Paman APIQ. Maka Paman APIQ akan siap membantu Anda dan anak-anak Anda. Matematika dapat saja matematika untuk anak usia dini (PAUD), matematika SD, matematika SMP, atau matematika SMA. Untuk matematika universitas kita juga dapat berdiskusi di internet.

Berikut ini adalah salah satu contoh soal kiriman dari…

Lebih lengkap baca di rumahpaiq.com.

Sumber: http://www.rumahapiq.com/artikel-matematika#ixzz1ePBzmsUa

About these ads

723 responses to “Tanya Jawab Matematika Asyik, Mudah, dan Cepat bersama Paman APIQ

  1. ikut tanya gan, ada deret (n) dan bnyk perbandingannya,
    n=2, jumlah perbandingan: 1
    n=4, jumlah perbandingan: 5
    n=6, jumlah perbandingan: 11
    n=8, jumlah perbandingan: 19
    n=10, jumlah perbandingan: 29

    nah, klo n=n berapa jumlah perbandingannya?
    apa rumus umumnya?

  2. sebuah tangki minya berbentuk balok berukuran 40cm, 25cm dan 50cm. hitunglah volume tangki itu dalam liter ?

  3. pak sy mau tanya soal matematika, soalnya demikian Pada hari Minggu jumlah uang Tora & Ani berbanding 3:1. Pada hari Senin, Tora memberi uang sejumlah Rp20.000,- kepada Ani. Sekarang Perbandingan jumlah uang Tora dan Ani menjadi 5:3. Jumlah uang Tora dan Ani pada hari Minggu adalah … . Tolong kasih caranya

    • Salam…
      Jumlah uang Tora dan Ani = 160 ribu.

      Cara 1.
      Anggap uang mereka selalu kelipatan 20 ribu.
      5 : 3 ==> 100 : 60

      semula

      3 : 1 = 120 : 40

      Jadi, uang mereka = 160 ribu.

      Cara 2.

      Gunakan aljabar kantong ajaib dari Paman APIQ.

      (3k – 20)/(k + 20) = 5/3

      9k – 60 = 5k + 100
      4k = 160

      Jadi uang mereka = 160 ribu (Selesai).

  4. Slamet pagi, walaupun terlbt, pertama slamet dan banggalah bagi yg telah diterima di PTN melalui jalur undangan, apalagi yg disetujui mendapat BidikMisi; kepada yang masih menempuh test SNMPTN minggu depan, harap bersiap-siap dengan baik, anda sdh sukar / tdk mungkin mengharap dapat jawaban bocoran melalui SMS, apalagi dalam test ini ada test Potensi Akademik (TPA) yang persentasi nilainya 30%, dalam soal TPA ini ada soal Matematika yg cukup membingungkan, padahal dengan kemampuan Mat SMP dan logika, soal ini bisa dijawab dgn mudah : misalnya Deretan bilangan : 2, 5, 10, 18, 29, …., maka bilangan keenam = …. (Hayo tebak !!)

  5. Tidak ada gunanya belajar limit dan turunan.

    Kecuali kita belajar dengan sungguh-sungguh maka penerapan limit dan turunan sangat berguna dalam seluruh kehidupan kita. Semua yang berhubungan dengan perubahan dan waktu dapat terbantu dengan limit dan turunan.

    Salam hangat…

  6. Slamet pagi, dari soal Test masuk SNMPTN bidang studi IPA utk soal Matematika kode 132 ada soal No. 15 : Diberikan suku banyak
    p(x) = x^2 + bx + a. Jika a dan b dipilih secara acak dari selang [0, 4], maka peluang persamaan suku banyak tersebut tidak mempunai akar adalah : :
    A). 0 ; B). 1/3 ; C). 2/3 ; D). 5/6 ; E). 1 ‘ Pak Gusngger : tolong dijawab ya

  7. Salam P Hussain, soal ini memang menarik.

    Jawab A). 0
    Bila yang dimaksud akar adalah mengijinkan akar kompleks.
    Semua persamaan kuadrat memiliki akar dalam bilangan kompleks.

    Tetapi bila soal diubah ….” tidak mempunyai akar riil” …
    Maka kita akan memperhatikan D = b^2 – 4a < 0.

    Ini pun memunculkan pertanyaan apakah a boleh = b?

    Bila a boleh = b maka kita akan menggunakan Cartesian Product 5 x 5 = 25 sebagai ruang sampling nya.
    Bila a harus beda dengan b maka kita gunakan 5 permutasi 2 = 20.

    Kemudian kita dapat menguji persaratan D < 0

    Bila melihat opsi jawaban, tampaknya tidak mengarah ke sana.

    Bahkan saya jadi bertanya apa maksud
    [0 , 4] = {0, 1, 2, 3, 4} atau
    [0 , 4] = {1 , 2, 3} atau
    [0 , 4] = bilangan riil dalam selang tertutup antara 0 dan 4.

    Terima kasih…
    Salam hangat…

  8. Trima kasih Gusngger, sangat jeli jawabannya, saya sendiri tidak memperhatikan kalimat TIDAK mempunyai akar, tapi di SMA khan tidak dibicarakan bilangan komplex, sehingga murid2 SMA pasti mengira TIDAK mempunyai akar riil, sehingga syaratnya D < 0 atau b^2 – 4a <0 dan dengan selang a dan b dipilih secara acak dari selang [0, 4], maka jawabannya jadi berbagai kemungkinan, sehingga soal ini jadi sulit / kabur bagi anak2 SMA, sedangkan soal2 lainnya kali ini agak gampang utk jurusan IPA, sekali lagi trima kasih, Wassalam

  9. saya andik,,,saya mau tanya bagaimana cara menghitung soal cerita ini :

    dalam seminggu seorang pekerja mnggunakan 1/4 waktunya untuk mempersiapkan kartu pengeluaran barang,,,,,5/8 waktunya untuk memberi kode dan selanjutnya sisa waktunya intuk menyusun program.Apabila ia bekerja selama 48 jam dalam seminggu,berapa jam waktu yang diprlukan untuk menyusun program??

    mohon jawabanya beserta caranya yaaa

  10. kalau ini gmana caranya sebuah bak persegi panjang,panjangnya 4m dan lebarnya 3m,serta isinya 40 M kibik.berapa dalamnya bak????

  11. Slamet pagi, dari soal2 yang ditanyakan anak2 di atas, nampak pemahaman konsep sangat parah, lihatlah yang ditanyakan Andik di atas, itu khan konsep ttg volume, nah gimana dengan soal2 yang lebih rumit, tapi dari hasil UN tingkat SMP hasilnya sangat wah/ istimewa, di Surabaya yang meraih nilai rata2 9 atau lebih hampir 60% dari peserta, luar biasa, sehingga kurva normalnya menceng ke kanan, apakah karena soal UN terlalu mudah atau ada apa ? Jadi para ortu jangan terlalu bangga dengan nilai2 aduhai yang diraih anaknya, malah harus mawas diri dengan lakukan kontrol terhadap prestasi yang sebenarnya; Mengapa ? misalnya masih ada anak SMP yg tidak tahu rumus Phytagoras

    • trimakasih atas bapak bumulo,,,,,bukannya saya tidak tahu,,tapi apa salahnya saya tanya yang lebih berpengalaman tentang matematika,,,kalau memang anda tidak membantu memecahkan soalsoal lebih baik jangan membuat pernyataan yang bsa memprofokasi…trima kasih sebelumnya

  12. kalau ini gmana penyelesaianya????
    di dalam keluarga setiap anak perempuan mempunyai jumlah saudara laki laki yang sama dengan jumlah saudara perempuan dan setiap anak laki laki mempunyai dua kali lebih banyak saudara perempuan dari pada saudara laki laki.berapa anak laki laki dalam keluarga tersebut????

  13. mau naynya dong
    kan tinggi menara adalah 25 cm dan lebar nya 15 cm. jika pada layar tv tenyata lebar menara adalah 21,hitunglah tinggi menara nya? kira” rumus dan jawaban nya apa ya?

  14. maaf nih mo tanya integral
    Turunan kedua dari y = f(x) adalah f ‘ ‘(x) = 6x – 10. jika kurva f(x) melalui titik A(1, – 2) dan gradien garis singgung di titik A adalah -3, tentukanlah persamaan kurvanya….

