Hari Kebangkitan Pendidikan Nasional: Bangunlah Indonesia Raya

Saat ini adalah bulan Mei. Sebuah bulan yang amat penting bagi Indonesia. Sebuah bulan yang menjadi tonggak Pendidikan Nasional Indonesia dan sekaligus menjadi tonggak Kebangkitan Nasional Indonesia. Dengan pendidikan dan kebangkitan mari kita bangun Indonesia Raya.

Ki Hajar Dewantoro mewariskan pendidikan sebagai sarana untuk mendidik generasi yang bertanggung jawab, merdeka, dan peduli. Tut Wuri Handayani. Pendidikan memiliki daya dobrak yang besar meraih kemajuan. Ing Madya Mangun Karso. Dalam tantangan dunia nyata, pendidikan mewujudkan cita-cita luhur yang suci. Ing Ngarso Sung Tuladha. Pendidikan melahirkan pemimpin-pemimpin yang menjadi teladan rakyat.

Budi Utomo mendorong Indonesia bangkit dengan berbudi luhur. Pengabdian, perjuangan, pembelaan kepada tanah air yang akan mendorong bangkitnya negeri tercinta ini.

Berkaca kepada sejarah leluhur, kita jadi malu menatap kondisi nyata negeri ini.

Setiap bulan Mei, pendidikan kita selalu ramai dengan masalah bocoran ujian nasional. Bukannya kita mengenang pendidikan nasional yang luhur yang dirintis pendahulu kita. Tetapi negeri ini justru terpuruk dengan isu kecurangan dalam sistem pendidikan nasional.

Akankah keterpurukan pendidikan itu mendorong bangkitnya Indonesia?

Tidak!

Kita membutuhkan pendidikan yang berkualitas untuk bangkit. Meski pendidikan kita sedang kacau tetapi tetap masih menyisakan sudut-sudut bersinar. Di ujung negeri ini masih ada pendidikan luhur yang menjanjikan kebangkitan nasional. Dengan kesabaran, pendidikan luhur itu perlu kita tularkan ke pendidikan nasional lebih luas. Dengan penuh harapan, melalui pendidikan bangkitlah, bangunlah Indonesia Raya.

Selamat Hari Pendidikan Nasional!
Selamat Hari Kebangkitan Nasional!

About these ads

One response to “Hari Kebangkitan Pendidikan Nasional: Bangunlah Indonesia Raya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s