Permainan Aljabar Abstrak: Teori Grup dan Teori Ring

Petualangan menemukan permainan matematika tingkat tinggi masih terus berlangsung. Paman APIQ bergembira karena telah merumuskan permainan Rubik sebagai media pembelajaran teori grup.

Permainan kubus Rubik dapat kita manfaatkan sepenuhnya untuk belajar teori grup. Baik dari dasar teori grup mulai dari pengertian grup sampai ke teori grup bagian akhir Fundamental Theorem of Homomorphism.

Meski kubus Rubik tampaknya hanya mengijinkan permutasi genap saja tetapi kita dapat membuat permutasi ganjil dengan cara mengabaikan beberapa permutasi yang tidak kita perlukan.

Jadi, permainan Rubik telah resmi menjadi media permainan teori grup.

Bagaimana dengan teori ring?

Paman APIQ masih terus mencari media permainan teori ring. Kubus Rubik tampaknya belum dapat kita gunakan untuk teori ring. Karena Rubik hanya memberikan satu operasi yaitu komposisi fungsi. Sedangkan ring membutuhkan 2 macam operasi.

Paman APIQ memiliki beberapa kandidat untuk permainan ring yaitu Bintang Aljabar dan Kristal Aljabar. Lebih-lebih setelah inovasi Monica Milenium hasilnya semakin mempesona. Tetapi tampaknya masih perlu pendalaman lebih jauh lagi.

Tentu saja harapan Paman APIQ kepada Bintang Aljabar dan Kristal Aljabar ini cukup beralasan. Bukankah studi kita tentang teori ring hampir selalu memanfaatkan ring polinomial?

Begitu juga Bintang Aljabar, Kristal Aljabar, dan Monica juga selalu mempelajari polinom. Semoga akan ada titik temu yang menjadi inovasi kreatif permainan teori ring.

Jika permainan teori ring sudah ditemukan maka lengkap sudah permainan matematika untuk mempelajari aljabar abstrak.

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat…
(angger; agus Nggermanto: Pendiri APIQ)

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s