  15. f'(x) = 3x^2 – 10x + c = -3

    f'(1) = 3.1 – 10 + c = -3 ==> c = 4

    f (x) = x^3 – 5x^2 + 4x + k

    f(1) = 1 – 5 + 4 + k = -2 ==> k = -2

    Jadi,

    f(x) = x^3 – 5x^2 + 4x – 2

    Salam…

  16. bu tanti pergi ke swalayan cinta 8 hari sekali.budewa pergi ke swalayan cinta 12 hari sekali pada tanggal 1maret 2012,mereka pergi ke swalayan cinta bersama-sama pada tanggal berapa mereka pergi bersama sama untuk kedua kalinya?-

  17. pada sebuah gambar memperlihatkan kerucut yang puncaknya berada di luar tabung , sedangkan alas nya berimpit dengan alas tabung . volume kerucut besar 2.512 cm3 . jika volume dan tinggi tabung berturut ~ turut 6.280 cm3 an 20 cm , tinggi kerucut yang berada di atas tabung …. cm

  18. sebuah topi brbntuk stngh bola dngn r 10,5 cm. jika prmukaan topi akan di cat luar dan dalamnya maka luas sis topi yg di cat adlh ?
    dngn cara ,tkans

  19. sebuah prisma alasnya berupa belah ketupat dengan panjang diagonal diagonalnya 19 cm dan 22 cm jika tinggi prisma 50 cm volume prisma …. cm

  20. Suatu bandul tembaga terdiri dari belahan bola dan kerucut , tinggi kerucut dan diameter belahan bola=5cm .bila berat 1cm3 tembaga 10,5 gr,hitunglah berat bandul tembaga tersebut

  21. tanya dong, soal matematika SMP kls 7 tentang pecahan, bila a + b =5ab, b + c =7bc, c + a = 6ac, berapakah nilai a x b x c ?

  22. Ubah ke bentuk pecahan,

    a + b = 5ab
    (a + b)/ab = 5

    1/a + 1/b = 5
    1/b + 1/c = 7
    1/c + 1/a = 6

    Jumlahkan semua,
    2(1/a + 1/b + 1/c) = 18

    1/a + 1/b + 1/c = 9

    1/c = 4
    1/a = 2
    1/b = 3
    1/(abc) = 24

    abc = a x b x c = 1/24

    Sukses selalu…!

  23. pak, sy mo nanya lg nih,, mhon bantuannya lg ya,,
    diketahui abc + def = 1000. jika a, b, c, d, e, atau f tidak satupun yang sama dengan 0, maka nilai a + b + c + d adalah …
    trims atas bntuannya…!

  24. mau nanya pak, Hitunglah berat kawat yang panjangnya 200 m dengan diameter penampang 5mm. dimana berat 1cm kubik kawat adalah 9 gram.

    Pembahasan ada di:
    jawaban.

  25. ternyata soal yg saya tanyakan belum lengkap, lengkapnya begini :
    diketahui abc dan def adalah bilangan yang terdiri dari 3 angka (digit) sehingga abc + def = 1000. jika a, b,c, d,e atau f tidak satupun yang sama dengan 0, maka nilai a+b+c+d adalah..
    A. 25, B. 26, C. 27, D. 28, E.29
    nah, bagaimana caranya? ini soal OSN SMP tingkat kabupaten

  26. Nah… yang ini juga masih banyak jawaban yang memenuhi.

    abc
    def+
    —–
    1000

    Dapat kita lihat agar benar,

    c + f = 10
    b + e = 9
    a + d = 9

    Jadi, a + b + c + d + e + f = 29. (Selesai).

    Tapi masing-masing variabel masih banyak pilihan yang mungkin.

    Salam…

    • sin(A+B) = sinA.cosB + cosA.sinB = 2/3
      sin(A-B) = sinA.cosB – cosA.sinB = 3/5
      – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – +

      2sinA.cosB = 19/15
      2(1/2)cosB = 19/15
      cosB = 19/15 (Tidak Mungkin).

      Salam…

  27. pak saya mau nanya…
    Massa yg sama ditempatkan di titik-titik sudut suatu tetrahedron A(X1,Y1,Z1), B(X2,Y2,Z2), C(X3,Y3,Z3), dan D(X4,Y4,Z4). Tentukan koordinat – koordinat titik berat susunan massa tsb. Mohon dibantu pak.

  28. Barangkali Anda dapat mencoba,

    1. Tentukan titik berat dari masing-masing segitiga – Anda punya 4 segitiga.
    2. Tentukan rata-rata dari ke-4 titik berat tersebut.

    Salam hangat dan sukses selalu…!

  29. pak saya mau nanya
    kalo soalnya gini
    given that radii of 2 cylinders are 2m and 0.5 m .if the height of each cylinder is 1 m,then the differences of the surface area is?
    tolong jawabannya ya pak!

  30. Pak saya mau nanya…
    Diketahui titik-titik sudut suatu segitiga A(2,-1,4), B(3,2,-6), dan C(-5,0,2). Hitunglah panjang garis berat dari titik A.

      • pak apa ini sudah bnr??
        (x,y,z) = ⅓ (A + B + C)
        (x,y,z) = ⅓ ((2,-1,4) + (3,2,-6) + (-5,0,2))
        (x,y,z) = {0, ⅓ , 0}

        jarak titik berat ke koordinat A adalah
        d² = (2 – 0)² + (-1 – ⅓)² + (4 – 0)²
        d = 14/3
        namun dikunci jawaban, jawabannya 7 dimana ada penjelasan spt ini:

        maka panjang garis berat dari titik A adalah m dalam hal ini,
        m/d = 3/2
        m/(14/3) = 3/2
        m = 7 satuan panjang

        dimana dpt 3/2 pak???

        ***

        titik berat membagi garis berat 2/3 bagian (dan 1/3 bagian).

        m = 14/3 x 3/2 = 14/2 = 7. (Selesai).

    • Misal vektor garis berat adalah v.

      v = 1/2 (BA + CA)
      = 1/2[ (3, 2, -6) - (2, -1, 4) + (-5, 0, 2) - (2, -1, 4) ]
      = 1/2 [ (1, 3, -10) + (-7, 1, -2) ]
      = 1/2 [(-6 , 4, -12)]
      = (-3, 2, -6)

      | v | = akar (3^2 + 2^2 + 6^2)
      = akar (9 + 4 + 36) = akar 49
      = 7 (Selesai).

      Sukses selalu…!

  31. paman mau tanya ni …
    tinggi bdan rata” tujuh orang pemain sepak bola 171 cm . setelah 3 orang keluar , tinggi badan rata” menjadi 174 cm,tinggi badan rata” .. pemain yg keluar adlaah …

  32. t@u gk isi ni:
    dik:meminjam uang=RP.1500000.
    bunga nya=1,5%/bulan
    ditanya:bunga selama 6 bln yang harus dicicil .?
    itu aj soalny aku agk blm phm bnr atau tdk isiny.ini pelajaran kelas 7 smp n 03 mukomuko isthe best itu tau gk sekolah ku ini paling tertib pkkny paling baik..

  33. sebuah ruangan berbentuk persegi luasnya 100m2 akan dipasang ubin berukuran 25cn x 25cm.berapa banyaknya ubin yang diperlukan untuk seluruh lantai tersebut?
    terima ksih

  34. Asumsikan barisan tersebut adalah barisan aritmetika.

    30 – 18 = 12 = 4b
    b = 3.

    U6 = 18 = a + 5b = a + 5.3
    a = 3

    Jadi barisan tersebut adalah 3, 6, 9, 12, 15, ….

    Silakan dihitung jumlah 16 suku pertama ya…

    Sukses selalu….!

  35. PERMISI BSA KERJAIN TUGAS/SOAL INI GG
    1DI KETAHUI BEBERAPA HIMP BERIKUT:
    P={BILANGAN GENAP ANTARA 5 DAN 20}
    A=HIMPUNAN BILANGAN GANJIL ANGGOTA P
    B=HIMP ANGGOTA P LEBIH DARI 10
    C=HIMP ANGGOTA PRIMA DARI P
    D=HIMP ANGGOTA P ANTARA 10 DAN 15
    TOLONG DI BALAS

  36. P = {6, 8, 10, 12, 14, 16, 18}
    A = {}
    B = { 12, 14, 16, 18}
    C = {}
    D = {12, 14}

    Catatan:
    Anggota pada batas dapat dianggap termasuk dapat pula tidak. Seperti bilangan 20.

    Salam…

  37. joni ingin menabung uangnya Rp 50.000.000 di bank,dengan tingkat bunga yang berlaku per tahun sebesar 12%.berapa nilai uang di masa datang setelah 4 tahun kemudian.jika bunga dimajemukan secara.
    A.bulanan
    b.kuartalan
    c.semesteran

  38. biaya produksi dari suatu perusahaan dinyatakan oleh fungsi C=1000-50e pangkat -0,03x , dimana x adalah jumlah unit produksi.
    A.jika produksi 70 satuan berapa besar total biaya produksi.
    B.cari besar biaya tetap.

