Matematika SMP Tanpa Logaritma dan Trigonometri

Kurikulum SMP yang berlaku saat ini (2011) tidak memasukkan logaritma dan trigonometri sebagai bahan ajar. Tentu saja bagi anak SMP hal ini menjadi terasa lebih ringan. Begitu juga bagi guru SMP terasa terbebaskan dari tugas berat – mengenalkan konsep logaritma dan trigonometri.

Apakah semudah itu?

Tantangan muncul ketika SMA. Karena logaritma dan trigonometri tidak pernah dibahas di bangku SMP maka anak-anak baru mengenal konsep tersebut ketika SMA. Tugas berat bagi guru SMA yang harus mengenalkan konsep penting itu dari tingkat yang paling dasar.

Apa yang dilakukan guru SMA?

Saya tidak melihat ada perlakuan khusus pada bahan ajar SMA. Tampaknya bahan ajar SMA tetap sama saja apakah anak-anak sudah mengenal logartima trigonometri di SMP atau belum. Hasilnya, tentu saja anak-anak menjadi sangat sulit menguasai bahan ajar. Dan guru yang harus berpikir keras bagaimana mengajarkan tema penting matematika di atas.

Misalnya betapa sulitnya mengenalkan konsep identitas trigonometri bagi anak-anak pemula. Belum lagi, siswa kelas 1 SMA (kelas 10) juga harus belajar aturan sinus dan aturan cosinus yang bentuknya sudah advanced.

Dengan kondisi seperti ini guru SMA yang harus memikul beban berat mengajarkan matematika. Apalagi bila kita perhatikan materi logika matematika hanya diajarkan di kelas 10 saja. Tidak diperkuat di kelas 12. Maka bahan ajar logika matematika juga menumpuk di kelas 10. Sungguh luar biasa!

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat…
(angger; agus Nggermanto: Pendiri APIQ)

About these ads

2 responses to “Matematika SMP Tanpa Logaritma dan Trigonometri

  1. seharusnya kurikulum kita sekarang mengacu kepada pendekatan pemeblajaran student centre tanpa terikat dengan alokasi waktu.

  2. kenapa kurikulum harus berbeda dari sebelumnya untuk kita-kita sgb colon guru untuk mata pelajaran tersebut sangat susah dipahami apalagi klo kurikulum ini berjalan, anak smp tidak bertemu dan mereka bertemu dsma akan extra dalam mengajarkannya….sedangkan kls 12 tidak diperkenalkan lg apa mungkin mereka akan ingat lg jk mrk kan melanjutkan kjenjang yg lbh tgg yaitu keguruan bdng matematika

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s