  39. salam…ini soal matematika bisnis.
    Tolong dlu gan…
    biaya produksi dari suatu perusahaan
    dinyatakan oleh fungsi C=1000-50e pangkat -0.03x , dimana x adalah jumlah unit produksi.
    A.jika produksi 70 satuan berapa besar
    total biaya produksi.
    B.cari besar biaya tetap.
    *Gan,yang -0.03x nya adalah pangkat dari 50e*

  40. Maaf yah pak saya belum mengerti dijawaban ke 2 yang kemarin saya posting.karena jalan nya saya tidak tahu.
    ini soal penerapan fungsi eksponen
    -biaya produksi dari suatu perusahaan dapat dinyatakan oleh fungsi C=100-70e -0.02x ,dimana x adalah jumlah unit produksi.
    Berapakah besar biaya tetap?apabila produksi 100 satuan,berapa besar biaya produksi biaya total?
    *-0,02x nya adalah pangkat dari 50e*

  41. paman mw nanyak nue tentang soal matematika .

    panjang diagonal ruang suatu kubus adalah akar kuadrat 300cm .

    dit : tentukan luas sisi tersebut .

    plisss jwb cpat ea pmn bzok di kumpul nue soal nya

  42. jika kedudukan kedua lingkaran saling berpotongan, dapat dibuat garis singgung persekutuan sebanyak….

    please jwb cpt yah, besok mau dikumpul nihh. thx b4

      • kalo yang ini om :
        jka kedua lingkaran saling bersinggungan, kedua lingkaran tersebut memiliki …. (ada plihannya):
        a. satu garis singgung persekutuan luar dan satu garis singgung persekutuan dlm
        b. satu garis singgung persekutuan luar dan dua garis singgung persekutuan dlm
        c. dua garis singgung persekutuanluar dan satu garis singgung persekutuan dalam
        d. dua garis singgung persekutuan luar dan dua garis singgung persekutuan dlm

  43. keliling suatu persegi panjang adalah 72 cm dan lebarnya 8 cm kurang dari panjangnya.hitunglah panjang dan lebarnya.

  44. Tnggi phon 2,5m dn gdung 15m. Jk pnjng byangan phon 120cm, pd saat byngan yg sm pnjng byangan gdung adlh ??

  45. Kak saya mau tanya mohon jawaban dan caranya ya,,,
    Kamu mempunyai kamar. Lantai kamarmu berbentuk persegipanjang. Ayahmu merencanakan untuk memasang ubin di lantai kamar tersebut. Ubin yang akan dipasang berbentuk persegi. Jika panjang kamar dapat di pasang 15 ubin dan lebarnya dapat terpasang 8 ubin ,maka berapakah ubin yang dapat dipasang pada lantai kamar tersebut?

  46. tolong bantu aku y jawab semua y ada no 1. 2. 3.

    1.diameter sebuah roda sepeda adalah 63cm berapakah keliling roda sepeda tersebut
    diketahui:

    ditanya:

    dijawab:

    2.ali ingin memasari kolanya yg berbentuk lingkaran deangan kawat berduri jari2x kolam itu adalah 49m brpa kawat yg melingkari kolamnya
    diketahui:

    ditanya:

    dijawab:

    3.putri membuat ……. berbentuk lingkaran dia menggunakan …….. brpa yg dibuat putri
    diketahui:

    ditanya:

    dijawab:

    itu semua pertanyaan ny jawab y sabtu besok di kumpulin aku di setrap kalo gx ngerjain soal ini

  47. Kak saya mau tanya mohon jawaban dan caranya ya!,,,
    1. Diketahui sebuah persegi panjang memiliki panjang 7cm lebih dari lebarnya. Jika kelilingnya 38 cm maka luas persegi panjang itu adalah..
    2. Sebuah persegi panjang memiliki panjang dan lebar dengan perbandingan 5 : 3 dan kelilingnya 64cm . Jika sebuah persegi memiliki panjang sisi = 5/4 x lebar persegi panjang tersebut, maka keliling persegi itu adalah…..
    3. Diketahui persegi panjang PQRS salah satu sumbu simetrinya adalah sumbu X. Jika koordinat titik P(4, 3) dan Q (12, 3), maka R dan S masing masing memiliki koordinat…………

  48. kak saya mau tanya mohon jawaban + caranya ya!
    1. Luas sebuah persegi yang memiliki keliling 52 cm adalah…
    2. Keliling sebuah persegi yang memiliki luas 225 cm adalah…
    3. Sebuah kawat dengan panjang 1,8 m akan dibuat 6 kerangka persegi yang sama. Panjang sisi persegi tersebut adalah….
    4. Panjang kawat yang diperlukan untuk membuat 5 buah kerangka persegi dengan panjang sisi 8cm adalah….

  49. pak bayu membuat kolam berbentuk persegi panjang .panjang kolam 5m
    dan lebarnya 3m jawaban dan caranya kak

  50. panjang diagonal diagonal suatu belah ketupat diketahui berturut turut 18cm dan(2x + 3)cm .jika luas belah ketupat tersebut 81cm, tentukan:a.nilai x ?
    b.panjang diagonal kedua

  51. Bila ada 9 huruf A,B,C,D,E,F,G,H,I. lalu dirangkaikan,tiap rangkaiannya terdiri dari 4 huruf,maka berapa jumlah kemungkinan yang akan terjadi dari huruf-huruf tersebut?contoh yang mampu saya rangkaikan.ABCD,EFGH,FGHI,BCDE,CDEF……..?tolong di tuliskan lengkap dengan rangkaian hurufnya! tertima kasih….

  52. Saya kelas VIII SMP saya mau tanya berapa volume limas jika panjang alas persegi panjang 18 cm dan tinggi limas 12 cm

  53. Tentukan banyakya diagonal bidang di diagonal ruang, dan bidang diagonal pada bangun ruang berikut.
    a. Prisma segi lima
    b. Prisma segi delapan

  54. berapa sih hasil dari sbuah mainan brbntuk balok memilki volum 48 cm3,panjang 6 cm,dan tinggi nya 2 cm,maka lebar nya berapa????

  55. Sebidang tanah berbentuk persegi panjang dengan panjang 0,5 km dan lebar 0,25 km. Berapa ukuran panjang dan lebar tanah tersebut jika digambar dengan skala 1 : 10.000. Kemudian tentukan keliling dan luas gambar tersebut !

  56. pak saya adaq tgas tentang panjang kurva ,
    carilah panjang kurva dari y2=16×3 diantara x=0 dan x=3..
    tolong dibantu pak.
    terimakasih

  57. Sya jhon dri kediri…
    Tlong jwab soal ini…
    Bila luas belah ketupat 48 cm2 dan panjang salah satu diagonalnya 8 cm, maka panjang diagonal lainya adalah…

  58. mau tanya nih
    ..menghitung banyak pohon di sekeliling taman berbentuk lingkaran,diameternya diketahui ! bagaimana caranya

  59. assalam… mau tanya
    persamaan gris singgung pd lingkaran X^ + Y^ – 4X + 2Y – 2 = 0 yang tegak lurus garis 12X – 5Y + 15 = 0 adalah … dengan cara . trimakasih :)

  60. Sya mw tanya, tlong bntu ya..
    ‘jumlah bakteri pada akhir 3 jm adlh 10.000 bkteri. Dn stelh 2 jm kmudian mnjadi 40.000. Brpa jmlh bkteri dlm wktu 8 jam??

  61. saya mau bertanya Pak Apiq saya minta tolong bagaimana penyelesaian soal di bawah ini :
    jika x = 1/16 dan y=16% maka :
    a.x>y
    b.xy
    yang mana jawabannya pak ?
    mohon jawabanya terima kasih

  62. suatu peserta ujian akan mendapat nilai 4 jika jawaban benar negatif1 jika jawaban salah , dan 0 jika tidak menjawab . jumlah soal ujianada 20 nomor 12 soal dengan benar dan 4 soal salah.

  63. saya siswi kelas 10 sma sekarang berdasarkan sifat 7,tentukan bilngan satuan dari 7^1234+7^2341+7^3412+7^4123 tanpa menghitung tuntas!!
    mohon dibantu menjawab dan bagaimana caranya saya ucapokan bnyak terimakasih …:) saya tunggu secepatnya pak

  64. saya alfina kls 6
    mau tanya hasil dari jawaban ini brp ya
    soal!
    lima mobil truk sedang mengirim batu untuk perumahan.tiap2 truk memuat 4.872,5.020,4.814,4.984 & 5.310.
    batu bara tersebut harus di letakan pada 10tempat sma rata.
    brp batu yg harus diletakan pad tiap tempat?

  65. kakak berlatih renang setiap 4 hari sekali,adik berlatih dayung setiap 6 hari sekali,dan ayah memancing setiap 9 hari sekali.ketiganya akan bertemu di kolam bersama sama setiap

  66. Sederhanakan
    1.) 2^5 X 3^6 X 4^6

    2.) 2^5 X 3^5 X 42 / 12^2

    3.) (-5)^6 X 25^2 / 125

    4.) 3^7 X 7^3 X 2 / (42)^3

    5.) 2^x3 X 7^x4 X (3x)^2

    6.) -4a^3 X 2b^5 / [8a/b]

    7.) [24a^5 X b^8 / 6a^5 X b] X [4b^3 X a / 2a^3]^2

  67. assalamualaikum . . pak saya mau tanya, bgaimana sih caranya/langkah membuat diagram batang daun? saya kurang mengerti kolom batang dan daun, frekuensi . . . tolong dijawab ya pak!!!

  68. assalamualaikum
    selamat malam paman :)
    saya punya kesulitan dengan soal berikut ini .
    /3 + /5 + /20 – 12 = …
    yang dimaksud (/) tanda akar.
    mohon dijelaskan dengan caranya agar sya lebih paham :)

  69. Bismillah.
    1) tentukan p jika 3^4p x 9^ x 3^-2p/(81)^-2=9
    2) tentukan nilai x jika 8x^6=512 dan x>0
    3) tentukan bentuk sederhana dari a^p+q x b^q/a^p-q x b^q-2

    Mohon bantuannya. Cara kerjanya
    Makasih.

  70. Mau tnya nih ..
    Tolong d kasih tau yha plisssssss :(
    diketahui suatu persegi panjang memiliki panjang (5 + akar dari 2 ) cm dan lebar (5 – akar dari 2 ) cm. Tentukan luas dan panjang diagonal persegi panjang tersebut ???
    Plis kasih tau iya , bsok harus di kumpul

  71. Pak saya mau tanya..

    Manakah yang merupakan HIMPUNAN berhingga atau tak berhingga, dari Himpunan-himpunan tersebut tolong jelaskan alasannya.

    1. U = {y | y = 2x, x bilangan asli}
    2. w = {/ | / < 1.000.000, / bilangan cacah}
    3. R = {M | M = n2 + 1,5 < n < 15, n bilangan asli}

  72. 1. jika a,b adalah bilangan asli dan a ≤ b sehingga √3 + √a (/) √4 + √b (baca :per)
    adalah bilangan rasional maka pasangan (a,b) adalah ????

    2.nyatakan b dalam a dan c pada ∛(b√c)/√(c∛a)=abc

    3.bentuk ∜(49-20√6) dapat disederhanakan menjadi..??

  73. 1)jika b=[x l x adalah bangun datar) prnyataan berikut yang benar adalah :
    2)himpunan bilangan ganjil kurang dari 15 dapat di tuliskan ?
    3)di ketahui Himpunan N (tujuh bilangan prima yang pertama ) jika himpunan N dinyatakan mendaftar anggota penulisanya yaitu :
    4 ) himpunan P = ( 8 ,10 ,12 ,14 ,16 ) sama dengan himpunan ?
    5 ) di ketahui H = (kambing sapi ayam ) himpunan semesta berikut yang mungkin untuk himpunan H adalah ?
    6) himpunan P = [ x l x > 15 } dalam semesta s = x l x < 40 x bilangan prima ) dapat di tuliskan ?
    7 ) diketahui himpunan semesta = ( nama nama hari dalam seminggu ) dan P = { x l x adalah nama hari yang diawali dengan huruf S } diagram Venn di gambarkan bagaimana ?
    8) himpunan berikut yang merupakan himpunan himpunan berhingga adalah ( TIDAK ADA GAMBAR NYA YA )
    9 ) DI ketahui himpunan P = { x l x < 18, x bilangan asli } salah satu himpunan bagian dari P adalah ?
    10 ) di ketahui himpunan P = { x l x < 18,x bilangan asli ) salah satu himpunan bagian p adalah
    11) jika himpunan H = {{a} , {b } , {a,b}} pernyataan berikut yang benar adalah ?
    12 ) di ketahui himpunan W = { 2 , { 3 ,4}} himpunan kuasa dari himpunan w adalah ?
    13 ) himpunan bilangan prima kurang dari 10 sama dengan himpunan ???

    tolong ya paaak di balas secepatnya
    kalau tidak di kerjakan saya kena hukumn paak "
    tolong ya pak minta bantuanya plus cara . saya mohooon
    trimakasih
    saya tunggu

  74. 1. jika a,b adalah bilangan asli dan a ≤ b sehingga √3 + √a (/) √4 + √b (baca :per)
    adalah bilangan rasional maka pasangan (a,b) adalah ????

    2.nyatakan b dalam a dan c pada ∛(b√c)/√(c∛a)=abc

    3.bentuk ∜(49-20√6) dapat disederhanakan menjadi..??

    BALAS donk …
    important niiii

  75. guru saya mau tanya soal statistika!
    Diberikan tabel distribusi frekwensi sebagai berikut :
    (Nilai) (Frekwensi)
    (11 – 20) ( 2 )
    (21 – 30) ( a )
    (31 – 40) ( b )
    (41 – 50) (17)
    (51 – 60) (15)
    (61 – 70) ( 8 )
    (71 – 80) ( 4 )
    (Jumlah) (60)
    Carilah nilai a dan b jika modusnya 48
    dijawab ya! terimakasih

  76. 1.)Sebuah tabung di ketahui permukaannya 4396cm2. Jika tingginya 15cm dan pi=3,14 hitunglah tinggi tabung itu !

    2) jika diameter tabung 8 2poer5cm, dan tinggi tabung 20cm, tentukanlah luas permukaan bangun tsb. (pi=22per7)

  77. Guru, ini dgn indah anak kelas lima SD bisa tanya tidak?
    Rina sedang berkemah di gunung Semeru.Pada siang hari suhu udara mencapai 32 derajat selsius.Pada dini hari suhu udara dapat mencapai suhu 3 derajat selsius.Berapakah selisih suhu udara pada siang hari dan dini hari? Dibalas ya..

  78. paman tanya donk!
    diket data A = 10,8,6,9,7 dan data B= 7,5,10,a,8. jika mean ke dia data itu sama, maka tentukan nilaai a?

    please respon ya paman

  79. Suatu pesawat udara mempunyai tempat duduk tidak lebih dari 72 penumpang. setiap penumpang kelas utama boleh membawa bagasi 40 kg, kelas ekonomi 20 kg, bagasi hanya mampu memuat tidak lebih dari 1.800 kg. Jika banyaknya penumpang kelas utama x dan kelas ekonomi y orang, maka model matematika dan banyak penumpang kelas utama dan ekonomi jika tiket kelas utama Rp 750.000 dan kelas ekonomi Rp 500.000?

  80. paman tanya donk.

    1. Suatu persegi kelilingnya 70 cm, luas persegi itu adalah ?
    2. Suatu persegi luasnya 300 cm. Keliling nya persegi adalah ?

    mohon di jawab yaa paman

    thank’s :)

  81. ella
    paman mau tanya kalau soalnya seperti ini suatu peersegi mempunyai panjang diagonal 8 akar 2 cm. Tentukan keliling dan luas persegi tersebut, jawabanya gimana paman?

  82. asskom,..
    numpang tanya soal penghitungan peluang
    1. dua mata uang dilempar bersamaan,tentukan
    a. muncul 1 angka atau 1 gambar
    b. muncul 2 gambar dan 2 angka
    c. muncul keduanya bukan angka atau 1 gambar
    tenks,…

  83. Saya Wibi mau menanyakan soal matematika :
    1. Sebuah volium berbentuk kubus dengan ukuran sisinya 6 cm.
    Jika diisi 1/2 nya berapa liter volumenya ?
    2. Sebuah tempat sampah panjang rusuknya 0.8 meter
    Berapa volume tempat sampah yang dapat di tampung ?
    3. 2 pon + 100 gram + 0.05 dekal berapa ons ?
    4. Sebuah truk mengangkat pupuk 5.5 ton, berat puluk 700 kg
    Berapa kg berat truk & pupuknya ?
    5. Sebuah mobil melaju dr Jakarta sampai Merak dengan waktu 3 jam
    kecepatan mobil rata2 8 km. Berapa Km Jakarta Merak ?

  84. boz mau tanya faris kelas ix
    1.luas selimut tabung tanpa tutup=308cm dan tinggi=4
    hitung=a)jari-jari
    b.luas permukaan tabung
    c volum tabung
    2

  85. Aku tanya di jawab ya

    diketahui : sebuah kerucut terdapat di dalam bola jika diameter bola 6cm tentukan perbandingan nya volume bola dan volume kerucut

  86. Tolong di balas ya…
    Diketahui sebuah kerucut berada di dalam bola jika diameter bola 6cm, tentukan perbandingan volume bola dan volume kerucut

  87. Salam Super Pa Agus
    Founder Apiq Quantum

    mau nanya nih pa
    1. Jika Titik (3.k) terletak pada garis dengan kemiringan m=-2 yang melalui titik (2.5) tentukan k nya ???
    mohon pemaparan nya. Maksasih …. hehe

  88. tlng minta jawabannyaya
    sebuah juring lingkaran yg luasnya 27 phi cm kuadrad mempunyai sudut pusat 120derajat.jika juring itu dijadikan selimut kerucut,tentukanlah volume dari kerucut yang terbentuk

  89. tlong minta jawaban ya kak, scpatnya

    sebuah ember berbentuk kerucut terpancung mempunyai diameter lingkaran atas 42 cm dan diameter lingkaran bawah 18 cm. jika lebar ember 20 cm maka volume air yang dapat ditampung ember tersebut adalah,,,,,?

    pakai cara ya kak atau pakek jalan ngerjakannya…

    terimakasih

  90. tlg isi cara ya…
    sebuah pabrik memiliki 3 buah mesin A,B dan C.Jika ketiganya bekerja 5700 lensa yang dapat dihasilkan dalam satu minggu.jika hanya mesin A dan B yang bekerja,3400 lensa yang dihasilkan dalam satu minggu.Jika hanya mesin A dan C yang bekerja, 4200 lensa yang dapat dihasilkan dalam satu minggu.Berapa banyak lensa yang dihasilkan oleh tiap tiap mesin dalam satu minggu?

  91. Sederhanakan bentuk akar berikut !
    1. 2v3 – 5v3 + 4v3
    2. 5v4 + 2
    3. 3v8 + 3v27
    4. vvv8
    5. ____
    V. 18
    —— +3v9=
    v2

  92. Bu Joko membeli ikan bandeng di pasar. Harga ikan bandeng 4 minggu yang lalu Rp. 10.000/kg. Harga ikan bandeng 3 minggu yang lalu Rp. 12.000/kg. Harga ikan bandeng 2 minggu yang lalu Rp. 14.000/kg. Dan harga ikan bandeng seminggu yang lalu adalah Rp. 16.000/kg. Dengan kenaikan harga jelang lebaran rata-rata Rp. 2.000 per kg, maka bila harga ikan hari ini mengalami penurunan Rp 500 tiap jam mulai dari jam 06:00 pagi, dan pada pagi hari tadi jam 08:00 Bu Joko membeli ikan bandeng 3kg, maka total berat ikan yang dibeli bu Joko tersebut adalah _____miligram

    tolong dibalas seceptnya ya pak, trimaksih

  93. Tolong bantu saya menjawab pertanyaan ttg trigonometri…
    Pada segitiga ABC siku-siku di C diketahui sinA sinB=2/5 dan sin(A-B)=5x.hitunglah nilai x?
    Tolong y ini Pr saya akan di kumpul besok.
    Terimakasih

  94. Mohon bantuannya….
    1) nyatakan persamaan-persamaan kuadrat berikut dalam bentuk baku,kemudian carilah akar-akarnya(dinyatakan dalam p dan q)
    a. (x-p) (x-q)=pq
    b. P(x+q)+q(x+p)=(x+p) (x+q)
    2) carilah akar-akar tiap persamaan kuadrat berikut dan tulislah hasilnya dalam p
    a. X^2-2x+p=0
    b. X^2-px+2=0
    c. 2x^2-(p-2)x-3=0
    tentukan penyelesaian dari persamaan kuadrat x+3\x=3-2x/x

    mohon cara kerjanya…
    Terima kasih….

  95. mhon sekali bantuannya
    1. (2 + x)^6 = a0 + a1x + a2x^2 + … + a6x^6
    Tentukan:
    a) a0 + a1 + a4 + a6

    2. (2 – x + x^2)^4 = a0 + a1x + a2x^2 + … + a8x^8
    Tentukan:
    a) a1 + a3 + a5 + a7

    tolong bantuannya krn saya masih kurang paham materi ini, terima kasih..

  96. Tolong selesaikan pr ini ya
    1.Hasil dari (2×-2) (x+5)
    2.Faktorkanlah:a.25x^-49y^
    B.6x^+x-15
    3diketahui g(x):.x+n,jika g(-3):4 dan g(2):14 tentukan:
    A.nilai m dan n
    B.tulislah rumus fungsinya

  97. tolong hitungin ya…..
    : belah ketupat pnjg diagonal nya 24 cm dan 32 cm…
    maka panjang sisi belah ketupat adalah???
    makasih…
    balas secpat nya ya…

  98. saya mau bertanya !!!
    dalam ‘pelaksanaan tugas ‘prakarya bu guru menyediakan kawat sepanjang 45 3/5 m. kemudian, kwat itu di potong2 dengan ‘panjang 1 1/5m
    untuk dibagikan ‘pada siswanya dan setiap siswa menda’patkan bagian yg sama. berapa banyak siswa tersebut ???

    *saya tunggu jwaban nya

  99. saya mau bertanya !!!
    dalam ‘pelaksanaan tugas ‘prakarya bu guru menyediakan kawat sepanjang 45 3/5 m. kemudian, kwat itu di potong2 dengan ‘panjang 1 1/5m
    untuk dibagikan ‘pada siswanya dan setiap siswa menda’patkan bagian yg sama. berapa banyak siswa tersebut ???

    *saya tunggu jwaban nya

  100. saya ifah..
    mw nanya bagaimana cara menjawab soal sepertii ini
    diketahui sin 3a=1/8,0<a<75,
    tentukan nilai sin 3/2a
    trim,z

  101. saya mau tanya?…
    diketahui fngsi F di definiskan F(x)=-2x+3.
    a.tentukan bayangan X =-1 oleh fungsi tersebut.
    b.tentukan nilai x jika F(x) =1

  102. lampu lalu lintas mengalami kerusakan parah,lampu merah menyala setiap 15 detik,lampu hijau menyala setiap 20 detik,dan lampu kuning menyala setiap 24 detik,setiap berapa detik lampu lampu tersebut menyala bersamaan?

  103. bisa bantu ngak??
    buktikan! (1-〖cos〗^(2 ) x)/(〖sin〗^2 x)=tan⁡x
    thanks sblum and sesudahnya

  104. Mohon bantuannya….
    1) carilah akar-akar tiap persamaan kuadrat berikut dan tulislah hasilnya dalam p!
    a. X^2-2X+p=0
    b. X^2-pX+2=0
    c. 2X^2-(p-2)X-3=0
    2) tentukan penyelesaian dari persamaan kuadrat X+3/X=3-2X/X
    3) carilah nilai p agar persamaan kuadrat X^2+(p-2)X+25=0 mempunyai dua akar kembar (sama) !
    4) jika persamaan 5-3a/X^2+(a+1)X=1 mempunyai akar kembar,tentukan a?

    Mohon bantuannya…
    Terima kasih…

  105. Mohon bantuannya nih.. soalya susah banget soalnya..
    1. Diketahui garis 3x- by + 5 dan 4x +y + a berpotongan di titik (-1,2). Nilai a dan b berturut turut adalah..???
    2.Diketahui garis m melalui titik A(2,3) dan B(-1,4). Besarnya gradien garis m adalah..??

    Mohon bantuannya bang..
    Terima kasih:)

  106. sebuah dadu dilempar sebanyak 20 kali ternyata muncul mata dadu bernomor 3 sebanyak 3 kali. frekuensi relatif munculnya angka tiga adalah?

  107. titik (a,b) merupakan titik potong garis y= 3×-8 dan x+y=12. nilai a-b adalah..

    tolong minta bantuannya yah, mkshh :)

  108. Tolong bantu saya kerjakan ini.
    diketahui balok ABCD.EFGH dengan koordinat titik sudut(3,0,0),C(0,akar7,0),C(0,0=D(0,0,0),F(3,akar7,4) dan H(0,0,4). besar sudut antara sektor DH dan DF adalah…

  109. Bisa tolong dijawab :
    Himpunan pasangan berurutan : (-1,2) , (0,0) , (1,-2) , (2,-4) , (3,-1) , (4,-8) , (a,p) , (b,q). Tentukan rumus fungsi dari A ke B dalam x.

  110. kak mau nanya soal pecahan, sd kami akan menanam sayuran 3 jenis sayuran; bayam, ketela dan wortel dengan ketentuan sbb; 1 lahan bayam lebih luas daripada lahan ketela, sisa nya lahan wortel. Berapa nilai pecahan dari setiap lahan sayuran tersebut

  111. Ayo Yang bisa bantu ngerjain soal matematika ini,,,bantuiin aku..please!!
    1. Hitung a dan b jika akar-akar 8x^2-2ax+a=0 adalah kebalikan akar-akar 9x^2-2bx+b=1.?

    2. Hitunglah a dan b jika akar-akar x^2-2ax+3b=0 adalah 2 kurangnya daripada akar-akar x^2-3ax+7b=0.?

  112. halo saya mau nanya nihh tentang turunan
    1. lingkaran jari-jari r di dalamnya dibuat trapesium dengan alas 2r, berapa tinggi trapesium agar luasnya maksimum ?
    2.tentukan ukuran persegi panjang dalam lingkaran sehingga luas lingkaran maksimum
    3.dalam kerucut dengan tinggi h,jari-jari alasnya r, dibuat silinder tegak sehingga isinya maksimum.tentukan luas selimut silinder tersebut ?
    4. pada segitiga siku-siku, hitung 2 sudut lainnya sehingga luasnya maksimum ?
    jika ada yang tau , mohon diberi tau cara dan jawabannya ya, makasih ya

  113. kak mau tanya tolong langsung di jwb by.. soalnya ini pr dan di kumpulkan besok!
    diketahui panjang persegi panjang 22cm dan lebar 6cm sedangkan setengah lingkaran berdiameter 8cm berapa luas nya?

    dalam bentuk diagram lingkaran sepak bola 40%,bulu tangkis 23%,catur,berenang. jika jumlah sisa 200 banyak siswa yg gemar berenang adalah..?

    diketahui rusuk kubus adalah 12cm brpa volumenya?

    diketahui panjang balok36cm lebar 12cm dan tinggi 15cm brpa volumenya?

    tlong di jwb secepatnya y……

  114. pak .saya mau tanya .soal nya ‘keliling suatu persegi panjang adalah 48 cm .jika panjang nya tiga kali lebarnya ,maka luas persegi adalah …
    jawab secepatnya ya pak ,masih banyak lagi yg belum saya kerjakan
    trim’s

  115. mau nanya nih tolong dibalas ya
    Panjang sisi-sisi sebuah segitiga siku-siku membentuk barisan aritmetika. Jika panjang sisi siku-siku terpendek 24 cm maka panjang sisi siku-siku yang lain adalah?

  116. tolong kasih tau saya caranya dan hasilnya ya plis, sekarang juga.
    suatu persegi mempunyai keliling (8x – 20) cm, luas persegi tersebut adalah..

  117. Hello saya dafa kelas 5 sd Pengen nanya dong,
    panjang pita laras sama dengan setengah panjang pita devi,panjang pita devi 34 cm lebih pendek dari pita mita,Panjang pita mita 100cm berapa panjang pita laras ?

    • panjang pita laras sama dengan setengah panjang pita devi,panjang pita devi 34 cm lebih pendek dari pita mita,Panjang pita mita 100cm berapa panjang pita laras ?

  118. kak mau tanya tolong langsung di jwb by.. soalnya ini pr dan di kumpulkan besok!
    Tiga buah uang logam ditos bersama-sama, maka peluang munculnya dua gambar adalah ?

  119. assalamualaikum wr.wb .
    ^dengan menerapkan produser yang telah diajarkan , cek kesamaan himpunan A={1,2,3,4,5} , B={1,3,5,2,4} berapa langkah yang diperlukan untuk memastikan A=B ?
    berapa pencocokan yang harus dilakukan ? apakah bapak dapat membuat kesimpulan keterkaitan antara banyaknya anggota himpunan dan banyaknya pencocokan ?
    wassalam pak :)

  120. mohon dijawab ya?
    1. bagaimana cara menemukan keliling dan luas bangun datar?
    2. bagaimana cara menemukan sifat-sifat bangun datar?
    terima kasih :)

  121. sebuah persegi panjang memiliki panjang 1cm lebih dari 2 kali lebarnya. jika keliling persegi panjang 44cm, tentukan panjang dari persegi panjang tersebut

  122. mau tanya paman.
    untuk menggiling satu karung padi, mesin A lebih cepat setengah jam dari mesin B. jika mesin A dan B bekerja bersama-sama maka akan selesai dalam waktu 6 jam.
    tentukan waktu yang dibutuhkan oleh masing-masing jika bekerja sendiri..?
    mohon balasannya..

    bekerbekerja ber

  123. sebuah ruangan berbentuk persegi panjang digambar dengan skala 1:500 jika ukuran panjang 6 cm dan lebar 4 cm, maka luas ruangan sebenarnya adalah

  124. cara penyelesaianya gmana?
    Tentukan domain dan range relasi W pada p yang didefinisikan x W y jika dan hanya jika
    (a) y = 2x + 1.
    (b) y = x2+ 3.
    (c) y = .
    (d) y =
    (e) y≤ x2.
    (f) | x| <2 atauy = 3.
    (g) | x| <2 dany = 3.
    (h) y≠x.

  125. Tolong Dong Kerjain Ini

    Dari dua titik P (2,5) dan T (3,7), tentukanlah:

    A.Gradient PT (m PT)

    B.Persamaan garis bergradien m PT dan melalui salah satu titik di atas

    C.Tentukan persamaan garis yang tegak lurus dengan garis y=1/3 x+6 dan melalui titik P.

    Tolong Ya Harus Di kUmpul 3 Jam Lagi Plese tolong Aq Dong

  126. Maaf bisa tolong bantu…

    Kalau, diketahui f(x)=A(x-1)(x-2)
    g(x) = B(x+2)(x-2) dan h(x) = C(x+2)(x-1)
    Jika f(x) + h (x) + g(x) = x^2 – 5x -2 maka nilai C = . . .

    Saya bingung cara mengerjakannya bagaimana….terima kasih

  127. Maaf saya ingin bertanya lagi,
    jika f(x) = mx^3 – 4x^2 + 1 dan
    g(x) = x^3 – 1. Jika h(x) = f(x).g(x)
    Maka h(1) =….

    Jawabannya tidak dapat ditentukan? Saya bingung apakah m nya dapat dikuraingi walaupun beda pangkat…?
    Mohon dijawab terimakasih

  128. Ping-balik: 5 Cara Belajar Matematika Paling Dahsyat di Jaman Internet | Anak Lebih KREATIF & Berprestasi·

  129. panjang sisi” sebuah segitiga sama sisi adalah 12 cm. hitunglah panjang salah satu garis tingiinya. itu caranya gimana yaa? :D

  130. saya mohon dibantu krn ada soal yg saya tdk bisa & besok hrs dikumpul. soalnya begini… Budi dan Tini berbelanja di toko yg sama selama 4 hari (senin-kamis). mereka masing-masing mempunyai peluang yg sama u/berbelanja di toko pada 4 hari tsb. peluang mereka berbelanja di toko itu pada hari yg berurutan adalah? thx dan mohon dibalas :)

  131. assallamu’alaikum wr wb, mau nanya tolong di jawab ya pak soalnya!
    1. tentukan nilai kebenaran dari pernyataan-pernyataan berikut,berikan penjelasannya!
    a. jika ukuran sisi kubus B sama dengan 3x sisi kubus A,maka volume kubus A:volume kubus B=1:3
    b. perkalian 2 bilangan bulat menghasilkan bilangan bulat
    c. ¬(AvX)maka(BdanY)
    (jika Adan B merupakan pernyataan-pernyataan benar,sementara X dan Y dua-duanya salah)
    2.tentukan negasi (penyangkalan) dari pernyataan berikut
    a.Dicky tidak pernah meninggalkan shalat lima waktu,sekalipun ia cape sesudah seharian mengikuti kuliah.
    b.5 kuadrat bilangan ganjil,karena 5 tergolong bilangan prima.
    c.Ada bilangan genap ang termasuk bilangan prima.
    3. rumuskan invers,konvers,dan kontra positif dari pernyataan berikut,
    jika diskriminasi suatu persamaan kuadrat lebih besar dari nol ,maka persamaan tersebut mempunyai dua akar real yang berbeda.
    4.dengan menggunakan aturan penarikan kesimpulan dan penukaan ,buktikan validasi argumen berikut,
    E maka(Fdan¬G)
    (FvG) maka H
    E /jadi H
    tolong di jawab sekarang ya pak makasih

  132. paman aku mau nanya dong ini soal bikin aku puyeng gini soalnya :
    Dua buah jenis printer komputer
    akan digunakan untuk mencetak satu set buku. Jenis printer pertama, 1/x jam lebih cepat dari jenis printer
    kedua untuk menyelesaikan cetakan
    satu set buku. Jika kedua jenis printer
    digunakan sekaligus, maka waktu
    yang digunakan untuk mencetak satu
    set buku adalah 4 jam. Berapa waktu
    yang dibutuhkan printer jenis kedua
    untuk mencetak satu set buku.

  133. Diameter sebuah roda yang sedang berputar adalah 0,56 meter.Tentukan banyaknya putaran roda tersebut pada sebuah jalan dengan panjang 880 meter

  134. Suatu satelit buatan melintasi suatu orbit 1.300 km di atas permukaan bumi.Diketahui jari-jari bumi 6.400 km dan untuk melintasi orbit diperlukan waktu 2 jam (satu putaran).Berapakah kecepatan satelit?

  135. Sebuah juring lingkaran mempunyai luas 10 cm2.jika jari-jari lingkaran itu 4cm,tentukan panjang busur dari juring tersebut

  136. mau tanya: Dua buah jenis printer komputer
    akan digunakan untuk mencetak satu
    set buku. Jenis printer pertama,
    1/x
    jam lebih cepat dari jenis printer
    kedua untuk menyelesaikan cetakan
    satu set buku. Jika kedua jenis printer
    digunakan sekaligus, maka waktu
    yang digunakan untuk mencetak satu
    set buku adalah 4 jam. Berapa waktu
    yang dibutuhkan printer jenis kedua
    untuk mencetak satu set buku.

  137. Pak amri memiliki tanah berbentuk persegi panjang.keliling tsb 224 meter.jika perbandingan panjang dan lebar 5:3.panjang tanah tsb adalah…… Tolong bntuannya

  138. tolong dijawab ya.. :) besok dikumpul..
    1. panjang jari2 lingkaran dalam suatu segitiga siku2 yang panjang sisi siku2 nya 8 cm dan 6 cm adalah ?? cm.
    2. sebuah segitiga ABC dengan panjang sisi AB=13 dan AC=15.Luasnya 84cm2.jika panjang jari2 lingkaran dalamnya 4 cm,maka panjang garis tinggi menuju kesisi BC adalah.??. cm
    3. jari2 sebuah lingkaran adalah 50 cm.panjang busur lingkaran dihadapan sudut pusat 45derajat adalah..??cm

  139. Pagi pak, saya inging bertanya..
    soalnya :
    Fungsi f(x) = x2 di definisikan pada domain D = {1, 2, 3, 4}. Periksa apakah f(x) merupakan Fungi Bijektif ?

      • malam paman apiq,
        berarti cara kerjanya
        f(x)=x2
        f(x)={1^2, 2^2, 3^3, 4^4}
        dan untuk tanda “H” <=itu kependekan dari himpunan ya ??
        dan juga apakah f(x) merupakan fungsi bijektif ?

        sebelumnya terima kasih paman, udah di jawab.. :)

  140. malam pak. mau tanya, kalau dua buah lingkaran berjari-jari 2x cm dan x cm. Jika jarak kedua pusat lingkaran 15 cm dan panjang garis singgung persekutuan dalam 9 cm.
    Hitunglah: a. Nilai x
    b. Jari-jari kedua lingkaran

    mohon bantuannya ya pak :)

  141. Haloo

    Mau nanya nih!

    1.jarak kedua lingkaran adalah 34cm dan jari jari lingkaran A=3/2 jari jari lingkaran B.jika panjang garis singgung persekutuan dalam adalah 16 cm, maka tentukan lah panjang jari jari lingkaran?

    Tolong dijawab, yah!

  142. Pak saya mau tanya jika ada soal seperti ini cara mengerjakannya bagaimana tolong ya pak ..
    sebuah taman berbentuk persegi dengan keliling (2x+24) m dan lebar (8-x). Agar luas taman maksimum, maka panjang taman tersebut adalah

  143. Luas lahan Pak Jaya 2.500m2. Dua Pertiga lahan tersebut ditanami padi. 15% ditanami sayuran, dan sisanya ditanami buah-buahan. Berapa meter persegi lahan Pak Jaya yang ditanami buah-buahan ?

  144. Pagi paman apiq.. paman cara mengerjakan soal ini gimana ya ??
    1. Suatu bilangan dibentuk dari angka-angka {0, 2, 4, 5, 7}. Jika pengulangan angka tidak dibolehkan. Berapa banyak bilangan 4-angka yang lebih dari 4000 namun habis dibagi 5 yang dapat dibentuk dari angka-angka tersebut ?

  145. saya punya pertanyaan
    ada orang yang menjual 1 ekor kambing sehara Rp.75.000 jika yang mau membeli kambing itu ada 3 orang berarti satu orang membayar sebesar Rp.25.000 masih benarkan?

    karena tak mau repot 3 orang tersebut menyuruh seorang calo untuk membeli kambing tersebut. calo tersebut diberi uang oleh ketiga calon pembeli masing masing Rp.25.000 jadi 3 X Rp.25.000 = Rp.75.000 masih betul kan?????

    setelaah tawar menawar antara sang calo dengan penjual telah disepakati harga kambing tersebut menjadi Rp.70.000 lalu uang yang Rp.5000 dikembalikan Rp.1000 unuk pembeli pertama , Rp.1000 untuk pembli kedua dan Rp.1000 untuk pembeli ketga dan sisanya untuk sang calo

    jika dihitung (Rp.25.000 – Rp.1000) X 3 + Rp.2000(uang sang calo) =RP.24.000 X 3 + 2000= Rp.72.000 + RP. 2000 = Rp.74.000

    PERTANYAANYA KEMANA UANG YANG SERIBU???…..

  146. panjang diagonal2 suatu jajar genjang adalah (2×-1) cm dan (x + cm) .jika diagonal pertama lebih panjang dari diagonal kedua susunlah tidak persamaan dalam x kemudian selesai kan lah .

  147. Dua lingkaran masing-masing berjari-jari 22 cm dan 8 cm. Jika panjang garis singgung persekutuan dalam kedua lingkaran tersebut 16 cm, maka jarak kedua titik pusat lingkaran adalah,,,…
    -mohon dijawab yaa-
    -terima kasih-

  148. Jika perbandingan siswa dalam kelas 3:2,setiap anak akan diberikan stiker dengan jumlah setiap anak perempuan 3 dan anak laki-laki 2, jumla seluruh stiker 2004.berapa jumlah murid laki-laki dan perempuan?
    makasih sebelumnya

  149. bantu pr saya yaa
    perbandingan umur dewi dan leni 3 : 4. jika jumlah umur keduanya 28 tahun, berapakah umur dewi dan leni?

  150. Bagaimana aplikasi matematika dalam ilmu pariwisata?
    di perkuliaha, saya di ajari materi persamaan linier 3 variabel, differensial, matriks, persamaan dan aritmatika sosial

    • Banyak sekali aplikasi matematika untuk pariwisata.
      Khususnya bila seseorang ingin membangun kualitas pariwisata tingkat tinggi maka ia harus memanfaatkan matematika.

      Misalnya untuk menghitung jumlah tamu, beban pekerjaan, fasilitas pariwisata, dan lain-lain.

      Salam…

  151. aq mAo nanya
    O adalah titik pusat lingkaran.Jika panjang AC = 12 cm dan panjang BD = 16 cm,panjang AD ?

  152. aq mAo nanya nih
    O adalah titik pusat lingkaran.Jika panjang AC = 12 cm dan panjang BD = 16 cm,panjang AD ?

  153. aq mao nanya
    O titik pusat lingkaran.Jika panjang AC = 12 cm dan panjang BD = 16 cm,maka gambarlah segiempat tali busur dan tentukan panjang AD?

  154. Dik h adalah garis singgung kurva
    xpangkt3-4xpangkt2+2×-3 pada titik(1,-4)ptngan garis h pada pada sumbunya.? Tlng di jwb..bsok jam 8 di kumpul big bos

  155. Luas bidang bidang orthogonal pada balok ABCD.EFGH adalah 126 cm kuadrat. Jika panjang rusuk balok ABCD.EFGH 16 cm, volume balok tersebut adalah…..????

  156. tolong jawabin soal berikut ini dong :
    Tentukanlah himpunan penyelesaian dari persamaan linear berikut.
    1. -4x – 15 = 1 – 8x
    2. 6/a + 2 = 4

    Jika x adalah bilangan asli tentukanlah himpunan penyelesaian dari persamaan linear berikut.
    1. 6x + 5 = 26 – x
    2. 2 – 4x = 3
    3. x – 12 = 2x + 36
    4. -5x – 4x + 10 = 1
    5. 2 + x/4 = 5

    Jika 3x + 12 = 7x – 8 tentukanlah nilai dari x + 2 ?

  157. Saya mau tanya…
    Soalnya = Pembangunan sebuah jembatan direncanakan selesai dalam waktu 132 hari oleh 72 pekerja. Sebelum pekerjaan dimulai ditambah 24 orang pekerja. Waktu untuk menyelesaikan pembangunan jembatan tersebut adalah…

    Tolong jawab ya…

    Trimakasih…

      • Yang ini agak susah, tolong beri tahu cara termudahnya ya…

        Proyek perbaikan jalan harus selesai selama 30 hari dengan sebanyak 15 orang. Setelah 6 hari pelaksanaan, proyek tersebut dihentikan 4 hari karena suatu hal. Jika kemampuan bekerja setiap orang sama dan agar proyek selesai tepat pada waktu, pekerja tambahan yang diperlukan adalah…

        Trimakasih…

  158. Rancanglah minimal dua masalah nyata di lingkungan sekitarmu yang terkait
    dengan persamaan kuadrat dan berilah penyelesaian kedua masalah tersebut.

  159. Dua buah jenis printer komputer
    akan digunakan untuk mencetak satu
    set buku. Jenis printer pertama, 1
    x
    jam lebih cepat dari jenis printer
    kedua untuk menyelesaikan cetakan
    satu set buku. Jika kedua jenis printer
    digunakan sekaligus, maka waktu
    yang digunakan untuk mencetak satu
    set buku adalah 4 jam. Berapa waktu
    yang dibutuhkan printer jenis kedua
    untuk mencetak satu set buku.

  160. saya mau tanya..
    Waktu saya UTS kemaren ada soal kayak begini.
    “1 buah buku sama dengan tiga kali harga 1 pensil, lalu Ani membeli 3 buah buku dan 1 buah pensil. Berapakah harga 1 pensil tersebut?”

    Tolong dijawab ya :) makasih..

  161. mau tanya, dapet soal kayak gini waktu try out
    sebuah persegi panjang, penjangnya 10 m, diagonalnya 26 m. berapakah luasnya?
    tlg dijawab ya
    thanks

  162. paman aq kls IX mau nanya ini caranya gmna y
    3 thn yg akan dtg umur seorang ayah 3 kali umur anaknya, sedangkan 8 tahun yg lalu umur ayah tersebut 14 kali umur anaknya. umur ayah itu akan mencapai setengah abad setelah … thn
    tlg di bls yach ,,,,
    trims paman apiq

  163. paman tanya!
    panjang diagonal ruang sebuah kubus adalah akar 108cm. hitunglah luas bidang diagonal kubus tersebut.

  164. selisih panjang rusuk dua buah kubus adalah 1/2 m dan selisij volumenya 7/8 m pangkat 3 . jika kubus besar disusun menjadi kubus kubus kecil yang kongruen dengan panjang rusuk 10 cm, banyaknya kubus kubus kecil itu adalah

  165. pak,
    tolong gambarkan donk 6 buah kubus yang dilihat dari sisi depan, belakang, atas, alas, kanan, kiri

  166. pak mau tanya,
    alas sebuah prisma adlh segi 8 beraturan dgn ukurn alas segitiga itu 1,4 cm dan tinggi sgitiga 1,6 cm.
    hitunglah : a) luas permukaan prisma
    b) tinggi prisma jika volume prisma = 179,2 cm3 .
    tolong dijawab ya pak, secepatnya. mslahnya soal itu bsk dikumpul :)
    makasih ..

  167. all saya mau tanya nih
    pada layangx2 ABCD, berikut ini, panjang ac=21cm bc=20cm dan luas semuanya=252
    hitunglah
    a.panjang BD
    b.panjang DC
    c.panjang AB
    d.keliling abcd

  168. KALAU diagram lingkarang yg tidak di ketahui jumlah seluruhnya. hanya persennya yg di ketahui cara mencari jumlah seluruh buku bagaimana??…

  169. pak tolong pencerahannya
    seorang peternak sapi mempunyai 3 buah kandang, jumlah ternak pada kandang pertama dan kedua adalah 15, jumlah ternak pada kandang pertama dan ketiga adalah 18 dan jumlah ternak pada kandang kedua dan ketiga adalah 7 berapa banyak sapi yang dimiliki peternak tersebut

  170. Diketahui data dengan pola : ( x-2 ) , ( 2x+1) , x , 3x , 5x memiliki nilai rata-rata 7 . Tentukanlah nilai x , modus dan median data tersebut !

  171. mau tanya kalo carilah nnilai X dan Y menggunakan metode campuran (eliminasi dan subsitusi)
    1.2X -y =14
    x +y=0

    2.3X-y=5
    x+3y=5

    3.x+3y=5
    x+y=13
    ????

  172. Paman, benar nggak kalau 3akar5 + 2akar13 =5akar 18?
    Kalau salah, tolong beri tahu jawaban yg benar, paman!
    Tolong paman di jawab!

  173. Andi berhasil menjual 500 buku yang harganya 40% lebih besar dari harga yang ditetapkan oleh pabrik. Harga buku yang ditetapkan pabrik yaitu Rp 3.000 / buku. Jika andi mendapat rabat 30%, besar keuntungan andi adalah …

    a. Rp 1.200.000
    b. Rp 1.050.000
    c. Rp 900.000
    d. Rp 750.000

  174. Pada percobaan pelemparan mata dadu sebanyak 180 kali diperoleh data sebagai berikut :

    Kejadian Frekuensi

    Muncul mata dadu 1 36
    Muncul mata dadu 2 20
    Muncul mata dadu 3 24
    Muncul mata dadu 4 32
    Muncul mata dadu 5 39
    Muncul mata dadu 6 29

    Peluang empirik muncul mata dadu 4 adalah …

    a. 1/9
    b. 2/15
    c. 8/45
    d. 1/5

  175. keliling jajargenjang 42 cm maka panjang sisi-sisinya berturut-turut adalah….
    a. 12 cm dan 10 cm
    b. 11 cm dan 10 cm
    c. 20 cm dan 22 cm
    d. 10 cm dan 13 cm

  176. pada segitiga ABC , diketahui sudut BAC = 60 derajat , panjang sisi AB= 5cm dengan panjang sisi AC= 8cm tentukan sudut BC=

  177. Luas selimut kerucut = 2.200 cm2 dan jari – jari alasnya 14 cm.Volume kerucut adalah….

    mhn djwb ea,please

  178. Sebuah tangki minyak tanah berbentuk tabung yang panjangnya 6 m dan jari – jari alasnya 1m.Banyak isi tangki,jika diisi penuh minyak tanah dan 22/7 adalah….a.220 liter c.2.200 liter
    b.440 liter d.4.400 liter
    tlong beri saran ea paman

  179. Tolong Jawab soal ini yah,,
    Jarak titik pusat lingkaran = 25 cm . panjang garis singgung persekutuan dalamnya 20 cm . panjang jari jari yang satu 9 cm . hitunglah jari jari yang lainnya

  180. Tolong kasih tau cara sederhananya dari soal berikut ini..
    1. Harga 8 buku tulis dan 6 pensil Rp.36.000,00. Sedangkan harga 6 buku tulis dan 5 pensil Rp.28.000,00. Maka harga 5 buku tulis dan 8 pensil adalah…
    2. Firman menabung di bank selama 9 bulan memperoleh bunga sebesar Rp.21.600,00. Jika tabungan Firman Rp.360.000,00 maka suku bunga pertahun adalah…

    Terima kasih sbelumnya…

  181. Andi menabung Rp. 800.000 di bank, dengan bunga 6% per tahun. Jumlah tabungan setelah 9 bulan adalah:
    Tolong kasih cara mudahnya..
    Makasih.

  182. Malam semua ,Mau nanya soal ,bingung caranya .tolong dijawab ,penting buat ngumpulin tugas
    Data pada tabel dibawah ini tentang berat pada siswa 50 siswa

    Berat Badan(kg) | Frekuensi
    31-36 | 4
    37-42 | 6
    43-48 | 9
    49-54 | 14
    55-60 | 10
    61-66 | 5
    67-72 | 2

    Tentukanlah mean,median,modus dan kuartil (Q1,Q2,dan Q3) Dari data diatas

    Terimakasih

  183. Tolong Dijawabkan Kak
    Gaji karyawan suatu pabrik

    Gaji (x Rp 10.000) || Frekuensi
    66-70||3
    71-75||3
    76-80||x
    81-85||36
    86-90||24
    91-95||y
    96-100||9

    A)Jika modus data di atas adalah Rp 830.000, dan banyak data 120 ,tentukanlah nilai x-y

    B)Dengan Menggunakan nilai x dan y ,tentukanlah nilai Q1 dan Q2

    C)Tentukan rata-rata gaji jika setiap data mendapat tambahan sebesar Rp 50.000

  184. jika dinyatakan dalam bentuk biasa,berapa jumlah semua bilangan satuanya dari bilangan;

    3^1,3^2,3^3,3^4,………………………………..3^400

  185. Saya mau tanya
    Pada layar tv, sebuah menara tampak berukuran tinggi 12 cm dan lebar 5 cm. Jika lebar menara sebenarnya 15 m, maka tingginya adalah..

    a. 18 m
    b. 22 m
    c. 30 m
    d. 36 m

    TOLONG DIJAWAB,, SULIT SEKALI ,, SAYA KELAS 9 MTS,,
    TRIMAKASIH..
    SALAM

  186. Pada layar tv, sebuah gedung yg tingginya 72m . nampak setinggi 12cm , jika lebar gedung itu 24m . tentukan lebar gedung pada tv ! terimakasih :)

  187. bantuin donk!
    tanah seluas 12.000 meter persegi berencana akan membangun dua tipe rumah, yaitu tipe mawar dengan luas 130 meter persegi dan tipe melati dengan luas 90 meter persegi. jumlah rumah yang akan dibangun tidak lebih 150 unit. pengembang merencancang laba tiap-tiap tipe rumah Rp. 2.000.000,00 dan Rp. 1.500.000,00. modelkan permasalahan di atas! thanks :)

  188. tentukan angka satuan dari ((6)^24)^62 berdasarkan sifat bilangan 6, tanpa menghitung tuntas. selanjutnya lakukan hal tersebut berdasarkan sifat bilangan 2, 3, 4, 5, 8, 9.

    mohon bantuannya ya di tunggu jawabannya segera. terimasih

  189. Tolong di bantu :
    tentukan HP dari sistem pertidaksamaan linier 2 variabel berikut :
    a. X^2 – y^2 < 0
    b. ( x – y + 1 ) ( 3x + 2y – 12 ) < 0

    trims

  190. sebuah balok ABCD.EFGH mempunyai ukuran panjang AB=80 mm,BC=60 mm,dan CG=50 mm , tentukan panjang diagonal sisi AC dan panjang diagonal ruang AG

  191. suatu halaman berukuran 165 akan di tutup gengan ubin berbentuk segitiga siku-sikudgn panjang sisi siki-sikunya 0.25 dan 0.8 berapa benyak ubin yang dibutuhkan

  192. mohon di bantu : suatu halaman berukuran 16*5 akan di tutup gengan ubin berbentuk segitiga siku-sikudgn panjang sisi siki-sikunya 0.25 dan 0.8 berapa benyak ubin yang dibutuhkan

    • mohon di bantu : suatu halaman berukuran 16*5 akan di tutup gengan ubin berbentuk segitiga siku-sikudgn panjang sisi siki-sikunya 0.25 dan 0.8 berapa benyak ubin yang dibutuhkan

  193. Jumlah penduduk suatu kota adalah 2.500.000 jiwa. Tentukan jumlah penduduk tersebut dalam 5 tahun jika:
    a. Populasinya meningkat 4% tiap tahunnya
    b. Populasinya menurun 3% tiap tahunnya

  194. tent volume benda putar yg terjadi jika daerah sumbu di atas sb x dan berada di dalam kurva (x^2/4)+(y^2/9) = 1 di putar mlalui sb x 360
    #clue gunakan persamaan elips untuk menggambar grafik

  195. saya mau tanya tentang pola bilangan persegi panjang.pertanyaan “Banyak bola berwarna birupada pola ke-n (Un)” nah disini yang saya bingungkan adalah yang pola ke-n (Un) itu maksudnya apa ya?mohon dijawab!